18 June 2018

Silaturahmi Pakai High Heels, Bolehkah?

Silaturahmi dengan heels, Lebaran

Halodoc, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri merupakan momen spesial yang ditunggu-tunggu oleh muslim di seluruh dunia. Pada momen ini, kita diberi kesempatan untuk kembali lagi lahir sebagai manusia baru. Bertepatan dengan momen tersebut, pastinya kita juga ingin menampilkan diri kita dengan penampilan terbaik. Berbagai upaya pun dilakukan, mulai dari memilih pakaian terbaik, sampai dengan memilih sepatu terbaik.

Begitu pun dengan kaum hawa, pastinya ingin menampilkan yang terbaik, termasuk dalam pemilihan sepatu. Sepatu hak tinggi atau high heels pun menjadi pilihan untuk tampil terbaik di hari spesial. Tidak hanya high heels dapat membuat postur menjadi tampak lebih baik, tetapi juga dapat mendatangkan kesan anggun bagi yang memakainya.

Namun, memakai high heels saat Lebaran dapat menjadi sebuah tantangan. Sebab, bersilaturahmi saat lebaran akan memakan banyak waktu dan membuat tubuh kita lelah. Begitu pun dengan pemakaian high heels saat silaturahmi akan membuat kaki lebih cepat lelah. Lalu, amankah silaturahmi memakai high heels? Berikut penjelasannya.

Kenapa Kaki Mudah Lelah saat Menggunakan High Heels?

Silaturahmi menggunakan high heels sebenarnya boleh-boleh saja. Lagian, tidak ada salahnya kan ingin menampilkan diri sebagai yang terbaik di hari spesial. Namun, perlu diperhatikan juga kesehatan kaki saat memakainya. Sebab, dengan menggunakan high heels, kaki cenderung lebih cepat lelah. Bahkan, kaki akan terasa sakit jika menggunakan high heels terlalu lama. Lalu, apakah sebenarnya yang menyebabkan kaki mudah lelah dan sakit saat menggunakan high heels?

Seperti yang dilansir dalam Huffington Post, seorang podiatrist bernama Emily Splichal mengatakan bahwa kaki adalah fondasi bagi tubuh. Ketika seseorang memakai high heels, maka pusat keseimbangan tubuh akan berubah. Di samping itu, penggunaan high heels juga dapat memengaruhi ketegangan pada tulang belakang, pinggang, pinggul, dan lutus. Semakin tinggi hak sepatu yang digunakan, semakin tinggi juga tegangan yang dialami tubuh. Dengan adanya perubahan pusat keseimbangan ditambah dengan tegangan di berbagai bagian tubuh, maka tak heran jika menggunakan high heels akan membuatmu cepat lelah dan sakit pada kaki.

Panduan Penggunanan High Heels

Meskipun dapat menimbulkan kelelahan dan rasa sakit, tidak akan menghentikan begitu saja bagi para hawa untuk silaturahmi dengan menggunakan high heels. Sebab, untuk memberikan yang terbaik memang memerlukan pengorbanan. Namun tidak perlu khawatir, karena ada panduan khusus menggunakan high heels yang tidak terlalu membuat lelah dan sakit.

  1. Jangan gunakan hak yang terlalu tinggi. Memang sih semakin tinggi high heels, maka kesan anggun akan semakin terlihat bagi yang memakainya. Namun, kesehatan kaki juga penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, gunakanlah sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi, yaitu tidak lebih dari 7 sentimeter.
  2. Hindarilah stiletto, sebab hak yang tipis tidak akan bisa menopang beban tubuh dengan baik. Gunakanlah sepatu dengan hak yang tebal supaya kaki kamu terasa lebih nyaman saat memakainya. Sepatu dengan hak tebal dapat menopang tubuh kamu secara merata dan lebih stabil ketimbang stiletto. Sebagai solusi lainnya juga, kamu bisa memilih sepatu dengan hak dengan model platforms atau wedges.
  3. Gunakan high heels dengan bantalan yang lunak. Bantalan dalam sepatu berfungsi sebagai peredam getaran yang terjadi ketika kaki kita berjalan. Selain itu, bantalan dalam sepatu juga berfungsi mengurangi ketegangan pada lutut. Dengan begitu, bantalan yang nyaman dan lunak akan membuat risiko kaki pegal dan lelah menjadi berkurang.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan kakimu? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat menanyakan apakah silaturahmi menggunakan high heels aman atau tidak dengan dokter melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!