Shandy Aulia Olahraga saat Hamil 20 Minggu, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Shandy Aulia Olahraga saat Hamil 20 Minggu, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta - Usia kehamilan aktris Shandy Aulia saat ini memasuki 20 minggu atau trimester kedua. Lewat media sosial Instagram pribadinya, Shandy membagikan kegiatannya yang tetap aktif berolahraga saat hamil. Nyatanya, olahraga tetap aman dilakukan untuk ibu hamil selama di bawah pengawasan instruktur yang tepat dan tentunya atas anjuran dokter. 

Berolahraga memang berdampak baik bagi semua orang, tidak terkecuali pada ibu hamil. Umumnya, ibu hamil akan menjaga keamanan dan keselamatan bayinya dengan tidak banyak bergerak. Faktanya, olahraga saat hamil mempunyai banyak dampak positif bagi sang ibu dan janin.

Rutin berolahraga dapat membuat otot-otot pada tubuh lebih kuat sehingga persalinan lebih mudah dilakukan. Hal tersebut adalah salah satu dari banyak manfaat olahraga saat hamil. Berikut ini pembahasan tentang hal tersebut!

Baca juga: 5 Olahraga yang Paling Disarankan untuk Ibu Hamil

Manfaat Olahraga saat Hamil

Seseorang yang hamil tentu mengalami perubahan bentuk tubuh karena nafsu makan yang meningkat. Tidak sedikit wanita yang menahan diri untuk makan karena ingin tubuhnya tidak terlalu banyak berubah saat melahirkan. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk hal tersebut adalah dengan berolahraga.

Olahraga dapat memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan sang ibu dan bayi yang dikandung. Banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, seperti berjalan di sekitar rumah, berenang, yoga, pilates, senam hamil yang memberikan dampak positif yang dirasakan oleh ibu hamil. Jenis olahraga tentunya disesuaikan dengan usia kehamilan dan stamina dari tubuh ibu sendiri.

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga saat hamil bagi ibu hamil, yaitu:

  1. Meningkatkan Energi pada Tubuh

Salah satu manfaat olahraga saat hamil yang dapat dirasakan adalah meningkatkan energi pada tubuh. Dengan berolahraga, kamu dapat menyelesaikan tugas sehari-hari tanpa beban yang berlebih. Hal ini karena olahraga dapat memperkuat sistem kardiovaskular, sehingga kamu tidak mudah lelah dan menghilangkan perasaan stres.

Baca juga: Inilah 4 Olahraga yang Baik untuk Bumil

  1. Membuat Tidur Lebih Nyaman

Manfaat lainnya dari olahraga saat hamil adalah membuat tidur kamu menjadi lebih nyaman dan nyenyak. Faktanya, menemukan posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil tidak mudah. Tetapi, dengan rutin berolahraga, maka kamu membuat tubuh merasa lelah sehingga tidur terasa lebih nyenyak.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kesehatan janin, dokter dari Halodoc dapat membantu. Selain itu, kamu juga melakukan pemeriksaan kehamilan dengan pemesanan online melalui aplikasi Halodoc. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc ke smartphone kamu! Mudah, bukan?

  1. Menurunkan Komplikasi Terkait Kehamilan

Berolahraga saat hamil juga mampu menurunkan komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan, seperti diabetes gestasional dan preeklamsia. Disebutkan, penurunan risiko tersebut secara signifikan dapat terjadi pada ibu hamil yang rutin berolahraga.

  1. Mempercepat Pemulihan Pasca Kehamilan

Seseorang yang rutin berolahraga saat hamil akan merasakan dampak baiknya. Salah satunya adalah mempercepat pemulihan setelah melahirkan. Fisik yang bugar dapat membuat tubuh kamu lebih cepat untuk kembali ke kondisi normal. Ibu hamil ini dapat lebih cepat melanjutkan pekerjaan rumah tangga dibandingkan yang tidak berolahraga.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Ini Manfaat Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lainnya ketika ibu hamil melakukan olahraga saat hamil adalah dapat menurunkan tekanan darah. Seseorang yang hamil mungkin saja mengalami tekanan darah yang naik turun. Hal tersebut bisa jadi pertanda terjadinya preeklamsia. Salah satu cara menurunkan tekanan darah adalah dengan berolahraga, seperti berjalan di taman agar tekanan darah tetap normal.

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga saat hamil bagi ibu yang sedang mengandung. Kamu dapat melakukan hal tersebut hanya dengan kegiatan-kegiatan yang ringan tanpa harus membebani kandungan. Terpenting adalah kamu harus tetap aktif agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

Referensi:
Baby Center.Diakses pada 2019.Eight great benefits of pregnancy exercise
What to expect.Diakses pada 2019.13 Benefits of Exercise During Pregnancy
American pregnancy.Diakses pada 2019.Exercising While Pregnant: Safety, Benefits & Guidelines