Sudah Masuk 2019, Say Goodbye pada 5 Kebiasaan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sudah Masuk 2019, Say Goodbye pada 5 Kebiasaan Ini

Halodoc, Jakarta – Tahun baru menjadi momen yang pas untuk evaluasi diri. Bukan hanya mimpi yang harus dicapai, tapi juga gaya hidup yang dijalani selama tahun 2018. Hal ini tidak boleh dianggap sepele, karena gaya hidup berpengaruh produktivitas dan tercapainya mimpi yang direncanakan di awal tahun. Lantas, apa saja kebiasaan yang tanpa disadari berdampak buruk pada kesehatan? Intip jawabannya di sini, yuk.

Baca Juga: Hati-hati! 6 Kebiasaan yang Merusak Otak

1. Terlalu Lama Main Gadget

Termasuk menggunakan laptop, bermain handphone, dan menonton TV. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Psychiatry menemukan orang yang terlalu lama menonton TV (lebih dari 3 jam per hari) cenderung memiliki kemampuan kognitif yang lebih buruk dibandingkan orang yang jarang menonton TV.

Bermain handphone terus – menerus berdampak negatif bagi kesehatan, seperti menyebabkan penyusutan otak, mudah terbawa emosi, berisiko terkena sindrom metabolik, serta menyebabkan mata tegang dan kering. Solusinya adalah bermain gadget dengan pola 20 – 20 – 20, yakni 20 menit melihat layar, lalu istirahatkan mata dengan melihat objek sejauh 20 meter selama 20 detik.

Baca Juga: Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak Milenial

2. Makan Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur seperti menunda waktu makan dan makan saat tidak lapar (ngemil) dapat memperlambat metabolisme tubuh dan memicu peningkatan asam lambung. Kebiasaan ini membuat tubuh mudah lemas dan menyebabkan maag. Sedangkan ngemil terus-menerus, terutama ngemil makanan kurang sehat memicu kelebihan kalori yang berdampak pada bertambahnya berat badan. Solusinya membuat jadwal makan teratur dan makan camilan sehat (seperti cokelat hitam, buah, dan sayuran).

3. Terlalu Lama Membuka Media Sosial

Membuka media sosial boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Beri batasan waktu untuk diri sendiri agar kebiasaan bermain media sosial tidak mengganggu aktivitas harian. Bahkan tak jarang, terlalu lama bermain media sosial berdampak negatif pada kondisi mental seseorang. Maka itu, batasi waktu bermain media sosial dan gunakan waktu luang dengan kegiatan lain, seperti membaca buku, menggambar, bermain musik, berolahraga, dan berkumpul bersama teman.

4. Duduk Terus – Menerus

Studi dari Universitas California, Amerika Serikat dan Universitas Adelaide, Australia menyebutkan semakin lama duduk, semakin menipis bagian otak yang berperan dalam membentuk ingatan jangka panjang (lobus temporalis medial). Jika dibiarkan, kebiasaan ini meningkatkan risiko penyakit demensia dan alzheimer. Cara mengatasinya dengan menerapkan posisi duduk tegak, luangkan waktu berdiri tiap dua jam sekali, atau gunakan meja kerja berdiri.

5. Begadang

Banyak faktor yang membuat seseorang begadang, mulai dari alasan pekerjaan, keasikan bermain gadget, atau sekadar tidak bisa tidur. Kebiasaan ini perlu diubah karena berdampak negatif bagi kesehatan. Begadang mengganggu jam biologis tubuh dan meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini.

Kebiasaan ini bisa diubah dengan membuat jadwal tidur harian, menghindari aktivitas fisik berat sebelum tidur, hindari konsumsi kafein, buat suasana kamar tidur kondusif dan nyaman, hindari bermain gadget sebelum tidur, dan lakukan kegiatan yang bikin rileks (seperti membaca buku dan mendengarkan lagu yang menenangkan).

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Ini Demi Jantung Sehat!

Itulah lima kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan menjelang pergantian tahun. Kalau kamu punya keluhan kesehatan saat merayakan momen tahun baru, jangan panik. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!