Strategi Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Strategi Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Tak sedikit orang beranggapan tubuh akan kehilangan berat badan secara alami dengan berpuasa. Benarkah demikian? Bagaimana jika kamu balas dendam saat berbuka, dengan konsumsi semua makanan berlemak, hidangan manis, dan kalap ketika makan? Bagaimana jika menu sahur tidak sehat dan langsung tidur setelahnya karena alasan mengantuk? Lalu, apakah benar puasa menurunkan berat badan dengan pola hidup yang demikian?

Tidak akan, justru yang terjadi adalah berat badan semakin melambung meski sedang berpuasa. Artinya, kamu hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, tidak berusaha untuk menurunkan berat badan, terlebih jika kamu malas melakukan olahraga. Jangan harap kamu bisa mendapatkan berat ideal ketika bulan puasa, meski ini waktu yang tepat. Nah, kalau kamu ingin berat badan ideal, ini tips menurunkan berat badan saat puasa yang bisa dicoba.

Baca juga: Puasa Malah Bikin Gemuk, Ini Alasannya

  • Kurangi Makanan atau Minuman Tinggi Gula

Berbuka dengan yang manis bukan berarti kamu harus berburu semua makanan dan minuman manis. Berbuka paling baik dengan buah kurma dan air putih. Kamu boleh berbuka dengan kolak atau teh, tetapi sebaiknya batasi asupannya, terlebih jika kamu membarenginya dengan makan kue atau camilan lain yang rasanya manis.

  • Perhatikan Nutrisi yang Kamu Makan Saat Berbuka dan Sahur

Ingin diet sukses di bulan puasa? Tingkatkan asupan protein dan serat ketika berbuka dan makan sahur. Serat membuat kamu kenyang lebih lama karena bahan makanan ini lebih lama dicerna oleh tubuh, sementara protein membantu untuk tetap berenergi selama puasa.

  • Jangan Makan Gorengan atau Hidangan Siap Saji

Rasanya, semua makanan terlihat enak ketika kamu berpuasa, terlebih pada sore hari menjelang berbuka. Apalagi gorengan dan aneka makanan siap saji. Gorengan menjadi menu berbuka yang wajib ada di Indonesia, tapi sebaiknya kamu kurangi asupannya. Gorengan akan meningkatkan kadar lemak dalam tubuh, terlebih jika konsumsinya secara berlebihan.

Baca juga: 4 Kebiasaan Saat Puasa yang Bisa Bikin Gemuk

  • Jangan Makan Berlebihan

Takut lapar ketika sahur dan kalap makan saat berbuka membuat kamu makan dalam jumlah porsi yang berlebihan. Padahal, ini hanya membuat kadar gula darah kamu naik, dan glukosa tertimbun dalam tubuh jika kamu tidak menggunakannya untuk beraktivitas. Cara menurunkan berat badan saat puasa ini cenderung terlupa, karena gelap mata yang sering terjadi menjelang berbuka. Mulai sekarang, kurangi porsi makan kamu, ya!

  • Olahraga Yuk!

Jangan malas, puasa tidak boleh menjadi alasan kamu malas beraktivitas, terutama olahraga. Jangan beranggapan bahwa olahraga ketika puasa membuat kamu mudah haus, tidak jika kamu melakukannya dalam porsi dan saat yang tepat. Tidak hanya menyehatkan, olahraga membantu menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

Baca juga: Cegah Kenaikan Berat Badan Saat Puasa dengan 5 Cara Ini

Jangan lupa, hindari begadang supaya tubuh tidak memproduksi hormon ghrelin secara berlebihan. Hormon ini membuat nafsu makan kamu meningkat, dan ini terjadi ketika kamu kurang tidur saat puasa. Ingat, kamu harus bangun di pagi hari untuk sahur, dan begadang tidak membantu.

Konsumsi juga vitamin supaya daya tahan tubuh selalu terjaga. Jangan berasalan kamu tidak sempat membelinya, karena ada aplikasi Halodoc yang siap membantu kamu kapan saja. Hanya tinggal download dan tekan layanan Beli Obat. Dalam sekejap, vitamin kamu pun telah sampai di tujuan. Pakai Halodoc, yuk!