01 October 2018

Sering Mengalami Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya

sakit kepala saat bangun tidur,sakit kepala,sering sakit kepala

Halodoc, Jakarta – Sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur? Tidak semua rasa sakit kepala dikaitkan dengan kondisi kesehatan. Coba cermati dulu rasa sakit seperti apa yang kamu alami. Apakah kepala berputar, sakit kepala sebelah, kepala berdenyut di sekitar dahi atau hanya nyut-nyutan biasa.

Pusing saat bangun tidur memiliki banyak arti dan beberapa penyebab umumnya bisa dikaitkan dengan perilaku ataupun kebiasaanmu di malam sebelumnya seperti:

1. Tidur dengan Rambut Basah

Tidur malam dengan rambut basah bisa menyebabkan rasa sakit kepala saat bangun tidur. Pasalnya, kelembapan pada rambut bisa membuat perubahan suhu mendadak pada tubuh. Ini mempengaruhi sirkulasi darah di area kepala sehingga membuat kepala jadi pusing ataupun sakit.

2. Tidur pada Satu Posisi Saja

Rasa sakit pada kepala yang diiringi pegal pada bahu tertentu bisa dikarenakan kamu salah tidur, apalagi kalau kamu hanya tidur di satu posisi saja. Penekanan di area kepala yang terjadi secara intens apalagi berjam-jam akan memberikan sensasi pusing saat bangun tidur. Untuk mencegah situasi ini, biasakan untuk tidur berganti posisi ataupun mengawali tidur dengan posisi telentang. Supaya sirkulasi darah dapat berjalan lancar dan tidak tertahan akibat penekanan di satu sisi saja.

3. Kurang Tidur

Wajar saja kalau kamu mengalami sakit kepala saat bangun tidur bila pada malam sebelumnya kurang tidur. Sensasi Sakit akan seketika menyergap dan membuat kepala sakit sebagai respons dari tubuh yang kurang istirahat. Makanya, penting untuk memperhatikan kualitas tidurmu supaya tetap mendapatkan istirahat yang cukup.

4. Mimpi Buruk

Mengalami tidur yang tidak nyenyak atau terbangun-terbangun karena mimpi buruk bisa menjadi penyebab rasa sakit kepala saat bangun tidur. Membiarkan pikiran mengelana entah kemana dan merenungkan hal yang berat-berat sebelum tidur dapat memberikan efek sakit kepala. Alangkah baiknya sebelum tidur kamu mengenyahkan pikiran negatif supaya tidak terbawa ke alam mimpi yang membuat waktu tidur tidak berkualitas.

5. Tekanan Darah Rendah/Tinggi

Kenaikan tekanan darah ataupun penurunan tekanan darah dapat menyebab rasa sakit kepala saat bangun tidur. Bedanya adalah sensasi sakit kepalanya. Kalau tekanan darahmu rendah maka biasanya rasa sakit akan diiringi dengan pitam ataupun sensasi ingin pingsan yang sangat tidak enak. Kamu akan merasa kepala berputar dan sedikit mual. Bila tekanan darah tinggi yang kamu alami, sakit kepala akan ditandai dengan nyut-nyutan di belakang kepala.

6. Dehidrasi

Salah satu penyebab paling umum bangun pagi dengan kepala pusing adalah dehidrasi. Jika sebelum tidur kamu mengonsumsi alkohol, maka biasanya akan mengalami dehidrasi saat bangun tidur. Selain alkohol, konsumsi teh ataupun kopi bisa menjadi pemicu kamu mengalami dehidrasi. Apalagi kalau kamu kurang minum air putih. Besar kemungkinan kamu akan mengalami sensasi sakit kepala saat pagi hari.

7. Bangun Tiba-Tiba

Kalau kamu bangun tiba-tiba dari posisi tidur, kondisi ini bisa membuatmu merasakan sensasi sakit kepala. Pasalnya, tubuh yang sebelumnya dalam posisi telentang dan tidur berjam-jam dipaksa bangun dengan tiba-tiba, maka akan memberikan respons sensasi pusing.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai penyebab sakit kepala saat bangun tidur ataupun informasi kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Kamu juga bisa menanyakan informasi seputar kesehatan lainnya di sini. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: