Si Kecil Kena Kutu Rambut, Ini Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
si-kecil-kena-kutu-rambut-ini-cara-mengobatinya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kutu rambut adalah masalah umum yang biasanya menyerang anak-anak usia sekolah. Binatang kecil yang membuat kulit kepala menjadi gatal ini bisa menempel di rambut kepala siapa saja, tanpa memandang status sosial atau kebersihan rambut, lho. Meskipun ibu sudah rajin membersihkan rambut Si Kecil, tetapi ia tetap saja berisiko terkena kutu rambut. Hal ini karena kutu rambut mudah menular, apalagi di lingkungan sekolah. Kutu rambut juga tidak jarang membuat Si Kecil tidak nyaman karena kepalanya akan terasa sangat gatal. Selengkapnya, simak cara mengobatinya di bawah ini.

Baca juga: Ini Bedanya Kutu Rambut dan Kutu Air

Kutu rambut adalah parasit kecil yang memiliki enam kaki dengan ukuran tubuh kurang lebih sebesar biji wijen (2–3 milimeter). Kutu ini hidup di kulit kepala dan leher dengan mengisap sedikit darah dari kulit kepala. Kutu rambut juga bertelur dan meninggalkan telurnya di dekat pangkal helai rambut. Telur kutu berwarna kuning pucat atau titik cokelat. Sekilas, telur kutu terlihat seperti ketombe, tetapi mereka tidak bisa hilang hanya dengan disisir.

Meskipun bukan kondisi yang serius, tetapi kutu rambut sangat mengganggu pengidapnya dan juga mudah menular ke kepala orang lain. Kutu rambut lebih sering menyebar di antara anak-anak, terutama yang duduk di kelas taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar. Hal ini karena anak usia tersebut sering bermain bersama teman-temannya dengan sangat dekat, sehingga lebih memungkinkan terjadi kontak rambut. Kutu rambut juga bisa menyebar melalui benda-benda, seperti sisir, topi, jepit, dan aksesoris rambut.

Ibu bisa mengetahui anak tertular kutu rambut dengan mengamati gejalanya, yaitu bila Si Kecil terus menggaruk kulit kepalanya karena terasa sangat gatal. Namun, rasa gatal biasanya baru muncul dalam beberapa minggu setelah telur kutu menempel di kepala Si Kecil.

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu Rambut yang Tidak Segera Dibasmi

Kutu rambut tidak akan hilang sendiri bila tidak ditangani, Bu. Kabar baiknya, kutu rambut dapat dibasmi, baik secara alami maupun dengan menggunakan berbagai produk antikutu rambut, seperti sampo, krim, dan losion yang bisa didapatkan secara bebas di pasaran atau dengan resep dokter. Yuk, ikuti cara-cara berikut untuk mengobati kutu rambut pada anak:

  • Pertama-tama, cuci rambut anak dengan obat antikutu sesuai petunjuk penggunaan. Ulangi lagi mencuci rambut anak dengan obat tersebut setelah 7–10 hari untuk mematikan kutu yang mungkin baru menetas.

  • Setelah itu, sisir rambut anak yang masih basah untuk membantu meluruhkan telur yang menempel pada helai rambut.

  • Rendam sisir dan berbagai perlengkapan rambut yang digunakan anak, seperti bando dan jepit rambut dalam alkohol atau sampo obat kutu selama sejam. Kemudian, cuci dengan air panas.

  • Selama masa pengobatan, hindari mengeringkan rambut anak dengan hair dryer agar kutu tidak terbang dan berpindah ke area lain.

  • Hindari juga menggunakan kondisioner atau sampo yang mengandung kondisioner sebelum mengaplikasikan obat kutu.

  • Ibu juga sebaiknya tidak mengaplikasikan obat yang sama lebih dari 3 kali pada 1 anak. Bila sebuah obat ternyata tidak mempan, minta dokter untuk memberikan resep obat yang lain.

  • Hindari menggunakan 2 jenis obat yang berbeda pada satu waktu.

  • Ibu juga perlu mencermati kandungannya bila ingin membeli obat antikutu. Pasalnya, ada beberapa obat yang mengandung ekstrak chrysanthemums atau bahan sintetisnya. Nah, kandungan tersebut kadang tidak ampuh untuk membasmi kutu. Selain itu, bahan tersebut juga tidak direkomendasikan untuk anak-anak.

  • Telur kutu juga dapat menempel pada pakaian anak dan susah hilang. Jadi, sebaiknya cuci baju-baju Si Kecil dengan air hangat. Begitu juga dengan mainannya.

Untuk anak yang berusia di bawah dua bulan, hindari mengatasi kutu rambut dengan obat antikutu. Melainkan ibu perlu mengangkat kutu dan telur kutu satu per satu dengan sisir bergigi rapat dan tangan. Cara tersebut bisa ibu lakukan saat rambut Si Kecil basah dengan kondisioner. Ulangi cara tersebut tiap 3–4 hari selama 3 minggu.

Baca juga: 4 Penyakit yang Rentan Ditularkan di Sekolah

Nah, itulah cara mengobati kutu rambut pada anak. Untuk membeli obat-obatan yang ibu butuhkan seperti obat antikutu, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2019. Head Lice: What Parents Need to Know.