Siapkan 8 Hal Ini sebelum Liburan Natal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
siapkan-8-hal-ini-sebelum-liburan-natal-halodoc

Halodoc, Jakarta – Hari Natal sebentar lagi tiba! Bukan hanya merupakan hari yang penting bagi umat Kristiani, libur Natal juga bisa menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Tentunya kamu juga ingin agar perayaan Natal kamu berjalan dengan lancar dan berkesan kan? Karena itu, yuk perhatikan hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum liburan Natal di sini.

1. Siapkan Bujet

Pikirkan berapa bujet yang akan kamu keluarkan untuk liburan natal kali ini? Bujet ini sudah harus meliputi uang untuk membeli hadiah, dekorasi, makanan, dan juga kartu Natal. Jangan sampai ada satu pun yang ketinggalan, agar kamu bisa menyiapkan uang yang dibutuhkan. 

2. Siapkan Daftar Hadiah yang Ingin Kamu Berikan

Selanjutnya, buatlah daftar orang-orang yang ingin kamu berikan hadiah tahun ini. Ingat untuk memasukkan keluarga, teman-teman, rekan kerja, tetangga, dan lain-lain. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Kamu juga bisa sekalian mencatat hadiah apa yang ingin diberikan kepada masing-masing orang, seperti parsel makanan, baju hangat, dan lain-lain. 

Baca juga: 8 Hadiah Natal Unik Sekaligus Sehat

3. Siapkan Dekorasi Natal

Sekarang juga adalah waktu yang tepat untuk memeriksa dekorasi natal apa yang kamu punya dan ingin kamu apakan dekorasi tersebut? Apakah harus ada yang diganti atau beli yang baru? Kamu bisa mulai mencari di Pinterest ide-ide dekorasi natal yang bagus, sehingga bisa mendapat bayangan untuk menggunakan dekorasi yang kamu punya atau mungkin harus membeli beberapa tambahan dekorasi baru.

4. Memeriksa Harga di Pasaran

Nah, setelah kamu sudah menyusun bujet dan daftar orang-orang yang akan diberi hadiah, sekarang waktunya untuk memeriksa harga di pasaran. Kamu tentunya ingin mendapatkan penawaran harga terbaik begitu diskon liburan dimulai. Jadi, mulailah berkeliling ke beberapa tempat untuk mencari tahu kisaran harga normal dari barang-barang yang ingin kamu beli. Dengan begitu, lebih mudah bagi kamu untuk mengetahui mana penawaran harga yang terbaik.

Baca juga: Awas Kalap Harbolnas, Kenali Compulsive Shopping Disorder

5. Merencanakan untuk Membuat Hadiah Sendiri

Apakah ada hadiah yang ingin kamu buat sendiri tahun ini? Bila ada, kamu mungkin harus mempersiapkan waktu jauh-jauh hari untuk hal tersebut. Jangan tunggu sampai menit-menit terakhir, karena proyek membuat hadiah handmade membutuhkan waktu, energi dan usaha yang banyak. Pilihlah tanggal untuk mengerjakan hadiah handmade tersebut sebelum musim liburan yang padat dimulai.

6. Isi Stok Makanan di Rumah

Apakah perayaan Natal kali ini, kamu ingin mengundang orang-orang untuk berpesta di rumah? Atau kamu hanya ingin bagi-bagi bingkisan kue pada orang-orang? Apapun rencana kamu, kamu perlu mengisi kulkas dan dapur dengan bahan-bahan makanan, seperti gula, tepung, keripik cokelat, dan beberapa makanan kaleng yang bisa disajikan untuk makan malam di liburan Natal nanti. Belilah bahan-bahan makanan tersebut jauh-jauh hari agar kamu dapat menghemat uang dan mendapatkan semua yang kamu butuhkan sebelum hari raya nanti. Namun, ingat untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya ya.

7. Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Liburan Natal memang dimaksudkan untuk dirayakan bersama dengan keluarga dan teman-teman. Namun, kadang-kadang kita terlalu tenggelam dalam keriaan dan semua aktivitas pesta, sehingga akhirnya kita menjadi terlalu lelah untuk menikmati liburan yang masih tersisa. Jadi, kosongilah beberapa waktu khusus bagi kamu sendiri sebelum jadwal liburan kamu penuh dengan acara. Pastikan kamu tidak kewalahan dan masih punya waktu untuk bersantai dan melakukan sesuatu yang kamu sukai. Percayalah, tips ini akan membantu kamu tetap “waras” selama liburan Natal ini.

8. Lengkapi Persediaan Obat

Untuk berjaga-jaga bila kamu atau anggota keluarga lain sakit, penting juga untuk melengkapi persediaan obat yang kamu butuhkan di rumah. Obat-obatan yang wajib kamu sediakan, antara lain obat sakit perut, antibiotik, obat sakit kepala, obat alergi, dan lain-lain.

Baca juga: Keasyikan Liburan, Hati-Hati Post Holiday Blues

Nah, itulah 8 persiapan Natal yang perlu kamu lakukan. Jangan sampai liburan Natal kamu terganggu karena sakit. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama liburan. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
Sparkles of Sunshine. Diakses pada 2019. 8 Things To Do Now To Prepare For The Holidays.