Step by Step Makeup yang Tepat untuk Riasan Natural

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
riasan natural, make up natural

Halodoc, Jakarta – Sebagian orang mungkin merasa tidak percaya diri jika beraktivitas tanpa menggunakan riasan wajah alias make up. Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu ingin selalu tampil cantik dan menawan. Namun, terkadang kamu mungkin merasa riasan wajah yang digunakan tidak sesuai dengan aktivitas harian. Entah terlalu glamor atau terlalu banyak memakan waktu untuk berdandan.

Namun jangan khawatir, make up dengan riasan natural bisa menjadi jawabannya. Berbeda dengan cara make up yang biasa digunakan untuk acara spesial, make up natural bisa memberi kesan cantik tapi tidak berlebihan. Lantas, bagaimana sih step by step untuk mendapatkan riasan yang natural untuk tampilan sehari-hari?

1. Bersihkan Wajah

Langkah pertama sebelum mulai memoles wajah dengan make up adalah membersihkannya. Untuk mendapatkan riasan yang natural, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kelembapan wajah. Sebelum mengaplikasikan make up, selalu bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka khusus, dan lengkapi dengan penggunaan pelembap setelahnya.

Pilih jenis produk yang paling sesuai dan dibutuhkan kulit wajah. Bisa gunakan moisturizer yang memiliki tekstur ringan dan cocok dengan cuaca panas, sehingga aktivitas harian tidak akan terganggu.

2. Foundation yang Ringan

Mendapatkan tampilan yang natural dan cocok dengan aktivitas harian sebenarnya adalah hal yang susah-susah gampang. Pasalnya, jika kamu salah memilih warna, malah bisa menghasilkan riasan yang tidak sesuai dengan keinginan.

Selain pemilihan warna, kamu juga harus memilih jenis foundation yang paling sesuai untuk riasan natural. Pilihlah jenis foundation yang memiliki tekstur cair dan ringan. Salah satu pilihan terbaik adalah foundation yang berbahan dasar air.

3. Concealer Secukupnya

Salah satu bagian wajah yang sangat butuh “bantuan” concealer adalah area bawah mata. Namun untuk riasan natural, sebaiknya pilih produk concealer dengan coverage medium. Tujuannya adalah agar tidak memberi kesan penyamaran yang berlebihan untuk kulit.

Riasan natural juga bisa didapat dengan mengaplikasikan concealer menggunakan jari di bagian cekungan mata saja. Pakai secukupnya saja dan baurkan dengan tangan sambil menepuk-nepuknya.

4. Say No to Contouring

Alih-alih contouring, penggunaan blush-on rasanya lebih cocok untuk mendapat hasil riasan yang natural. Kamu bisa memilih blush-on dengan warna oranye dan aplikasikan di bagian pipi sambil tersenyum, untuk menemukan tulang yang menonjol.

5. Eyeliner Tipis

Hindari penggunaan eyeliner yang berlebihan dengan bentuk terlalu tebal. Untuk mendapat riasan yang natural, pakailah eyeliner dengan cara tightline, yaitu menarik garis setipis mungkin dan sangat dekat dengan tumbuhnya bulu mata bagian atas.

Mengaplikasikan eyeliner dengan metode ini bisa membuat mata terlihat lebih tajam dan memberi kesan natural pada riasan secara keseluruhan. Agar lebih mudah, gunakanlah eyeliner yang berbentuk pensil daripada eyeliner gel.

6. Alis dan Lipstik yang Sederhana

Jika ingin mendapatkan tampilan natural, hindari menggambar alis terlalu tegas, karena bisa terlihat palsu. Cobalah untuk membuat alis dengan mengikuti garis pertumbuhannya agar terlihat lebih alami. Selain itu, sebaiknya hindari juga pemakaian lipstik secara berlebihan. Kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan lipstik menggunakan tangan agar tidak terlalu tebal, sebab itu malah membuat bibir terlihat bersemu natural.

Nah, itulah tips riasan wajah alami dan natural yang bisa kamu praktikkan. Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: