Sudah Lama Tak Berolahraga? Begini Tips Memulainya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sudah Lama Tak Berolahraga? Begini Tips Memulainya

Halodoc, Jakarta - Tubuh yang sehat sebenarnya tidak sulit untuk didapatkan. Kamu hanya perlu menjaga asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi, membiasakan pola hidup sehat dengan mengurangi begadang, merokok, atau mengonsumsi minuman beralkohol, dan berolahraga. Meski sederhana dan mudah dilakukan, nyatanya masih banyak orang yang malas melakukannya.

Padahal, tak hanya menyehatkan tubuh, ada banyak manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukannya. Namun, bagaimana caranya supaya bisa semangat memulai kembali setelah lama tak berolahraga? Coba ikuti tips memulai olahraga berikut ini.

Ciptakan Motivasi Diri

Pertama, tentu saja, kamu perlu menciptakan motivasi dalam diri untuk kembali berolahraga. Tentukan tujuan yang ingin kamu capai, sekadar untuk menyehatkan tubuh, atau kamu ingin mendapatkan berat badan ideal. Studi menunjukkan adanya motivasi untuk kembali berolahraga yang digabungkan dengan realisasi memberikan hasil yang lebih signifikan.

Mulailah dari yang Paling Mudah

Coba untuk mengawali olahraga dari yang paling mudah terlebih dahulu supaya kamu tidak mudah bosan. Lama tak berolahraga pasti masih menyisakan rasa malas, meski kamu sudah mendapatkan motivasi dan memulainya kembali. Awali olahraga pertama dengan berjalan kaki, jogging, atau berenang.

Buat Jadwal

Selanjutnya, buat jadwal berapa kali dalam seminggu kamu berolahraga. Jika kamu memilih berjalan kaki atau jogging, maka waktu terbaik adalah setiap pagi hari selama 30 menit sebelum kamu mulai bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Sementara itu, jika kamu memilih berenang, lebih baik berenang tiga kali seminggu atau satu sampai dua kali seminggu sudah cukup.

Jangan menunggu sampai kamu memiliki waktu luang untuk berolahraga, karena kesibukan yang kamu miliki membuat waktu terasa kurang untuk berolahraga. Buat jadwal untuk berolahraga, dengan begitu kamu tidak memiliki alasan terlalu sibuk atau tidak punya cukup waktu. Begitu pula saat akhir pekan tiba, rasa malas pasti sering kamu alami karena di hari kerja kamu kurang tidur dan kelelahan. Jadi, buatlah waktu untuk kamu olahraga.

Pilih Olahraga yang Disukai

Meski terbilang olahraga murah dan mudah, olahraga seperti jalan kaki atau lari belum tentu disukai semua orang. Jika kamu tidak menyukainya, kamu tidak semangat menjalaninya. Maka, lakukan olahraga yang kamu senangi. Misalnya, kamu lebih suka bersepeda, maka bersepedalah atau jika kamu lebih menyukai yoga, maka pilih yoga, karena melakukan olahraga yang disukai meningkatkan semangatmu.

Tidak Perlu Terburu-Buru

Jangan pernah terburu-buru dalam memulai berolahraga hanya karena ingin tujuanmu tercapai, karena jika kamu telah mencapainya dalam waktu singkat, kamu akan berhenti lagi melakukannya. Selalu ingat bahwa semua ada prosesnya, dan tidak pernah bisa dicapai dalam waktu singkat. Terburu-buru atau terlalu keras berlatih dapat membuatmu cepat bosan.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jenis olahraga yang bisa kamu lakukan. Kamu tak perlu bertatap muka, karena melalui layanan Tanya Dokter dari aplikasi Halodoc, bertanya jawab dengan dokter semakin mudah. Namun, kamu perlu download aplikasi Halodoc di ponsel kamu terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan berbagai fitur di dalamnya.

Baca juga: