Si Kecil Mendadak Demam saat Puasa, Atasi dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Si Kecil Mendadak Demam saat Puasa, Atasi dengan 5 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Berpuasa adalah hal yang wajib bagi setiap muslim dan terkadang anak-anak yang masih di bawah umur pun juga ingin melakukan ibadah tersebut. Saat anak-anak berpuasa, mungkin saja dirinya mengalami demam yang membuat suhu tubuhnya naik hingga di atas 38 derajat celsius.

Walaupun terkadang hal tersebut dapat membuat orangtua khawatir, demam belum tentu disebabkan oleh penyakit yang serius. Demam adalah salah satu bagian dari proses kekebalan tubuh ketika melawan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Pada akhirnya, demam dapat sembuh dengan sendirinya dengan beberapa perawatan.

Umumnya, seseorang yang mengalami demam akan langsung diberikan obat yang mengandung parasetamol. Namun, apabila masih berpuasa, apakah yang harus dilakukan? Berikut adalah beberapa cara yang dapat ibu lakukan mengatasi anak yang demam saat puasa:

  1. Kompres Anak dengan Air Hangat

Kompres anak dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat pada lipat ketiak dan lipat selangkangan selama 10-15 menit akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan. Kompres dengan air dingin tidak direkomendasikan untuk mengatasi demam karena dapat meningkatkan pusat pengatur suhu hipotalamus, mengakibatkan badan menggigil, sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh. Kompres dingin mengakibatkan pembuluh darah mengecil, yang meningkatkan suhu tubuh, serta mengakibatkan anak merasa tidak nyaman.

Baca Juga : Waspadai 7 Penyebab Demam saat Puasa

  1. Jangan Menggunakan Selimut

Ketika anak mengalami demam, jangan berikan selimut dan ganti bajunya dengan yang berbahan tipis. Hal tersebut agar panas dari dalam tubuh lebih mudah keluar dari dalam kulit. Namun, apabila anak ibu menggigil, berikanlah selimut yang tipis agar tubuhnya kembali menjadi hangat.

  1. Banyak Minum Air Putih

Jika sudah memasuki waktunya berbuka puasa, berikanlah banyak air putih agar tubuhnya tidak mengalami dehidrasi. Pastikan anak ibu mengonsumsi air putih paling tidak 8 gelas per hari agar dapat membuat suhu tubuhnya menurun ketika ia buang air kecil. Jika anak ibu sudah benar-benar tidak kuat, batalkan puasanya dan berikan ia obat penurun demam segera.

Baca Juga : Demam dan Pusing saat Puasa, Coba 5 Tips Ini

  1. Berikan Obat Penurun Panas (Antipiretik)

Cara yang paling efektif jika anak terpaksa harus berbuka puasa karena sudah dirasa tidak kuat adalah dengan memberinya makan lalu berikan obat. Pemberian obat penurun panas bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh dan membuat anak merasa lebih nyaman. Parasetamol merupakan obat pilihan pertama untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri. Pemberian obat penurun panas akan membuat anak merasa nyaman dan mengurangi kecemasan orangtua.

Baca Juga : Ini 3 Cara Atasi Demam saat Puasa

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan apabila anak ibu mengalami demam saat puasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal demam saat puasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!