• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Stres Bisa Memicu Sakit Jantung di Usia Muda, Apa Sebabnya?

Stres Bisa Memicu Sakit Jantung di Usia Muda, Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Stres Bisa Memicu Sakit Jantung di Usia Muda, Apa Sebabnya?

“Siapa bilang sakit jantung hanya bisa terjadi pada orang lanjut usia? Nyatanya, ada banyak faktor yang menjadi penyebab sakit jantung di usia muda. Salah satunya adalah stres yang berkepanjangan. Jadi, penting untuk bisa mengelola stres dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Pada beberapa kondisi, sedikit stres bisa jadi bermanfaat. Ini bisa membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan, atau menyelamatkan diri saat menghadapi bahaya. Namun, stres juga bisa jadi penyebab sakit jantung di usia muda, lo.

Hal ini terjadi jika stres yang dialami bersifat jangka panjang. Menurut laman American Heart Association, stres yang berkelanjutan tidak hanya berdampak pada psikologis, tetapi juga menghasilkan gejala fisik, yang bisa mengarah pada peningkatan risiko sakit jantung.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

Risiko Sakit Jantung di Usia Muda Akibat Stres

Alasan mengapa stres dapat sebabkan sakit jantung di usia muda adalah karena kondisi ini bisa memicu naiknya tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit jantung.

Stres juga dapat menjadi akar dari banyak kebiasaan buruk lain yang bisa berdampak pada kesehatan jantung. Misalnya merokok, makan berlebihan, dan kurangnya aktivitas fisik.

Menurut studi pada 2017 yang dipublikasikan di The Lancet, ditemukan bahwa stres kronis terbukti berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Dengan mengamati bagian otak yang bertanggung jawab untuk rasa takut dan stres, para peneliti menemukan hubungan antara stres dan episode penyakit kardiovaskular.

Aktivitas otak dipelajari bersama dengan aktivitas sumsum tulang dan peradangan arteri. Temuan ini menggambarkan mekanisme di mana stresor emosional dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Ketahui Pengobatan Jantung Lemah yang Dapat Dilakukan

Tips Kelola Stres dengan Baik

Karena stres bisa jadi penyebab sakit jantung di usia muda, penting untuk berusaha mengelolanya dengan baik sebelum terlambat. Berikut ini tips mengatasi stres yang bisa dicoba:

1. Atur Pola Makan Sehat

Pola makan yang buruk dapat berdampak pada stres. Makan makanan tinggi lemak dan tinggi gula dapat memberikan rasa lega sementara, tetapi bisa menambah stres jangka panjang.

Karbohidrat olahan, seperti kue kering dan keripik kentang, dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Ketika gula darah kembali turun, kamu mungkin mengalami lebih banyak stres dan kecemasan.

Jadi, cobalah atur pola makan menjadi lebih sehat, untuk membantu melawan stres dalam jangka panjang.

2. Rutin Olahraga

Olahraga rutin merupakan salah satu kunci untuk meredakan stres dan mencegah sakit jantung di usia muda. Kabar baiknya, ada banyak jenis kegiatan yang dapat mengurangi stres. Bergabunglah dengan gym, ikuti kelas olahraga lainnya, atau sekadar memperbanyak aktivitas fisik sehari-hari bisa membantu.

Agar bisa lebih rileks lagi, kamu bisa coba yoga. Sebab, olahraga ini menggabungkan gerakan fisik, meditasi, olahraga ringan, dan kontrol pernapasan, yang dapat menjadi penghilang stres yang sangat baik.

3. Ucapkan Terima Kasih pada Diri Sendiri

Cobalah lihat cermin, dan ucapkan terima kasih pada diri sendiri, atas semua hal yang berhasil dilalui. Ini dapat membantu kamu lebih bersyukur dan melihat segala sesuatu dengan cara yang lebih positif.

4. Luangkan Waktu untuk Me Time

Kamu mungkin sering menyusun jadwal aktivitas sehari-hari, agar semua pekerjaan bisa terselesaikan. Namun, jangan lupa untuk buat jadwal me time, ya. Tentukan kapan kamu bisa memiliki waktu senggang untuk diri sendiri.

Hal ini dapat membantu meredakan stres akibat padatnya aktivitas, dan mencegah sakit jantung di usia muda. Di waktu senggang yang sudah terjadwal itu, lakukanlah hal-hal yang kamu sukai. Bisa jadi pergi ke kafe favorit untuk sekadar membaca buku, atau merawat tanaman kesayangan.

Baca juga: 4 Tanda yang Muncul di Tubuh Saat Mengalami Stres

5. Dapatkan Dukungan Sosial

Memiliki orang-orang yang mendukung kamu dalam hidup adalah salah satu kunci untuk manajemen stres. Jika kamu merasa kekurangan dukungan emosional dan persahabatan, penting untuk mendapatkannya.

Teruslah berhubungan dekat dengan teman, anggota keluarga, dan pasangan. Kamu juga bisa memperluas jaringan pertemanan, misalnya bergabung dengan organisasi yang positif.

6. Kurangi Hal-Hal yang Menambah Stres

Terkadang, cara terbaik untuk mengurangi stres adalah dengan mengurangi atau menyingkirkan sesuatu dari hidup kamu. Singkirkan hal-hal yang menambah stres, sehingga kamu bisa merasa lebih damai.

Menonton berita, terus-menerus terhubung ke media sosial, minum alkohol, dan mengonsumsi terlalu banyak kafein, hanyalah beberapa hal yang dapat menambah lebih banyak stres dalam hidup. Cobalah untuk perlahan mengurangi atau menyingkirkannya, demi hidup yang lebih sehat.

Itulah pembahasan mengenai stres yang bisa jadi penyebab sakit jantung di usia muda, dan tips yang mungkin bisa membantu. Bila cara-cara tersebut tak kunjung membuahkan hasil, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada psikolog atau psikiater, dan memesan obat yang diresepkan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2021. Chronic Stress Can Cause Heart Trouble.
The Lancet. Diakses pada 2021. Relation Between Resting Amygdalar Activity and Cardiovascular Events: a Longitudinal And Cohort Study.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. Effective Stress Relievers for Your Life.