• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Siapa Saja yang Membutuhkan Echocardiografi?

Siapa Saja yang Membutuhkan Echocardiografi?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Echocardiografi alias USG jantung boleh dilakukan oleh siapa saja, tapi ada sejumlah kondisi yang membuat seseorang membutuhkannya. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan gelimbang suara berfrekuensi tinggi. USG jantung nantinya akan memberi gambaran struktur organ jantung. Tujuan pemeriksaan adalah untuk mengetahui kelainan pada struktur jantung, pembuluh darah, aliran darah, serta kemampuan otot jantung dalam memompa darah.

Umumnya, metode ini digunakan untuk mendeteksi potensi penyakit jantung. Melalui hasil yang ditunjukkan, dokter akan memutuskan pengobatan yang tepat. USG jantung juga bisa dilakukan untuk mengevaluasi pengobatan yang tengah dijalani. Biar lebih jelas, simak ulasan seputar daftar orang yang membutuhkan echocardiografi di artikel berikut!

Baca juga: Kapan Sebaiknya Melakukan Echocardiografi?

Daftar Orang yang Membutuhkan Echocardiografi

Echocardiografi dibagi ke dalam beberapa jenis. Berikut perbedaan jenis echocardiografi beserta daftar orang yang membutuhkannya! 

1.Transthoracic Echocardiogram

Transthoracic echocardiogram (TTE) adalah jenis echocardiografi yang dilakukan dengan menempelkan alat di atas dada. Cara kerjanya mirip dengan USG pada umumnya. Alat tersebut kemudian akan digerakkan di atas dada dan hasilnya akan langsung terlihat pada monitor yang tersambung. 

Ada beberapa indikasi yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih jenis USG ini, di antaranya gangguan irama jantung, penyakit katup jantung, penyakit jantung bawaan, perikarditis, efusi perikardium, infeksi di sekitar katup jantung, gangguan pompa jantung, serta kerusakan jantung pasca serangan jantung. Prosedur ini juga bisa dilakukan untuk mencari gumpalan darah di jantung. TTE juga bisa dilakukan untuk mengatasi kelainan otot jantung serta hipertensi pulmonal. 

2.Transesophageal Echocardiogram

Selain TTE, ada juga jenis echocardiografi yang disebut dengan transesophageal echocardiogram (TEE). Berbeda dengan USG, tes ini dilakukan dengan menggunakan alat endoskopi. Alat tersebut dimasukkan ke tubuh melalui mulut menuju ke esofagus (kerongkongan). Tujuannya untuk menangkap gambar struktur jantung secara rinci.

Baca juga: Begini Penjelasan Hasil dari Pemeriksaan Echocardiografi

Metode ini adalah pemeriksaan lanjutan dari TTE. Melalui TEE, dokter bisa menangkap gambaran struktur jantung tanpa terhalang gambar dada dan paru-paru. Prosedur ini umumnya disarankan pada pasien yang akan menjalani operasi jantung, dan biasanya baru akan dilakukan saat.

  • Hasil dari TTE tidak jelas. Hal ini bisa terjadi akibat gambar organ dada yang diambil tertutup paru-paru atau lemak yang menutupi dada. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang yang mengidap obesitas. 
  • Dokter membutuhkan gambaran dan pencitraan yang lebih rinci. Umumnya pemeriksaan ini dilakukan sebelum pasien menjalani operasi jantung. 

3.Stress Echocardiogram

Selain kedua jenis echocardiografi tersebut, ada juga prosedur yang dinamakan stress echocardiogram. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa kekuatan fungsi jantung. Selain itu, stress echocardiogram juga bisa membantu memeriksa aliran darah saat tubuh beraktivitas atau ketika jantung distimulasi.

Sebelum prosedur USG jantung dilakukan, pasien akan mendapat suntikan zat pewarna alias kontras. Cairan ini nantinya bisa membantu memberi gambaran jantung yang lebih jelas. Beberapa kondisi yang membuat seseorang membutuhkan prosedur ini adalah gangguan irama jantung dan gangguan tekanan darah saat beraktivitas, serta terindikasi mengalami penyakit jantung koroner. 

Tes ini juga dilakukan untuk memeriksa pasokan oksigen ke otot jantung, menilai batas kemampuan jantung, hingga mengevaluasi pengobatan dan tindakan medis yang sedang dijalani.

Baca juga: Periksa Jantung, Adakah Efek Samping dari Echocardiografi?

Cari tahu lebih lanjut seputar echocardiografi dan indikasinya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan kesehatan yang sedang dialami. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi 
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Echocardiogram.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Echocardiogram.
Healthline. Diakses pada 2020. Stress Echocardiography.