• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Mengalami Vertigo? Bisa Jadi Karena Penyakit Ini

Sering Mengalami Vertigo? Bisa Jadi Karena Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Jika tiba-tiba kamu merasa kepala seperti berputar-putar saat berjalan atau duduk, bisa jadi serangan yang kamu alami itu adalah vertigo. Sensasi ini bisa datang dan pergi atau bisa berlangsung berjam-jam atau berhari-hari. 

Penyebab vertigo yang paling umum adalah infeksi telinga bagian dalam atau penyakit telinga, seperti vertigo posisional paroksismal jinak, neuritis vestibular, dan penyakit meniere. Vertigo posisional paroksismal jinak dapat terjadi ketika kalsium menumpuk di saluran telinga bagian dalam. Selengkapnya mengenai vertigo dan jenis penyakit yang memicunya bisa baca di bawah ini!

Infeksi Telinga Bisa Menyebabkan Vertigo

Vertigo posisional paroksismal jinak biasanya disebabkan oleh trauma pada kepala atau juga ketika pengidapnya menggerakkan kepala pada posisi tertentu. Sensasi pusing ini bisa berlangsung 20 detik sampai 1 menitan. 

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Fakta Seputar Vertigo

Neuritis vestibular sendiri disebabkan oleh infeksi telinga bagian dalam yang menyebabkan peradangan di sekitar saraf yang membantu keseimbangan indera tubuh. Kondisi ini menghasilkan serangan vertigo parah yang dapat berlangsung sehari atau lebih dan kadang-kadang, termasuk gangguan pendengaran. 

Penyakit meniere menjadi penyebab lain vertigo. Bagaimana meniere bisa terjadi dikarenakan penumpukan cairan dan tekanan pada telinga bagian dalam, sehingga dapat menyebabkan pusing bersamaan dengan dering di telinga dan gangguan pendengaran. Adapun penyebab vertigo yang lain adalah cedera kepala atau otak atau migrain.

Vertigo bisa menjadi hal yang terjadi sekali seumur hidup yang datang dan pergi dengan cepat. Namun, jika kamu mengalami pusing dan gangguan pendengaran berulang, disarankan untuk mengunjungi spesialis telinga, hidung, serta tenggorokan untuk mencari perawatan yang tepat. 

Soalnya sensasi pusing yang menyerupai vertigo bisa merupakan gejala awal dari masalah otak yang serius, seperti stroke, pendarahan di otak, atau multiple sclerosis. Vertigo posisional paroksismal jinak dapat diobati dengan terapi fisik, di mana pasien mempelajari serangkaian latihan untuk memposisikan kepala demi menggeser partikel/cairan di telinga bagian dalam.

Kalau kamu butuh informasi lebih lengkap mengenai penyakit vertigo, kamu bisa tanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Pola Makan untuk Pengidap Vertigo

Jika seseorang mengalami vertigo yang disebabkan oleh  penyakit meniere, pengidapnya butuh menerapkan diet rendah sodium dan diuretik untuk mengurangi tekanan cairan di telinga bagian dalam demikian juga pengaturan pencahayaan juga dilakukan untuk meringankan gejala.

Baca juga: Kapan Pengidap Vertigo Harus Lakukan Tes Pendengaran?

Beberapa pengidap vertigo juga dapat diobati dengan obat resep tertentu termasuk penghambat saluran kalsium, penghambat beta, dan antidepresan trisiklik. Meskipun vertigo menyebabkan ketidaknyamanan yang amat sangat, tetapi pada dasarnya vertigo bukanlah kondisi yang berbahaya. 

Vertigo bisa menjadi hambatan ketika melakukan aktivitas tertentu, seperti membawa kendaraan. Penting untuk diketahui kalau beberapa orang lebih rentan mengalami vertigo daripada yang lain. Risiko mengembangkan vertigo jauh lebih tinggi jika seseorang:

  1. Memiliki riwayat penyakit kardiovaskular.

  2. Baru-baru ini memiliki infeksi telinga berulang ataupun kronis.

  3. Memiliki riwayat trauma kepala.

  4. Minum obat dengan efek samping yang merugikan, seperti antidepresan dan antipsikotik.

  5. Berusia di atas 65 tahun.

Referensi:

CBS News. Diakses pada 2019. What causes vertigo, and what should you do when you have it?
Healthplus. Diakses pada 2019. Feeling Dizzy? Find Out If Its Vertigo.