10 August 2018

Seru Asian Games 2018, Ini Manfaat 4 Cabang Olahraga Akuatik

asian games 2018

Halodoc, Jakarta - Tak lama lagi ajang pertandingan paling bergengsi se-Asia, Asian Games 2018 akan segera digelar di Jakarta dan Palembang. Euforia penyambutan ajang ini begitu terasa. Spanduk berbagai ukuran terpajang di setiap sisi ruas jalan dan setiap gang, bendera negara-negara peserta telah berkibar, menciptakan warna-warni dengan nuansa yang begitu mendebarkan. Tempat yang digunakan untuk bertanding pun telah selesai direnovasi dan sepenuhnya siap dipakai.

Nah, olahraga akuatik menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada Asian Games 2018 nanti. Dari namanya, kamu pasti tahu apa itu olahraga akuatik. Ya, olahraga air. Lalu, apa saja sih olahraga akuatik yang akan dilombakan? Apa manfaatnya untuk tubuh yang bisa diperoleh?

1. Renang

Renang pasti selalu ada di setiap ajang perlombaan, tak terkecuali pada Asian Games 2018 nanti. Ternyata, renang sudah diikutsertakan dalam ajang Asian Games sejak tahun 1951 di India, negara tuan rumah Asian Games pertama. Olahraga ini dilombakan dalam dua kelompok, kelompok beregu dan individu, dengan 19 nomor perlomban baik untuk pria maupun wanita.

2. Renang Indah

Selanjutnya adalah renang indah, olahraga air yang menggabungkan gerakan senam, tari, dan renang. Olahraga ini sudah dilombakan sejak Asian Games XII tahun 1994 yang digelar di Hiroshima. Namun, hanya atlet wanita yang bisa mengikuti lomba ini, dengan tiga nomor perlombaan, yaitu duet, regu, dan nomor kombinasi.

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

3. Loncat Indah

Dari semua cabang olahraga akuatik yang dilombakan, loncat indah adalah yang paling unik dan menyita perhatian. Pasalnya, cabang olahraga ini memadukan kekuatan otot, kelenturan tubuh, dan kemampuan akrobatik para atlet. Laiknya renang, loncat indah telah masuk dalam Asian Games sejak pertama kali diadakan di India tahun 1951 silam. Ada lima nomor yang dilombakan, yaitu papan 1 m, 3 m, menara 10 m, dan sinkronisasi 3 serta 10 m.

4. Polo Air

Terakhir adalah polo air yang dilombakan secara beregu. Olahraga yang telah ada dalam Asian Games sejak pertama kali diadakan ini beranggotakan tujuh orang untuk setiap tim dan dilombakan dalam empat babak, masing-masing babak selama delapan menit.

Berbagai Manfaat Olahraga Akuatik

Berbeda tempat pelaksanaan, apa sih manfaat olahraga akuatik yang dilombakan pada Asian Games 2018 untuk tubuh?

1. Menguatkan Tulang

Kamu tidak harus pergi ke pusat kebugaran untuk bisa menguatkan tulang, terlebih harga keanggotaannya yang terbilang cukup mahal. Kamu bisa lebih berhemat dengan berenang. Meski tak terlalu terlihat, kamu menggerakkan semua otot tubuh kamu saat berenang, terutama tangan, kaki, dan punggung. Inilah mengapa renang baik untuk wanita yang telah menopause agar tetap kuat.

2. Mengurangi Risiko Arthritis

Selain baik untuk wanita yang menopause, olahraga air juga baik untuk pengidap arthritis atau penyakit sendi. Padahal, olahraga cukup berisiko bagi para pengidap penyakit ini, tetapi berolahraga di dalam air cenderung akan mengurangi risiko terjadinya cedera. Tentu saja kamu perlu mengawalinya dengan pemanasan.

Baca juga: Olahraga Air Ini Bisa Bentuk Tubuh Ideal

3. Mengurangi Risiko Sakit Jantung dan Diabetes

Sifat air yang tenang membuat otot tetap lemas meski kamu merasa sangat lelah selepas berolahraga. Selain itu, olahraga air juga baik untuk kesehatan jantung dan menjaga kadar gula dalam darah, sehingga kamu bisa terhindar dari risiko sakit jantung dan diabetes.

Itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan olahraga air yang dilombakan di Asian Games 2018. Kalau kamu membutuhkan saran dari pakar kesehatan, jangan ragu untuk download aplikasi Halodoc di ponsel kamu. Aplikasi Halodoc memiliki layanan Tanya Dokter, Apotek Antar, dan Cek Lab yang bisa kamu manfaatkan kapan saja dan di mana saja.