• Home
  • /
  • Si Kecil Sariawan, Ini Cara Mengobatinya Tanpa Panik

Si Kecil Sariawan, Ini Cara Mengobatinya Tanpa Panik

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
sariawan anak, cara mengobati sariawan anak

Halodoc, Jakarta - Sariawan dapat diatasi dengan pemberian obat, sehingga dapat diatasi dengan cepat. Namun, bagaimana jika sariawan terjadi pada anak? Penyakit yang satu ini sebenarnya jarang terjadi pada anak-anak di bawah usia 10 tahun. Munculnya sariawan akan ditandai dengan lepuhan berwarna putih atau kuning dalam mulut, serta menimbulkan rasa perih dan sakit. Jika hal ini terjadi pada anak, mereka bisa saja rewel karena rasa sakit yang muncul sepanjang hari.

Baca juga: Bukan Cuma Infeksi Virus, Ini 3 Penyebab Sariawan pada Bayi

Untuk Mengobati Sariawan pada Si Kecil, Gunakan Bahan Alami Ini

Rasa sakit yang ditimbulkan saat sariawan muncul memang dapat hilang dengan cepat dengan memakai obat penghilang rasa nyeri. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan, ibu sebaiknya memilih bahan alami berikut ini guna mengobati sariawan pada Si Kecil:

  • Madu

Sifat antimikroba pada madu sangat baik dalam membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Jika Si Kecil masih berusia diatas satu tahun, ibu bisa mencoba bahan alami yang satu ini. Caranya hanya dengan mengoleskan madu di area sariawan sebanyak beberapa kali dalam sehari. Namun, perlu diingat, madu tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia satu tahun.

  • Kunyit

Kunyit mengandung antiseptik, anti-inflamasi, serta anti-bakteri yang mampu mengatasi segala jenis luka dengan cepat. Untuk mengatasi sariawan pada Si Kecil, ibu dapat menghaluskan kunyit, kemudian tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan kunyit pada area sariawan Si Kecil.

  • Kelapa

Minyak kelapa atau santan ternyata tak hanya bermanfaat untuk membuat cita rasa masakan semakin nikmat. Bahan alami yang satu ini dapat digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi sariawan. Hanya dengan berkumur dengan santan, atau mengolesi area sariawan dengan minyak kelapa, sariawan pada anak dapat diatasi.

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Sariawan pada Anak

  • Daun Kemangi

Tak hanya berperan dalam mengatasi sariawan, daun kemangi juga bermanfaat dalam menurunkan tingkat stres. Caranya dengan mengunyah daun kemangi bersamaan dengan air hangat beberapa kali dalam sehari.

  • Lidah Buaya

Sifat anti-bakteri pada lidah buaya tak hanya dapat mengatasi sariawan pada anak, tapi juga baik bagi kesehatan gusi. Ibu hanya perlu mengambil gel lidah buaya, kemudian oleskan pada area sariawan. Lakukan langkah ini sebanyak tiga kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Akar Manis

Bahan alami yang satu ini bersifat meringankan dengan kandungan anti-inflamasi di dalamnya. Tak hanya mengurangi rasa sakit, akar manis juga dapat mengatasi bengkak pada sariawan. Caranya dengan merendam satu sendok makan akar manis ke dalam 2 gelas air, gunakan sebagai obat kumur beberapa kali dalam sehari. Jika akar manis yang ibu miliki berbentuk bubuk, maka bahan ini dapat dicampur dengan madu, kemudian oleskan pada area sariawan.

Ketika bahan alami tak bisa meredakan sariawan yang dialami anak, ibu bisa menemui dokter di rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menghindari komplikasi yang bisa saja terjadi.

Baca juga: Stomatitis pada Anak, Lakukan Hal ini untuk Menanganinya

Ketika anak mengidap sariawan, sebaiknya ibu memilihkan makanan yang mudah untuk ditelan. Dalam hal ini, ibu dapat memberikan susu, jus buah, atau bubur. Jangan lupa untuk memberikan buah-buahan dengan kandungan zat besi tinggi, vitamin B kompleks, vitamin C, dan juga mineral. Untuk membantu selera makannya agar tetap stabil, ibu bisa memberikan es krim yang dapat memberikan efek meredakan rasa perih karena dinginnya. Tak hanya itu, es krim juga mengandung nutrisi yang baik untuk dikonsumsi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Oral Thrush: 10 Home Remedies to Manage Your Symptoms.
Emedicine Health. Diakses pada 2019. Thrush.