• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Stres Urus Anak, 5 Tips Pasangan Muda Tetap Romantis

Stres Urus Anak, 5 Tips Pasangan Muda Tetap Romantis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Momen menjadi orangtua pertama merupakan pengalaman yang menyenangkan, sekaligus melelahkan. Banyak hal yang mungkin dikorbankan agar kamu dapat mengurus anak sesuai dengan kemauan kalian berdua. Salah satu hal yang dapat terjadi adalah meningkatnya rasa stres saat mengurus anak. Hal lainnya yang dapat terjadi adalah menurunnya momen romantis berdua.

Menjaga hal-hal yang romantis untuk berdua juga tidak kalah penting agar ikatan yang ada tidak meregang. Maka dari itu, kamu harus melakukan beberapa hal yang dapat menjaga keutuhan rumah tanggamu dari gangguan yang terjadi setelah hubungan bertahun-tahun. Berikut beberapa momen romantis yang dapat kamu lakukan dengan pasangan!

Baca juga: Ibu, Begini Cara Mengajak Anak ke Dokter Tanpa Rewel

Tips Menjaga Momen Romantis dengan Pasangan

Saat telah memiliki anak setelah menikah belum lama, pasangan muda mungkin akan kesulitan untuk mengatur waktu untuk anak dan berdua. Hal tersebut menimbulkan perasaan stres saat mengasuh anak untuk pertama kali, terutama pada sang wanita. Maka dari itu, kamu harus tetap menjaga keromantisan dan keharmonisan rumah tangga. Untuk menjaga keromantisan berdua, lakukan beberapa tips romantis berikut ini:

1. Membuat Kebiasaan yang Romantis

Salah satu tips romantis ketika stres saat urus anak adalah menciptakan momen romantis dan membiasakan diri terhadap hal tersebut. Kamu dapat melakukan hal-hal yang kecil agar membuat perbedaan besar dan mempertahankan rasa cinta kamu dan pasangan. Cobalah untuk selalu tidur bersama dan saling berpelukan yang memang dibutuhkan untuk melepas penat karena stres saat urus anak.

Baca juga: 19 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Gizi Anak

2. Hindari Perselisihan

Kamu juga harus benar-benar menghindari perselisihan satu sama lain, terutama ketika sedang dalam keadaan lelah. Cobalah untuk selalu bersikap baik dan tenang, terutama ketika sedang dalam keadaan emosi. Kamu harus selalu belajar untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin tanpa rasa marah agar mendapatkan solusi yang jitu.

3. Saling Menjaga Komunikasi

Komunikasi yang baik selalu menjadi kunci keberhasilan suatu pasangan untuk tetap memiliki hubungan yang kuat. Nah, ini menjadi tips romantis selanjutnya, agar tidak ada kesalahpahaman di antara kamu dan pasangan. Jika kamu atau pasangan sedang mengalami masalah, sebaiknya segera bicarakan dan cari solusi yang tepat.

4. Liburan Berdua Saja

Kamu juga dapat berlibur dan mendapatkan waktu yang berkualitas sebagai tips untuk mendapatkan momen romantis berdua. Dengan berlibur, kamu dapat keluar dari rutinitas dan menghilangkan perasaan stres yang terjadi sehari-hari karena mengurus anak. Cobalah untuk membuatnya menjadi momen per 6 bulan agar dapat menjaga romansa untuk kamu berdua.

5. Melakukan Hubungan Seksual Romantis

Saat kamu sudah mempunyai anak, pasti melakukan hubungan intim adalah hal yang terbilang sulit untuk dilakukan. Nah, tips romantis jika stres saat urus anak selanjutnya adalah meluangkan waktu melakukan hubungan seksual romantis. Tunggulah momen yang tepat saat anak sudah tidur.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

Menjaga hubungan tetap romantis memang dapat mengurangi perasaan stres saat mengurus anak. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait hal tersebut, psikolog dari Halodoc siap membantu mencari solusi terbaik. Jadi, jangan biarkan hubungan kamu dan pasangan terlalu lama datar dan tidak bergairah, ya. Cari solusi segera dengan ahlinya.

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2021. 5 ways to keep the romance alive living in a joint family
Everyday Family. Diakses pada 2021. 3 Ways to Keep Your Marriage Romantic & Intimate (Even with Kids!)