• Home
  • /
  • Siapkan 4 Hal ini Sebelum Liburan Akhir Tahun

Siapkan 4 Hal ini Sebelum Liburan Akhir Tahun

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
siapkan-4-hal-ini-sebelum-liburan-akhir-tahun-halodoc

Halodoc, Jakarta - Liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tentunya ketika merencanakan liburan, kamu akan mengaturnya sedemikian rupa supaya berjalan lancar. Karenanya kamu harus mempersiapkan rencana perjalanan sedetail mungkin.

Selain mempersiapkan rencana perjalanan, kamu pun harus mempersiapkan kondisi kesehatanmu. Kamu enggak mau kan ketika liburan nanti kamu malah sakit? Supaya kamu tidak sakit saat liburan akhir tahun, coba persiapkan beberapa hal berikut!

1. Cari Tahu Cuaca dan Situasi Lingkungan Destinasi

Sebelum berangkat ke destinasi yang dituju, wajib hukumnya mencari tahu cuaca dan situasi lingkungan setempat. Apakah destinasi yang kamu tuju sedang musim semi, panas, gugur, ataupun dingin. Update pula berita-berita tentang wilayah setempat, apakah cuaca yang sedang terjadi menyebabkan bencana tertentu.

Mengetahui cuaca yang sedang terjadi di tempat tujuan juga akan menentukan pakaian yang harus kamu bawa. Pasalnya, pakaian akan menyesuaikan cuaca di tempat tujuan. Misalnya kamu akan mengunjungi negara yang sedang mengalami musim dingin, jaket dan pakaian tebal pun wajib untuk dibawa. Jangan sampai kamu salah membawa pakaian dan mengalami masalah kesehatan karenanya.

Baca juga: 4 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Hidup Sehat

Cari tahu juga apakah lingkungan di destinasi liburan kamu memiliki lingkungan yang bersih atau tidak. Mulai dari penginapan, toilet umum, makanan, dan sebagainya. Tentu kamu harus menyesuaikan keadaan setempat dan itu jugalah yang menjadi tantangan liburan. Setidaknya kamu sudah mengetahuinya lebih awal dan bisa mempersiapkannya. Misalnya kamu perlu membawa tisu basah, hand sanitizer, tisu kering, obat nyamuk, dan sebagainya.

2. Periksa Kesehatan

Sebelum liburan akhir tahun, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa kondisi kesehatanmu dalam keadaan stabil. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan untuk memastikan gangguan kesehatan dapat dikelola seperti yang diharapkan.

  1. Vaksin

Saat kamu memeriksakan kesehatan ke dokter, biasanya dokter memerlukan informasi terperinci mengenai rencana perjalananmu, mulai dari riwayat vaksinasi masa kecil, riwayat medis, dan obat-obatan. Imunisasi hepatitis dan vaksin lainnya mungkin perlu dilakukan untuk mencegah adanya penyakit menular yang bersifat endemik.

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

3. Siapkan Obat-Obatan

Obat-obatan dan suplemen adalah salah satu yang wajib kamu siapkan saat liburan. Terutama suplemen yang sifatnya antioksidan, karena suplemen seperti ini sangat direkomendasikan untuk hampir semua tujuan. Salah satu suplemen antioksidan yang dapat berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari antioksidan selama liburan adalah Astria.

Suplemen satu ini memiliki kekuatan antioksidan alami 550 kali lipat lebih besar dari vitamin E dan 6.000 kali lipat lebih besar dari vitamin C. Kandungan yang terdapat dalam Astria pun berasal dari bahan-bahan alami yang tidak menyebabkan efek samping apapun.

Astria terdiri dari kandungan astaxanthin, yaitu jenis karotenoid yang dapat ditemukan di lingkungan alam. Astaxanthin memiliki kandungan antioksidan 10 kali lipat lebih kuat dibandingkan beta-karoten di dalam kandungan wortel. Keunggulan lainnya dari suplemen Astria adalah antioksidan tersebut tidak menghasilkan pro-oksidan atau radikal bebas yang baru.

Baca juga: Keasyikan Liburan, Hati-Hati Post Holiday Blues

Astria juga merupakan satu-satunya suplemen antioksidan dengan kemurnian 10 persen lebih merah dalam bentuk oil. Selain itu, keunggulan Astria adalah melawan berbagai jenis radikal bebas yang dapat menyerang tubuh dan mungkin terjadi saat liburan akhir tahunmu.

Maka dari itu, penting untuk menyimpan dan selalu membawa suplemen Astria dalam tas liburanmu. Sebelum berangkat, kamu bisa dengan mudah membeli suplemen Astria melalui fitur beli obat di aplikasi Halodoc. Kamu bisa membeli suplemen Astria dan produk kesehatan lain dengan mudah hanya dalam satu aplikasi. Praktis kan? Ayo, download Halodoc segera di App Store atau Google Play!

Referensi:

The Conversation. Diakses pada 2019. Prepare for a healthy holiday with this A-to-E guide