• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Mengalami Otot Kaku? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Mengalami Otot Kaku? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini

Sering Mengalami Otot Kaku? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 September 2021
Sering Mengalami Otot Kaku? Coba Atasi dengan 2 Cara Ini

“Saat alami otot kaku, tentu perasaan tidak nyaman dan bahkan nyeri dapat dirasakan. Cara untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan beberapa hal, seperti perawatan di rumah berupa pijatan atau kompres. Selain itu, peregangan juga perlu dilakukan secara rutin.”

Halodoc, Jakarta –  Otot termasuk salah satu bagian tubuh yang vital, terutama saat bergerak untuk melakukan aktivitas. Otot termasuk salah satu bagian tubuh yang rentan untuk mengalami gangguan, terutama saat jarang atau terlalu sering digunakan.

Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah otot kaku. Kondisi ini memang membuat kamu merasa tidak nyaman. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk atasi otot kaku? Berikut ini pembahasan selengkapnya. 

Baca juga: Otot Terasa Kaku Bisa Jadi Gejala dari Fibromyalgia

Beberapa Cara Efektif untuk Atasi Otot Kaku

Otot kaku adalah masalah yang terjadi saat bagian tubuh ini terasa kencang dan menjadi lebih sulit untuk bergerak dibandingkan biasanya. Hal ini lebih rentan untuk terjadi selama istirahat. Saat mengalami masalah ini, kamu dapat merasakan beberapa gejala, seperti nyeri otot, kram, dan perasaan tidak nyaman.

Masalah otot kaku biasanya terjadi setelah berolahraga, melakukan pekerjaan fisik yang berat, atau mengangkat beban. Selain itu, kamu bisa merasakan kekakuan pada otot setelah beberapa lama tidak tidak aktif secara fisik, seperti saat bangun tidur di pagi hari atau bangun dari kursi dari duduk dalam waktu yang lama.

Saat mengalami masalah otot kaku, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi otot kaku? Nah, berikut beberapa caranya:

1. Perawatan di Rumah

Kamu dapat mengatasi otot kaku dengan beberapa perawatan rumahan. Beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti beristirahat, melakukan pijatan, dan mengaplikasikan kompres panas atau dingin. Kompres panas dapat bekerja lebih baik terhadap otot tegang, sedangkan yang dingin diberikan saat alami pembengkakan dan peradangan. 

Kamu juga menerapkan kompres panas atau dingin pada area yang kaku tidak lebih dari 20 menit. Biarkan otot beristirahat selama 20 menit sebelum menerapkan kompres yang baru.

Jika kamu tidak yakin terhadap kondisi yang terjadi pada otot untuk memutuskan penggunaan kompres panas atau dingin, ada baiknya segera bertanya pada dokter.

Kamu dapat menanyakan tentang hal tersebut pada dokter dari aplikasi Halodoc. Untuk dapat berinteraksi langsung, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan percakapan bisa dilakukan melalui fitur Chat atau Voice/Video Call. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga di smartphone kamu!

Baca juga: Cara Menangani Nyeri Otot yang Bisa Dilakukan di Rumah

2. Melakukan Peregangan

Cara lainnya untuk mengatasi otot kaku adalah melakukan peregangan secara rutin. Metode ini mampu menjaga otot tetap fleksibel dan mencegah kekakuan. Bahkan, peregangan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan yang dapat terjadi. Beberapa cara yang kamu coba untuk peregangan, antara lain:

  • Meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur.
  • Melakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Mandi dengan air hangat.
  • Pijat area otot yang kaku dan sakit.

Lalu, apa saja sih yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kekakuan otot? Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk itu, seperti:

  • Rutin melakukan latihan postur yang baik.
  • Selalu memastikan tubuh merasa nyaman dan tubuh tetap terdukung saat bekerja.
  • Beristirahat secara teratur. Untuk mengurangi kekakuan, saat bangun tidur cobalah untuk berjalan-jalan dan melakukan peregangan sesering mungkin agar otot tetap kendur.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Baca juga: Otot Leher Terasa Kaku, Gejala Terkena Tortikolis

Nah, itulah beberapa cara mengatasi otot kaku yang bisa dilakukan. Penting untuk selalu menjaga seluruh bagian otot tubuh untuk tetap aktif tetapi tidak terlalu memberikan beban yang berat. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah rutinitas dalam melakukan semua cara untuk pencegahan otot kaku. Bahkan, melakukan rutinitas tersebut juga dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Muscle Stiffness.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What causes muscle soreness and stiffness?