• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Terlambat, Adakah Cara agar Menstruasi Lancar?

Sering Terlambat, Adakah Cara agar Menstruasi Lancar?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Siklus menstruasi yang lancar sangat penting untuk wanita. Dengan begitu, mereka dapat menyusun jadwal yang tepat setiap bulannya sehingga haid tidak mengganggu pada beberapa kondisi tertentu. Memang beberapa hal bisa dicoba untuk membuat haid jadi lebih lancar. Namun, sebenarnya di dunia medis, tidak ada cara yang benar-benar menjamin menstruasi bisa segera tiba dalam satu atau dua hari.

Ketahui Dulu Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Melansir dari studi yang dikembangkan dari Healthline, siklus menstruasi yang normal dialami seorang wanita adalah 21 hingga 35 hari. Namun, kamu perlu tahu hal yang menyebabkan menstruasi wanita tertunda, di antaranya: 

  • Berat badan rendah atau tinggi;

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS);

  • Efek samping kontrasepsi hormonal;

  • Kondisi kronis seperti diabetes atau penyakit Celiac;

  • Masalah tiroid;

  • Kehamilan.

Segera periksakan ke rumah sakit jika seorang gadis belum belum memulai menstruasi pada usia 15 atau saat seorang wanita tidak alami menstruasi selama tiga periode atau lebih berturut-turut. Supaya lebih mudah, kamu bisa buat janji dengan dokter di Halodoc.

Baca juga:  Jangan Khawatir, Ini 3 Tanda Periode Menstruasi Kamu Normal

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mempercepat Menstruasi  

Langkah-langkah di bawah ini adalah metode sederhana yang aman dilakukan agar menstruasi lancar dan tidak terlambat, yaitu:

  • Menggunakan Kontrasepsi Hormonal

Menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB atau cincin, adalah satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengendalikan siklus menstruasi. Pil kombinasi, yang mengandung estrogen dan progestin, adalah metode yang paling efektif untuk mengendalikan menstruasi.

Wanita yang meminum pil hormon selama 21 hari, kemudian berhenti meminumnya atau meminum pil dummy selama 7 hari maka akan mengalami menstruasi dalam 7 hari ini. Kamu juga dapat berhenti minum pil hormon lebih awal untuk membuat haid mereka datang lebih awal.

Namun, sebaiknya sebelum melakukannya, berdiskusi dengan dokter terlebih dulu agar mendapatkan saran yang lebih tepat.

  • Olahraga

Olahraga ringan dapat melemaskan otot dan membantu menstruasi sedikit lebih cepat. Namun, sayangnya hal ini belum terbukti secara ilmiah dan perlu diteliti lebih lanjut. Beberapa wanita bisa mengalami menstruasi tidak teratur karena aktivitas olahraga yang berlebihan. Oleh karena itu, berolahragalah secukupnya untuk membantu mengembalikan hormon yang dibutuhkan untuk mengembalikan siklus menstruasi yang teratur.

  • Relaksasi

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi memiliki kaitan dengan ketidakteraturan menstruasi. Oleh karena itu, melakukan relaksasi untuk menghilangkan stres diyakini bisa membantu.

Latihan yoga, menulis jurnal, meditasi, dan menghabiskan waktu bersama teman dan orang yang dicintai adalah beberapa cara untuk membantu menjaga tingkat stres tetap rendah.

  • Orgasme

Percaya atau tidak, seks dan orgasme juga bisa membantu membuat menstruasi datang lebih cepat. Kombinasi hormon yang diproduksi selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme bisa membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

  • Menjaga Berat Badan Sehat

Perubahan berat badan seseorang dapat memengaruhi menstruasi mereka. Berat badan rendah dapat bisa menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur atau bahkan dapat menyebabkan menstruasi berhenti total.

Tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan hormon yang berkaitan dengan menstruasi. Sementara memiliki berat badan tinggi atau mengalami perubahan berat badan secara tiba-tiba bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Baca juga: Bukan Cuma Kram Perut, Ini 9 Tanda Haid Akan Datang

Selain itu, beberapa orang juga menemukan bahwa makanan tertentu dapat menunda atau mempercepat menstruasi mereka dan memengaruhi seberapa berat alirannya dan durasinya.

Pengaruhnya bisa karena kandungan lemak, protein, dan kandungan nutrisi lain dalam makanan. Perlu diingat bahwa pembatasan kalori ekstrem atau olahraga berlebihan bisa berdampak pada hormon reproduksi dan mempengaruhi ovulasi.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. Natural Ways to Induce a Period.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Inducing a Period.