• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Jadi Pelengkap Masakan, Bawang Putih punya Sejuta Manfaat

Sering Jadi Pelengkap Masakan, Bawang Putih punya Sejuta Manfaat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang biasanya selalu ada di rumah. Selain rasanya yang khas, ternyata bawang putih dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh, lho! Kamu dapat mencari tahu apa saja manfaat yang dapat dirasakan tubuh setelah mengonsumsi bawang putih, baik itu mentah atau sudah diolah. Berikut ulasannya!

Manfaat Bawang Putih bagi Tubuh

Bawang putih, yang memiliki nama latin Allium sativum, adalah salah satu penyedap makanan yang kerap digunakan untuk memunculkan rasa nikmat. Selain itu, bumbu dapur ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah dan mengatasi berbagai kondisi dan penyakit yang menyerang.

Baca juga: Benarkah Bawang Putih Dapat Membersihkan Paru-Paru?

Kandungan yang paling banyak diketahui dapat memberi manfaat saat dikonsumsi adalah allicin. Meski begitu, senyawa itu disebut-sebut tidak stabil karena hanya timbul sebentar saat bawang putih segar dipotong atau dihancurkan. Maka dari itu, banyak orang yang menyarankan mengonsumsi bawang putih mentah agar manfaatnya benar-benar terasa. Berikut beberapa manfaat dari bawang putih yang wajib diketahui:

1. Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu manfaat dari bawang putih yang perlu diketahui adalah dapat menurunkan risiko terserang kanker. Hal ini kerap dirasakan seseorang yang mengonsumsi bawang putih secara teratur, paling tidak dua kali selama seminggu. Disebutkan bahwa kandungan kimia SAMC yang terkandung pada bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Bawang putih juga dapat meningkatkan fungsi hati dalam menghilangkan senyawa beracun, termasuk juga yang dapat menyebabkan kanker.

2. Antibiotik Alami

Saat bawang putih segar langsung diolah, kandungan belerang di dalamnya dapat aktif. Kandungan yang disebut juga diallyl sulfide dapat berperan sebagai antibiotik alami yang efektif untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu manfaatnya adalah memerangi bakteri Campylobacter yang dapat menjadi penyebab dari infeksi usus. Beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan rutin mengonsumsi bawang putih adalah herpes virus, kandidiasis, bahkan HIV.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait manfaat lainnya yang dapat dirasakan tubuh setelah mengonsumsi bawang putih, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran yang tepat. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc pada Apps Store atau Play Store di smartphone kamu!

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Bawang Putih

3. Mengatasi Pilek dan Flu

Bawang putih juga dipercaya dapat membuat gangguan pilek dan flu yang menyerang menjadi lebih baik. Mengonsumsi 2-3 siung bawang putih, baik mentah atau matang, dalam sehari dapat meringankan hidung yang tersumbat. Bawang putih juga mengandung phytochemical yang dapat membantu tubuh untuk membunuh bakteri dan virus yang menjadi penyebab pilek dan flu. Maka dari itu, cobalah untuk rutin memasukkan bawang putih pada masakanmu.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Dipercaya jika bawang putih dapat berdampak baik pada kardiovaskular di dalam tubuh karena dapat menjaga kesehatan arteri dan tekanan darah. Sel darah merah di dalam tubuh dapat mengubah kandungan belerang menjadi gas hidrogen sulfida yang dapat membuat pembuluh darah lebih besar. Sehingga, tubuh dapat lebih mudah untuk mengatur tekanan darah. Bawang putih juga dapat mencegah penggumpalan darah di dalam tubuh.

Baca juga: Bawang Putih Bisa Meringankan Angin Duduk? Ini Faktanya

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh saat mengonsumsi bawang putih secara rutin. Cobalah untuk makan bawang putih mentah sebanyak 2 siung selama satu minggu untuk mendapatkan semua manfaat tersebut. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan bawang putih ke dalam masakan agar rasanya lebih nikmat dan manfaat juga dirasakan sekaligus.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the benefits of garlic?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 6 Surprising Ways Garlic Boosts Your Health.
NDTV. Diakses pada 2020. 7 Surprising Health Benefits Of Garlic.