Siapakah yang Membutuhkan Home Care?

perawatan sakit di rumah, Home care

Halodoc, Jakarta - Layanan home care memang mengalami peningkatan yang pesat belakangan ini. Home care dinilai memberikan lebih banyak kemudahan bagi pengidap suatu kondisi medis tertentu untuk mendapatkan perawatan kesehatan tanpa perlu pergi ke rumah sakit. Layanan ini banyak digunakan karena dinilai membantu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat yang mempunyai keterbatasan ekonomi untuk biaya rawat inap di rumah sakit.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

Siapa Saja yang Membutuhkan Layanan Home Care?

Home care memang sangat memberikan kemudahan kepada pengidap kondisi medis tertentu untuk menjalani pengobatan tanpa harus repot pergi ke rumah sakit. Pengidap kesehatan tertentu dapat menikmati pelayanan rawat jalan tanpa harus antri dan menghabiskan waktunya di rumah sakit. Dengan begitu, pengidap bisa fokus kepada proses penyembuhannya. Nah, ada beberapa jenis pengidap kesehatan tertentu yang membutuhkan layanan home care, antara lain:

  • Ibu Hamil Pasca Melahirkan

Bagi ibu hamil pasca melahirkan, perawatan merupakan hal yang penting dilakukan. Tidak hanya bagi ibu, tetapi penting untuk Si Kecil. Pasalnya, seorang wanita yang baru saja menjadi ibu belum mempunyai pengalaman untuk merawat diri serta bayinya. Layanan ini juga dibutuhkan bagi ibu yang melahirkan bayi dengan proses operasi caesar. Home care akan merawat luka pasca operasi hingga mengering dan sembuh. Pada bayi, pelayanan kesehatan pasca melahirkan juga termasuk pemutusan tali pusat bayi.

  • Pengidap Kondisi Kesehatan Pasca Operasi

Seseorang dengan kondisi medis tertentu seperti gagal jantung, paru-paru kronis, gangguan fungsi kemih, dan stroke akan membutuhkan layanan home care pasca operasi guna membantu proses penyembuhan dengan melakukan pengobatan di rumah. Dengan begitu, pengidap kondisi medis tertentu bisa tenang dan nyaman menjalani proses penyembuhannya, karena berada dekat dengan keluarga tercinta.

Baca juga: 6 Tips Merawat Kulit Sensitif

  • Orang Lanjut Usia

Seseorang yang telah berusia lanjut memang membutuhkan bantuan orang lain dalam mengurus keperluan pribadinya, karena keterbatasan yang dimiliki. Selain karena faktor usia yang semakin menua, biasanya seseorang yang telah berusia lanjut juga memiliki penyakit tertentu, seperti stroke, jantung, atau diabetes. Dengan layanan home care, pengidap lansia dapat menjalani proses pengobatan sambil menikmati perawatan di rumah.

  • Pengidap Luka yang Membutuhkan Perawatan Berkala

Pengidap luka berat seperti diabetes tidak memungkinkan untuk melakukan perawatan ke rumah sakit karena luka yang dialaminya. Nah, layanan home care dengan perawat profesional akan datang ke rumah guna mempercepat proses penyembuhan dengan hasil yang maksimal.

Selain dengan kepercayaan, uniknya layanan home care ini dapat membentuk ikatan batin antara perawat dan peserta pelayanan home care. Dengan layanan yang ramah tamah, bisa jadi akan mengurangi efek sakit yang dialami oleh peserta. Tidak hanya itu, peserta bahkan bisa saja menganggap perawat adalah salah satu bagian dari keluarganya karena kenyamanan dan tingkat perawatan baik yang diterimanya.

Baca juga: Begini Cara Tepat Mengganti Perban untuk Luka Bekas Jahitan

Dalam banyak kasus, perawat layanan home care bahkan dapat membantu meningkatkan moral peserta dan membantu dalam proses penyembuhan. Kamu bisa langsung membuat janji dengan layanan home care pilihan kamu di Halodoc. Dengan layanan ini, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan seperti di rumah sakit tanpa perlu repot keluar rumah. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!