• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Malas Olahraga? Ini Penjelasannya

Sering Malas Olahraga? Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta -  Bagi kamu yang lebih suka menghabiskan waktu tidur-tiduran di atas kasur ketimbang melakukan olahraga, ternyata ada alasan ilmiah dari semua ini. Untuk membuat olahraga menjadi terasa nyaman dilakukan, anggaplah olahraga sebagai salah satu permainan yang kamu sukai. Berikut ini alasan-alasan kenapa kamu malas sekali melakukan olahraga!

Baca juga: Agar Tak Cedera, Lakukan 3 Tips Olahraga Ini 

Sering Malas Olahraga, Mungkin Ini Penyebabnya

Olahraga merupakan salah satu cara paling mudah untuk tetap hidup sehat. Biasanya, orang akan pergi ke gym atau sarana olahraga untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Meski bisa dilakukan tanpa biaya sekalipun, banyak orang yang masih malas untuk melakukan olahraga. Berikut beberapa alasan yang membuat orang sering malas berolahraga:

  • Tidak Punya Waktu

Alasan yang satu ini merupakan alasan yang paling banyak digunakan orang-orang yang malas berolahraga. Padahal, mereka bisa meluangkan waktu 5-10 menit sebelum berangkat ke kantor. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana agar tubuh tetap berkeringat.

  • Repot Mengurus Anak

Berolahraga justru dapat ibu lakukan saat sedang mengurus anak. Caranya dengan bermain lempar atau tangkap bola dengan anak. Dalam hal ini, ibu dapat memanfaatkan waktu bermain bersama anak sekaligus olahraga.

  • Tugas Kantor yang Menumpuk

Jika otak terlalu suntuk karena banyak pekerjaan kantor yang menumpuk, coba pertimbangkan untuk berolahraga. Dengan berolahraga, kamu dapat membuat tubuh dan otak menjadi lebih rileks setelah seharian bekerja.

  • Sakit

Jika kamu benar-benar tengah mengalami sakit, seperti flu berat, demam, atau kondisi medis serius lainnya, olahraga memang tidak disarankan. Namun, jika kamu hanya mengalami sakit ringan, berolahraga dengan melakukan gerakan yang tidak melelahkan disarankan agar tubuh dapat kembali sehat dengan cepat.

  • Ingin Gym, Takut Mahal

Gym biasanya dilakukan untuk ajang pamer. Padahal, olahraga sebenarnya dilakukan guna menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan badan dan pikiran. Olahraga tidak harus dilakukan di tempat gym atau tempat mahal lain, tapi harus dilakukan secara rutin.

  • Cuaca Tidak Mendukung

Musim hujan yang telah datang juga kerap kali menjadi alasan seseorang untuk bermalas-malasan. Padahal, olahraga bisa saja dilakukan di dalam ruangan, bahkan di atas kasur sekalipun.

  • Tidak Ada Motivasi

Motivasi berolahraga seharusnya datang dari dalam diri sendiri, bukan dari seseorang atau lingkungan. Dalam membangun motivasi diri sendiri, kamu dapat membaca manfaat-manfaat jangka panjang yang dapat kamu peroleh jika melakukan olahraga secara teratur.

Baca juga: Ajari Anak Olahraga Sejak Dini, Perhatikan 5 Hal Ini

Jika kamu ingin mengetahui manfaat nyata dari berolahraga, kamu dapat bertanya langsung pada dokter ahli di aplikasi Halodoc. Jangan lupa untuk bertanya olahraga apa yang cocok kamu lakukan, jika kamu mengidap masalah kesehatan tertentu. Ingat, olahraga bukan ajang untuk pamer, tapi untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Agar lebih termotivasi, kamu dapat menetapkan tujuan untuk berolahraga. Seperti, kamu ingin memiliki badan yang lebih indah. Dengan begitu, rasa malas akan tersingkir ketika kamu mengingat tujuanmu. Jangan lupa untuk membuat jadwal yang konsisten, misalnya selama 15 menit setiap hari. Jika dilakukan secara rutin, tak hanya badan yang akan sehat, tapi pikiran dan suasana hati menjadi lebih baik.

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga Bersama Pasangan

Berolahraga adalah soal minat dan kesadaran diri akan pentingnya kesehatan tubuh. Tidak ada yang lebih berharga dari kesehatan. Banyaknya uang yang kamu miliki tidak akan mampu mengembalikan waktu dan kondisi badan yang sehat, jika kamu mengidap penyakit yang berbahaya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. The Lazy Person's Exercise Plan.
The Healthy. Diakses pada 2019. This Is Why Your Brain Never Wants You to Exercise.
Very Well Fit. Diakses pada 2019. How Your Mind Keeps You From Exercising.