• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Pakai Nail Gel, Ini Cara Merawat Kuku yang Tepat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Pakai Nail Gel, Ini Cara Merawat Kuku yang Tepat

Sering Pakai Nail Gel, Ini Cara Merawat Kuku yang Tepat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Desember 2022

“Ada cara merawat kuku yang tepat setelah penggunaan nail gel agar kuku menjadi lebih kuat dan sehat. Beberapa di antaranya adalah mengistirahatkan kuku dari penggunaan nail gel hingga memenuhi kebutuhan cairan tubuh.”

Sering Pakai Nail Gel, Ini Cara Merawat Kuku yang TepatSering Pakai Nail Gel, Ini Cara Merawat Kuku yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Nail gel atau kuteks gel menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk membuat tampilan kuku menjadi lebih menarik. Selain itu, penggunaannya pun terbilang praktis dan lebih awet dibandingkan dengan penggunaan kutek biasa. 

Namun, penggunaan nail gel yang kurang tepat dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah. Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya ketahui berbagai cara merawat kuku yang tepat setelah menggunakan kuteks gel.

Cara Merawat Kuku Setelah Penggunaan Nail Gel

Penggunaan kuteks gel memang membuat penampilan menjadi lebih menarik. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan berbagai jenis warna hingga hiasan pada kuku agar kuku terlihat cantik.

Namun, jangan lupa untuk perhatikan kesehatan kuku setelah penggunaan nail gel. Ada berbagai keluhan yang sering terjadi setelah penggunaan kuteks gel, mulai dari kuku lebih kering, permukaan pecah-pecah, menjadi lebih rapuh hingga mudah patah. 

Berikut ini tips cara merawat kuku yang tepat agar tetap sehat setelah penggunaan nail gel:

1. Istirahatkan Kuku dari Penggunaan Nail Gel

Sesekali menggunakan nail gel tidak akan membahayakan kuku. Namun, perhatikan lama penggunaannya. Pastikan kamu segera menghilangkan kiteks gel ketika kuku telah bertumbuh agar penggunaannya tidak terlalu lama.

Selain itu, berikan waktu istirahat untuk penggunaan kuteks gel selanjutnya. Memang menarik untuk bergonta-ganti warna kuku, tetapi hal ini bisa merusak kesehatan kuku. Berikan jarak satu minggu hingga satu bulan agar kesehatan kuku tetap terjaga dengan baik.

2. Hindari Kuku dari Bahan Kimia

Setelah kuku bersih, kamu bisa menghindari kuku dari penggunaan produk dengan kandungan bahan kimia di dalamnya. Seperti misalnya, hand sanitizer, bubuk deterjen, hingga sabun cuci piring. Kamu bisa menggunakan sarung tangan yang sesuai saat mencuci piring atau baju agar terhindar dari paparan bahan kimia dari sabun. 

Untuk menjaga kebersihan tangan, kamu bisa mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun. Hal ini membuat kamu tidak terlalu sering menggunakan hand sanitizer. Dengan begitu, kesehatan kuku dapat terjaga dengan baik.

3. Gunakan Pelembap untuk Kuku dan Tangan

Jangan lupa menjaga kelembapan tangan dan kuku agar kesehatannya tetap terjaga. Kamu bisa menggunakan pelembap tangan dengan kandungan alami di dalamnya. Pelembap kutikula juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan kuku agar tidak kering dan tidak mudah patah.

4. Rapikan Kuku Secara Berkala

Saat mengistirahatkan kuku dari penggunaan nail gel, jangan lupa untuk merapikan kuku secara rutin. Dengan memotong kuku menjadi lebih pendek, kamu membuat kuman atau bakteri tidak bersarang pada kuku. Hal ini membuat kesehatan kuku menjadi lebih terjaga. Jangan lupa untuk memastikan peralatan untuk membersihkan kuku dalam kondisi yang bersih dan steril.

5. Perhatikan Asupan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan menjadi hal yang penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kuku. Saat tubuh mengalami dehidrasi, kondisi ini menyebabkan kuku menjadi lebih kering dan rapuh. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi air putih minimal delapan gelas dalam satu hari. Kamu juga bisa menambahkan asupan cairan dari buah hingga makanan sehat lainnya.

Itulah cara merawat kuku yang tepat setelah penggunaan nail gel. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc jika kamu mengalami gangguan kesehatan yang menyebabkan gangguan aktivitas. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Everyday Healthy. Diakses pada 2022. 8 Ways to Keep Your Nails Healthy.
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Tips for Stronger Nails.