Seru di Asian Games, Hoki Bisa Melatih Kecepatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
asian games, hoki

Halodoc, Jakarta - Tidak seperti bulu tangkis atau pun sepak bola, olahraga permainan hoki tak terlalu digemari di Indonesia. Meski begitu, ini tidak membuat hoki lantas tidak terkenal, karena ternyata olahraga satu ini turut dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018 yang kini sedang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga permainan yang dilakukan dengan menggunakan stik dengan bentuk mirip stik golf ini. Selain membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi dan berkomunikasi dengan anggota tim lainnya, kamu juga bisa menjaga kesehatan dan berat badan sekaligus melatih kecepatan. Tentunya, kecepatan ini berkaitan dengan bagaimana tubuh bisa berkoordinasi dan menjaga keseimbangannya dengan baik.

Pastinya tidak mudah untuk bisa berdiri dan berlari lincah di atas sepatu skate dan lapangan yang didominasi oleh es. Kamu perlu berlatih keras dan intens untuk bisa menguasai teknik berlari dengan baik saat bermain hoki, termasuk bagaimana kamu menambah kecepatan sembari membawa bola. Nah, supaya latihan kamu makin sempurna, lakukan gerakan berikut untuk meningkatkan kecepatan.

1. Lateral Lunge

Langkah pemain hoki sangat ditentukan oleh kekuatan dan kemantapan anggota tubuh bagian bawah. Tentunya, kaki yang kuat dan stabil membuat performa kamu di atas lapangan es akan makin maksimal. Cara melakukan gerakan ini dimulai dari posisi berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar mungkin. Pastikan tubuh tetap seimbang, ya.

Selanjutnya, arahkan tubuh ke samping kanan atau kiri dengan membekuk salah satu kaki dengan kaki lain tetap lurus ke samping. Supaya keseimbangan tetap terjaga, luruskan kedua tangan ke depan tubuh. Ulangi gerakan ini berulang kali selama maksimal delapan kali dua hitungan.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Olahraga Hoki yang Perlu Diketahui

2. Lari Sprint

Lari sprint atau lari jarak pendek tak hanya ditujukan untuk atlet lari. Demi meningkatkan kecepatan gerak di lapangan, pemain hoki juga perlu berlari sprint. Setiap hari, pastikan kamu meluangkan waktu untuk berlari sprint minimal 30 menit dan catat waktu yang sudah kamu capai. Ini akan menjadi penentu berapa kecepatan lari kamu dan apakah ada perubahan dari setiap sesi lari yang kamu lakukan.

3. Squat Menggunakan Satu Kaki

Squat merupakan latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan sekaligus performa kaki. Melakukan latihan ini secara rutin akan membantu kamu lebih cepat ketika bermain hoki dan bisa mengontrol tubuh dengan lebih baik. Siapkan sebuah bangku dan letakkan di belakang tubuh kamu. Angkat satu kaki dan tekukkan kaki lain hingga kamu duduk di atas bangku tadi. Agar tetap seimbang, posisikan kedua tangan di bagian depan tubuh. Ulangi latihan ini dengan mengganti kaki hingga delapan kali dua hitungan.

4. Bulgarian Split Squat

Secara garis besar, Bulgarian Split Squad juga membantu menguatkan otot kaki dan mengencangkan otot paha serta betis. Mulanya, siapkan balok atau bangku yang tidak terlalu tinggi, atau bisa juga menggunakan tumpukan buku. Awali dengan posisi berdiri tegak di depan tumpukan tadi, dan posisikan salah satu telapak kaki di atas tumpukan tersebut. Tekuk kaki yang tegak hingga membentuk sudut siku dan lutut kaki yang berada di tumpukan menyentuh lantai. Ulangi bergantian pada setiap kaki.

Baca juga: Atlet, Waspada Radang Tendon yang Mengincar di Asian Games

Nah itu tadi beberapa latihan yang bisa membantu meningkatkan kecepatan kamu saat bermain hoki. Sebaiknya, kamu diskusikan terlebih dahulu kondisi tubuh terhadap jenis latihan yang akan kamu lakukan. Supaya lebih mudah, pakai layanan Tanya Dokter dari Halodoc. Caranya mudah, cukup download dan install aplikasi Halodoc di ponsel kamu, daftar, dan kamu bisa langsung memilih dokter tanpa dipungut biaya alias gratis.