Sering Kena Matahari, Ini 4 Tips Sehat Bekerja Outdoor

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sering Kena Matahari, Ini 4 Tips Sehat Bekerja Outdoor

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia membutuhkan paparan sinar matahari yang sehat. Sinar matahari bisa membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini, kekebalan tubuh berguna untuk melindungi dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit kanker kulit. 

Meski begitu, sumber vitamin D terbaik biasanya didapat pada sinar matahari di pagi atau sore hari. Sebaliknya, paparan sinar matahari saat terik atau di tengah hari sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan kulit terbakar. Tak hanya itu, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa mengembangkan gangguan pada kulit yang bersifat parah dan terjadi dalam jangka panjang. Lantas, bagaimana kalau seseorang harus melakukan pekerjaan di luar ruangan alias outdoor

Baca juga: Tips Agar Kulit Enggak Belang Karena Matahari

Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Luar Ruangan 

Sinar matahari dibutuhkan tubuh dan dikenal memiliki segudang manfaat. Namun ternyata, pancaran sinar matahari yang berlebihan juga bisa memberi efek buruk bagi tubuh. Selain bisa menyebabkan kulit terbakar alias sunburn, paparan sinar matahari juga bisa mengakibatkan kulit kemerahan, gangguan penglihatan, penuaan kulit, ruam parah, hingga menurunkan sistem imun.

Bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, misalnya untuk bekerja, ada berbagai tips yang bisa dilakukan untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit. Di antaranya: 

1. Gunakan Tabir Surya 

Salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit dari serangan sinar matahari adalah menggunakan tabir surya. Kamu bisa memilih tabir surya khusus yang baik untuk wajah dan kulit selama berada di luar ruangan. Agar perlindungan yang didapat maksimal, pastikan untuk membalur tabir surya ke seluruh bagian tubuh, termasuk telinga, bagian kaki, serta punggung kaki. 

Baca juga: Kerja di Luar Ruangan, Risiko Melanoma Lebih Tinggi

2. Pakaian yang Tepat 

Selama berada di luar ruangan, pastikan untuk selalu mengenakan pakaian yang tepat. Pilihlah jenis pakaian yang nyaman digunakan, tetapi bisa melindungi kulit dengan baik. Pilihlah kaos lengan panjang dan celana yang bisa menutupi kulit dengan baik. Kamu juga bisa menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dan penglihatan selama berada di bawah sinar matahari. 

3. Ulangi Mengoles Tabir Surya 

Beberapa produk tabir surya mungkin mengklaim bisa melindungi sepanjang hari. Namun, ada baiknya untuk memastikan perlindungan kulit benar-benar baik. Apalagi jika kamu memiliki aktivitas yang padat dalam waktu yang lama. Dalam kondisi tersebut, kamu disarankan untuk mengoles ulang tabir surya setidaknya dua jam sekali. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan perlindungan tabir surya bagi kulit dan menurunkan risiko kulit terbakar. Mengoleskan ulang tabir surya juga bisa dilakukan saat dirasa sudah perlu atau pada bagian tubuh tertentu yang sudah terasa luntur. 

4. Cari Tempat Berteduh 

Melakukan pekerjaan di luar ruangan tidak berarti harus selalu berada di bawah terik matahari. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih tempat yang sedikit teduh untuk menyelesaikan pekerjaan. Kamu bisa mencoba untuk bekerja di bawah pohon atau di taman. Pastikan untuk tidak berada di bawah paparan sinar matahari saat terasa terik. 

Baca juga: Bekerja di Luar Ruangan Sebabkan Kalazion, Benarkah?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Health. Diakses pada 2019. 22 Strange Ways the Sun May Affect Your Body.
Verwellfit. Diakses pada 2019. How to Reduce Sun Exposure When Exercising Outdoor.