• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Stres Mengurus Newborn? Ibu, Lakukan 5 Hal Ini

Stres Mengurus Newborn? Ibu, Lakukan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Stres Mengurus Newborn? Ibu, Lakukan 5 Hal Ini

“Melahirkan bayi membuat hormon, fisik, emosional, psikologis dan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh mengalami perubahan. Tidak heran jika seorang ibu terkadang merasa lelah, bersemangat, frustasi, dan gembira dalam waktu bersamaan. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu stres yang perlu segera mendapat penanganan. Lantas, apa yang harus dilakukan?”

Halodoc, Jakarta - Mengurus newborn atau bayi yang baru lahir bukanlah hal yang mudah, terutama seorang ibu yang baru pertama kali melakukannya. Sejumlah perubahan pada fisik, emosional, psikologis, serta hormon terjadi akibat belum terbiasa dengan pola hidup yang baru setelah memiliki anak. Bayi yang baru lahir juga lebih sering menangis dan memiliki pola tidur yang belum menentu.

Kondisi tersebut membuat ibu merasa sangat kelelahan dan kekurangan tidur. Belum lagi jika anak terus-menerus menangis. Hal-hal tersebut akan bertumpuk pada suatu momen, sehingga gejala stres pun muncul. Tanggung jawab untuk mengasuh anak adalah pekerjaan yang benar-benar harus dilakukan tanpa henti. Maka dari itu, ibu harus tahu cara mengatasi stres saat mengurus newborn. Berikut beberapa caranya:

Baca juga: Kuku Cantengan pada Bayi, Perlukah Periksa ke Dokter?

1. Tetap Perhatikan Diri

Salah satu cara mengatasi stres mengurus newborn adalah dengan tetap memperhatikan kebutuhan diri. Perbanyak konsumsi makanan yang sehat, minum air yang banyak, dan mendapatkan udara segar. Pastikan ibu tetap tidur di malam hari dengan cara mengatur jadwal saat bayi bangun untuk ibu beristirahat. Dengan begitu, ibu dapat menekan stres yang timbul dan mempertahankan energi yang dibutuhkan untuk merawat bayi yang baru lahir.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Bayi Mengalami Hidung Tersumbat?

2. Berbagi Tanggung Jawab

ibu juga harus berbagi tanggung jawab dengan pasangan sebagai cara mengatasi stres karena mengurus newborn. Ketika merawat bayi yang baru lahir, fisik dan emosi ibu juga akan terkuras. Maka dari itu, pastikan pasangan ibu juga membantu sebagian tugas yang terkait dengan mengasuh bayi. Hal tersebut dapat membuat perasaan stres ibu menjadi lebih minim.

Ibu juga dapat meminta bantuan dari teman dan keluarga yang mungkin senang hati melakukannya. Dengan bantuan tersebut, ibu mungkin dapat beristirahat sejenak. Hal tersebut karena poin utama membesarkan bayi yang sehat dan bahagia adalah mempunyai pasangan yang bahagia. Bayi akan merasakan apabila ada sesuatu yang janggal.

3. Atur Jadwal Makan Bayi

ibu juga dapat mengatur jadwal makan bayi ibu untuk menurunkan perasaan stres yang dapat timbul. Dengan begitu, cara mengatasi stres karena mengurus newborn ini dapat benar-benar efektif untuk dilakukan. Pembuatan jadwal ini akan mempersiapkan pikiran dan tubuh ibu untuk memberikan susu ketika malam hari.

Ibu harus tahu apabila bayi yang baru lahir membutuhkan konsumsi ASI setiap dua jam, maka dari itu persiapkan segala sesuatunya. Dengan membuat jadwal, ibu tahu kapan harus memberikan susu agar anak ibu tidak secara tiba-tiba menangis di tengah malam yang mungkin mengganggu jadwal tidur.

4. Luangkan Waktu Me Time

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu memanjakan diri. Meluangkan waktu memanjakan diri bukanlah hal yang egois, karena penting guna menunjang kesejahteraan emosional ibu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berendam air hangat, membaca buku favorit, mendengarkan musik, menonton drama, pergi ke salon, atau sekedar meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal lain yang disukai. 

5. Bermesraan dengan Pasangan

Kemesraan bersama pasangan terkadang menjadi momen mahal yang sering lupa dilakukan karena sibuk mengurusi Si Kecil. Jika ibu dan pasangan tidak mengalami kendala dalam hal finansial, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan baby sitter untuk mengasuh anak sesaat. Selagi Si Kecil diasuh orang lain, ibu bisa meluangkan waktu bermesraan bersama pasangan, atau melakukan hal-hal yang sering dilakukan berdua sebelum memiliki momongan, seperti menonton film, makan atau malam.

Baca juga: Lebih Tinggi dari Orang Dewasa, Ini Suhu Normal Bayi

Itulah beberapa hal yang dapat ibu lakukan sebagai cara mengatasi stres karena mengurus newborn. Dengan beberapa cara tersebut, ibu akan menjadi lebih sehat secara fisik dan mental. Hal tersebut akan berdampak pada anak yang diasuh, karena mereka juga ikut bahagia. Jika butuh solusi lainnya, ibu bisa berdiskusi langsung dengan psikolog di aplikasi Halodoc.

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2021. Coping with stress after having a baby
Mellowed. Diakses pada 2021. How to Deal With the Stress of a New Baby.
Grow by WebMD. Diakses pada 2021. 25 Ways to Handle the Stress of a New Baby.