Sudah Punya Asuransi, Perlukah BPJS?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
sudah punya asuransi perlukah bpjs

Halodoc, Jakarta – Kalau sudah punya asuransi swasta, masih perlu enggak sih daftar BPJS? Harus diakui, pertanyaan tersebut masih sering dilontarkan oleh masyarakat. Asuransi swasta memang menawarkan banyak keuntungan dan jaminan dalam kesehatan. Enggak hanya membantu meringankan biaya perawatan rumah sakit, asuransi swasta juga menawarkan berbagai kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Jadi, untuk apa lagi daftar BPJS bila sudah punya asuransi? Eits, jangan langsung antipati dulu terhadap BPJS.

Manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan juga tidak kalah banyak dan menguntungkannya lho. Bila kamu bisa mendapatkan perlindungan kesehatan dari keduanya, mengapa tidak? Simak kelebihan BPJS di sini.    

Kelebihan Asuransi

Asuransi kesehatan memang bisa memberimu jaminan biaya kesehatan jika sewaktu-waktu jatuh sakit. Berikut beberapa kelebihan asuransi kesehatan:

  • Tidak perlu rujukan dari faskes. Pemilik polis asuransi bisa langsung menuju klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan kesehatan.

  • Premi bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan.

  • Beberapa asuransi kesehatan memberikan manfaat asuransi jiwa bagi pesertanya.

  • Ada sistem reimbursement bagi asuransi yang tidak bekerja.

Kelemahan Asuransi

Selain keuntungan-keuntungan di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan kelemahan dari asuransi berikut ini:

  • Untuk memperoleh fasilitas lengkap, kamu perlu membayar iuran premi yang tergolong mahal.

  • Semakin tua usia, semakin mahal preminya.

  • Ada perbedaan premi antara perokok dan non-perokok.

  • Asuransi swasta tidak menanggung penyakit bawaan dan juga penyakit yang sudah ada sebelum seseorang mendaftar asuransi. Asuransi juga umumnya meminta medical check up terlebih dahulu untuk orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit serius, kronis, dan berusia tua.

  • Ada plafon asuransi. Bila perawatan melebihi plafon, peserta wajib membayar kelebihannya.

Kelebihan BPJS Kesehatan

BPJS juga memiliki segudang manfaat. Dengan memiliki BPJS Ketenagakerjaan, kamu enggak perlu khawatir bila terkena PHK. Hari tua pun jadi lebih terjamin dengan adanya Jaminan Hari Tua (JHT). Berikut manfaat yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan:

  • Iuran premi termasuk murah. Untuk kelas III hanya dipungut biaya Rp 25.500, kelas II Rp51.000, dan kelas I Rp 80.000 per bulan.

  • Tidak ada perbedaan premi antara perokok dan non-perokok.

  • Layanan kesehatan yang didapat mencakup rawat jalan, rawat inap, rawat gigi, mata, dan persalinan.

  • Tidak ada syarat untuk pre-existing condition. Jadi, penyakit bawaan tetap ditanggung.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang BPJS

Kelemahan BPJS Kesehatan

Di samping kelebihan-kelebihan tersebut, BPJS Kesehatan juga tidak luput dari kelemahan. Berikut kelemahan BPJS Kesehatan yang perlu kamu tahu:

  • Ada prosedur rujukan berjenjang. Jadi, kamu perlu mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I terlebih dahulu untuk bisa dirawat di rumah sakit.

  • Antre. Sudah bukan rahasia lagi bila peserta BPJS Kesehatan harus antre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

  • Tidak semua obat akan diberikan. Umumnya, hanya obat generik lah yang biasanya diberikan kepada peserta.

  • Belum semua rumah sakit bekerjasama dengan BPJS.

Baca juga: Begini Prosedur Rawat Jalan dengan BPJS

Jadi, Perlukah Daftar BPJS?

Baik BPJS Kesehatan maupun asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, enggak ada salahnya bila kamu memiliki keduanya karena bisa saling melengkapi. Memiliki asuransi dan BPJS Kesehatan tentu bakal membawa lebih banyak keuntungan dan manfaat. Misalnya, kamu atau keluarga sedang membutuhkan perawatan cepat, maka gunakan saja asuransi. Beberapa perusahaan asuransi swasta juga memberikan manfaat double claim. Jadi, walaupun kamu sudah menggunakan BPJS, perusahaan asuransi tetap akan membayarkan biaya klaim. Pastikan juga BPJS berkoordinasi dengan perusahaan asuransi pilihanmu, sehingga manfaat yang kamu terima bisa semakin maksimal.

Baca juga: Ibu Hamil Harus Tahu Prosedur Penggunaan BPJS

Jadi, jangan ragu untuk mendaftar BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang kamu butuhkan. Bila kamu sakit dan butuh saran dokter, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.