• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sudah Lama Menikah, Ini Tips Hubungan Intim Tetap Nyaman

Sudah Lama Menikah, Ini Tips Hubungan Intim Tetap Nyaman

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Hubungan intim bagi pasangan suami dan istri bukan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan seksual saja, melainkan membangun kehangatan agar berjalan dengan baik. Hubungan intim juga memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, melepaskan rasa stres, serta menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung.

Baca juga: Jaga Gairah Suami dan Istri Meski Sudah Lama Menikah, Lakukan 5 Hal Ini

Namun, terkadang usia pernikahan yang sudah cukup lama membuat pasangan suami istri kehilangan gairah seksual satu sama lain. Hal ini akhirnya mengakibatkan suami istri dapat mengalami penurunan frekuensi berhubungan intim yang memengaruhi kualitas hubungan istri. Berikut ini tips menjaga hubungan intim tetap nyaman dilakukan meskipun usia pernikahan sudah lama:

1. Selalu Menjaga Kesehatan Fisik dan Penampilan

Tidak hanya sebelum menikah, sebaiknya setelah menikah kamu tetap menjaga kesehatan fisik dan penampilan. Melansir dari laman Prevention, menjaga penampilan tetap terlihat segar dan sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar hubungan rumah tangga tetap langgeng meskipun telah berjalan lama.

Selain itu, kesehatan fisik dan kebersihan tubuh juga membuat  pasangan merasa nyaman saat melakukan hubungan intim. Jadi, tidak ada salahnya untuk rutin merawat rambut atau tubuh pada salon kecantikan. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan seputar kulit maupun sekitar organ intim, gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengatasi keluhan kesehatan yang dirasakan.

2. Atur Waktu Berhubungan Intim

Tips selanjutnya adalah menjadwalkan kegiatan seksual agar kamu dapat rutin melakukan hubungan intim. Melansir Fatherly, menjadwalkan berhubungan intim dengan pasangan membuat hubungan suami istri menjadi lebih sehat dan kebutuhan seksual kamu serta pasangan akan terpenuhi.

Selain melakukan hubungan intim, kamu bisa menjadikan waktu yang telah kalian sepakati untuk meningkatkan keintiman dan kehangatan kalian berdua dengan menghabiskan waktu berdua tanpa gadget. Dengan begitu, koneksi suami dan istri selalu terjaga dengan baik meskipun pernikahan kalian sudah memasuki usia yang cukup lama.

Baca juga: Cara Menjaga Stamina Seks Meskipun Sudah Lama Menikah

3. Coba Berbagai Variasi

Tentunya, rutinitas seksual jika dilakukan tanpa variasi menjadi hal yang monoton dan membosankan. Jika hal ini terjadi, tentunya dapat menurunkan kehangatan rumah tangga atau menghilangkan rasa nyaman saat kamu dan pasangan melakukan hubungan intim.

Tidak ada salahnya untuk mencoba variasi baru saat melakukan hubungan intim dengan pasangan. Jika umumnya kamu dan pasangan sering melakukan hubungan intim saat malam hari, coba sesekali untuk melakukan hubungan intim pada pagi hari saat tubuh masih berenergi dan segar.

4. Lakukan Foreplay Sebelum Hubungan Intim

Sebelum melakukan hubungan intim, tidak ada salahnya melakukan foreplay agar suasana hangat semakin terasa. Tidak harus berciuman, banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan foreplay sebelum melakukan hubungan intim. Melansir Prevention, kamu bisa melakukan sentuhan-sentuhan hangat kepada pasangan, misalnya membelai rambut, membelai wajah, atau memeluk pasangan dengan hangat.

Baca juga: Tips Nyaman dan Manfaat Berhubungan Intim di Usia Senja

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan intim tetap nyaman. Namun, kunjungi rumah sakit terdekat jika kamu merasakan rasa tidak nyaman saat berhubungan intim dengan pasangan meskipun telah melakukan berbagai cara di rumah

Rasa tidak nyaman saat berhubungan intim dapat disebabkan oleh berbagai faktor pemicu, seperti vagina yang kering, menopause, gangguan kesehatan, dan masalah gangguan mental.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. What You Can Do When Sex Is Painful or Uncomfortable
Prevention. Diakses pada 2020. 20 Ways To Keep The Romance Alive When You’ve Been Married for More Than a Decade
Fatherly. Diakses pada 2020. Why You Should Schedule Sex With Your Wife