31 May 2018

Siasati Kebutuhan Nutrisi dalam Program Diet Vegetarian

Siasati Kebutuhan Nutrisi dalam Program Diet Vegetarian

Halodoc, Jakarta — Apa sih diet vegetarian? Kebanyakan orang melakukan diet ini dengan cara yang salah. Diet vegan atau diet vegetarian total benar-benar hanya memperbolehkan kamu mengonsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Jenis diet vegetarian lainnya, yaitu lactovegetarian memperbolehkan adanya produk dairy dan keju. Kalau ovo-lactovegetarian juga memperbolehkan menu yang mengandung telur. Sementara semi-vegetarians tidak mengonsumsi daging merah, tetapi boleh makan daging ayam dan ikan bersama dengan produk nabati, dairy, dan telur.

(Baca juga: Gaya Makan Baru, Inilah 5 Nutrisi Dasar bagi Vegan)

Kebanyakan program diet vegetarian sedikit atau tidak mengandung makanan hewani. Karena itu, program diet ini biasanya juga rendah lemak dan kalori. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menjalani pola makan vegetarian punya risiko lebih rendah terkena obesitas, penyakit jantung koroner, darah tinggi, diabetes dan kanker.

Meski begitu, untuk menjalani program diet vegetarian yang benar-benar sehat dan baik untuk kesehatan, kamu perlu memperhatikan dan menghitung jumlah nutrisi yang ada dalam menu-menu makanan yang kamu konsumsi.

Karena menu makanan yang bisa masuk ke dalam program diet vegetarian cukup terbatas, kadang kamu perlu mencari nutrisi tambahan dari makanan lain. Tapi kamu enggak perlu khawatir! Nutrisi tambahan ini bisa kamu dapatkan dari vitamin atau suplemen kesehatan, kok!

Nah, sekarang kita lihat yuk, nutrisi apa saja yang perlu kamu pertimbangkan untuk kesehatan selama menjalani diet vegetarian!

Protein. Sumber makanan yang kata protein biasanya adalah sumber hewani. Meski begitu, protein nabati juga cukup, lho, untuk memproduksi asam amino untuk tubuhmu selama asupan kalorimu cukup untuk memberikan energi. Salah satu alternatif sumber protein yang baik adalah produk kedelai. Kamu juga bisa menambah asam amino di dalam tubuhmu dengan mengonsumsi gandum utuh, sayuran dan kacang-kacangan.

Orang-orang yang menjalani diet vegetarian juga lebih berisiko kekurangan mineral dibandingkan dengan orang yang makan normal karena sumber makanan yang kaya akan mineral adalah daging merah, hati dan kuning telur. Sebagai pengganti makanan ini, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan kering, bayam, dan buah-buahan kering.

(Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan)

Beberapa nutrisi yang sulit didapatkan dalam program diet vegetarian adalah vitamin B-12 dan kalsium. Siasati kekurangan ini dengan mengonsumsi suplemen khusus. Kamu bisa dapatkan suplemen ini di aplikasi Halodoc. Cara pembeliannya sangat mudah, kok! Kamu hanya perlu order melalui aplikasi dan pesananmu akan dikirimkan ke tempat tujuan dalam satu jam. Kalau masih bingung vitamin apa yang kamu butuhkan, kamu bisa tanya dulu ke dokter melalui aplikasi ini. Selain itu, kamu juga bisa cek lab, lho! Ayo, segera download aplikasinya di App Store atau Google Play!