21 August 2018

Serunya Asian Games, Ini Manfaat Berkuda untuk Kesehatan

asian games

Halodoc, Jakarta - Ajang Asian Games 2018 sudah resmi dimulai sejak tanggal 18 Agustus lalu. Kabarnya, Indonesia telah berhasil menyumbangkan satu medali emas di cabang olahraga taekwondo dan satu medali perak di cabang wushu. Masih banyak kesempatan untuk Tanah Air menyumbangkan medali emas, salah satunya adalah berkuda.

Biasanya, kuda lebih sering dimanfaatkan sebagai sarana wisata musiman, misalnya di lokasi wisata yang mengharuskan berjalan kaki cukup jauh. Di Indonesia sendiri, berkuda belum terlalu diminati. Meski begitu, berkuda juga tak hanya sekadar untuk bersenang-senang, karena ternyata aktivitas satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti berikut ini:

  1. Menguatkan Otot Tubuh Bagian Bawah

Seorang pakar dari Evergreen Health Sport & Spine Care, Alison Stout mengatakan bahwa rutin menunggang kuda dapat melatih kekuatan otot tubuh bagian bawah, terutama otot punggung, pelvis, dan perut. Tidak hanya menguatkan, gerakan-gerakan yang kamu dapatkan ketika menunggang kuda juga sekaligus melatih koordinasi dan stabilitas. Kamu akan bertahan dalam posisi tertentu ketika menunggang kuda, sehingga secara tidak langsung kamu menggunakan otot tertentu untuk menjaga postur tubuh tetap seimbang.

  1. Menambah Fleksibilitas

Bagian tubuh yang mendapatkan beban latihan paling besar ketika kamu menunggang kuda adalah otot panggul dan bagian dalam paha, terlebih ketika kamu sedang mencari posisi tubuh yang tepat dan nyaman. Ini akan membantu meningkatkan fleksibilitas seluruh otot tubuh dengan lebih baik. Uniknya, penguatan otot ini setara dengan ketika kamu berlatih dengan beban, terutama yang menggunakan otot bahu dan lengan.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Olahraga Hoki yang Perlu Diketahui

  1. Baik untuk Perkembangan Mental

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari salah satu cabang olahraga yang ada di Asian Games 2018 ini adalah melatih mental, terutama rasa percaya diri ketika kamu menyentuh dan berinteraksi dengan kuda. Seperti manusia, agar bisa bekerjasama dengan baik, kamu perlu mengetahui teknik dan cara memperlakukan hewan ini. Tidak hanya itu, berkuda juga efektif untuk mengurangi stres dan membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Baik untuk Kardiovaskular dan Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Setiap kuda memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing, termasuk dalam hal ketangkasan dan kecepatannya. Ini akan berpengaruh pada besarnya energi yang kamu keluarkan. Semakin besar energi, maka sistem kardiovaskular pun akan terlatih dengan lebih sempurna. Kerja kardiovaskular ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah, yang pada akhirnya membuat asupan oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh pun menjadi lebih lancar.

  1. Memaksimalkan Kerja Indera Penglihatan dan Konsentrasi

Ketika menunggang kuda, kamu dituntut untuk berkonsentrasi penuh. Kecepatan kuda membuat kamu harus lihai dalam menentukan arah jalan. Ini akan membantu memaksimalkan kinerja indra penglihatan kamu untuk lebih cepat dan tepat dalam mencari trek. Selain itu, konsentrasi kamu pun terlatih, karena kamu harus tetap menjaga keseimbangan tubuh kamu dari atas badan kuda yang berlari kencang.

Baca juga: Jujitsu, Cabang Seni Beladiri yang Cocok untuk Wanita

Itu tadi lima manfaat berkuda untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Bukan hal yang mudah, berkuda juga perlu latihan khusus agar bisa mengendalikan hewan ini dengan lebih baik. Nah, kalau kamu tertarik untuk mulai menekuni salah satu cabang olahraga Asian Games ini, kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui apakah kondisi tubuh kamu baik untuk latihan menunggang kuda. Supaya lebih mudah, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc. Yuk, donwload dan install aplikasi Halodoc sekarang juga!