Stress Management bagi Orangtua dengan Anak Difabel

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Stress Management bagi Orangtua dengan Anak Difabel

Halodoc, Jakarta - Anak adalah sumber kebahagian bagi hampir semua orangtua. Walau begitu, terkadang semua orang tidak dapat mengetahui masa depan dan ternyata anak yang dilahirkan mengalami kelainan. Salah satu yang dapat terjadi adalah anak memiliki disabilitas.

Memang tidak dapat dihindari orangtua dengan anak mengalami gangguan tertentu dapat menyebabkan stres. Maka dari itu, kamu sebagai orangtua juga harus melakukan stress management agar beban pikiran yang ada tidak menumpuk. Berikut pembahasan mengenai hal ini!

Baca juga: Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

Stress Management yang Bisa Dilakukan

Stres mungkin saja terjadi pada orangtua yang anaknya mengalami gangguan yang tidak biasa. Maka dari itu, kesehatan mental harus terus dijaga dengan menghindari penumpukan rasa stres yang terjadi. Salah satu cara yang efektif dan dapat dilakukan adalah dengan melakukan stress management.

Stress management adalah suatu keterampilan yang penting untuk dilakukan bagi semua orangtua, terutama apabila memiliki anak dengan kelainan ketidakmampuan belajar dan kemampuan lainnya, seperti difabel. Tekanan yang lebih besar dapat terjadi pada pasangan yang anaknya mengalami gangguan tersebut.

Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan suatu pola yang dapat mengatur tingkat stres dan menjalani hidup yang lebih bahagia dan lebih tanpa beban. Dengan mengembangkan keterampilan terhadap manajemen stres yang terjadi, kamu dapat hidup lebih baik. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Menulis Jurnal

Salah satu teknik stress management yang dapat kamu lakukan adalah menulis sebuah jurnal. Hal ini terbilang efektif untuk mengontrol stres yang terjadi dengan cara menuangkan perasaan dan menghadapi kekhawatiran yang ada. Kamu hanya perlu membutuhkan sekitar 10 menit setiap malam untuk menuliskan apa yang kamu rasakan hari itu.

Jika kamu mempunyai pertanyaan lebih lanjut terkait stress management, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa harus ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh

  1. Mengambil Waktu Rehat

Teknik stress management lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menekan perasaan negatif adalah mengambil waktu rehat sejenak. Walau begitu, kamu harus berhati-hati saat rehat karena mungkin saja akan menghilangkan emosi antara dirimu dengan anak. Orangtua dapat mencari jalan yang efektif untuk menenangkan diri sesaat.

  1. Berolahraga

Olahraga juga dapat kamu lakukan untuk meredakan perasaan tertekan yang disebabkan kelainan pada anak. Walau begitu, keluar dari rumah untuk berolahraga mungkin sulit dilakukan ketika anak ibu sangat bergantung pada orang di sekitarnya. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

  • Berjalan-jalan dengan anak ketika cuaca sedang bagus.

  • Berlatih yoga atau peregangan saat tidur siang dan tidur malam.

  • Pergi keluar untuk mencari udara segar atau berkebun.

Sangat penting untuk orangtua dengan anak mengalami difabel untuk melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan merawat anak. Hal tersebut juga untuk memastikan dirinya dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri dan tetap bahagia serta menyehatkan tubuh juga mental.

Baca juga: Terlalu Sering Stres Sebabkan 6 Penyakit Ini

Memang, membesarkan anak dengan kebutuhan khusus adalah suatu hal yang unik bagi setiap keluarga. Teknik untuk mengontrol tingkat stres yang timbul juga harus disesuaikan dengan kebutuhan tiap orang untuk keluarganya. Jika kamu tidak mempunyai keluarga terdekat yang dapat membantu, cobalah untuk mencari profesional yang dapat mengurus anak untuk sementara.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2019. Stress Management for Parents of Special Needs Children
Penfield Building Blocks. Diakses pada 2019. Effective Stress Management for Parents of Children with Special Needs