• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Suka Fitness? Ini Suplemen yang Mesti Diketahui

Suka Fitness? Ini Suplemen yang Mesti Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih atletis dan proporsional, selain dengan rajin fitness, mengonsumsi suplemen ternyata juga dapat menunjang program pembentukan tubuhmu lho. Agar tujuanmu berolahraga tercapai, kamu disarankan untuk memililh jenis suplemen fitness yang tepat dan mengonsumsi secara rutin sesuai dosis yang dianjurkan. Yuk, kenali dulu berbagai suplemen fitness berikut dan manfaatnya

1.  Whey
Suplemen fitness jenis Whey memiliki kandungan protein hewani yang tinggi. Berasal dari susu, suplemen Whey akan membantu proses tubuh membentuk masa otot dengan memberikan asupan protein yang cukup. Biasanya suplemen Whey dikonsumsi setelah latihan atau selesai melakukan fitness, agar otot yang sedang kelelahan akan langsung terisi kembali dan membuat masa otot terbentuk dengan cepat.

2.  Gainer
Karena memiliki komposisi yang paling lengkap, yaitu protein, karbohidrat dan juga kalori yang cukup tinggi, suplemen fitness jenis Gainer sangat cocok untuk kamu yang ingin menambah berat badan. Suplemen Gainer akan memberikan asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan protein untuk membentuk masa otot tubuh. Jadi, mengonsumsi suplemen Gainer dapat membuat tubuhmu lebih berisi dengan bertambahnya masa otot, dan bukan karena timbunan lemak.

3.  Creatine
Jika kamu sering merasa cepat lelah saat sedang fitness, kamu bisa mengonsumsi suplemen jenis creatine ini sebelum melakukan latihan atau fitness. Suplemen ini mengandung asam amino yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk memasok energi bagi otot dan mencegah kelelahan otot terjadi terlalu cepat selama latihan. Jika otot tidak cepat merasa lelah, maka akan semakin banyak lemak yang terbakar dan masa otot akan semakin meningkat.

4.  Fat Burner
Seperti namanya, suplemen fitness jenis fat burner bertujuan untuk membakar lemak sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Suplemen jenis ini aman untuk dikonsumsi sebagai penurun berat badan, selama kamu mengikuti anjuran dosisnya. Cara kerja suplemen fat burner adalah dengan mengoptimalkan sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga tubuh tidak hanya menjadi lebih langsing, tapi juga sehat dan segar.  

5.  BCAA
Suplemen fitness BCAA dikonsumsi setelah selesai latihan atau fitness untuk menjaga agar otot-otot tidak mengalami penyusutan. Jadi, otot yang sudah terbentuk sebagai hasil latihan, dapat tetap terjaga dengan mengonsumsi suplemen BCAA.

Tips Mendapatkan Manfaat yang Optimal Dari Suplemen:
Jika sudah mengetahui jenis-jenis suplemen pendukung fitness, maka hal-hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara mendapatkan manfaat yang optimal dari suplemen:

  • Ketika mengonsumsi suplemen fitness, pastikan kamu mengikuti dosis dan aturan yang dianjurkan. Jangan menambah dosis pemakaian dengan sembarangan, agar tidak membahayakan kesehatan.
  • Pada dasarnya, suplemen adalah penunjang dari latihan yang kamu lakukan. Kamu tetap harus melakukan latihan atau fitness secara rutin, kemudian dibantu dengan mengonsumsi suplemen secara teratur juga untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman.
  • Selain rajin fitness dan mengonsumsi suplemen, hal selanjutnya yang tidak boleh diabaikan adalah mengonsumsi makanan. Makanan yang kamu makan setiap hari akau memengaruhi keberhasilan pembentukan tubuh yang kamu lakukan. Jadi, kurangi makan makanan berlemak dan berkalori tinggi


Kamu bisa bertanya seputar diet dan nutrisi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.