15 August 2018

Suka Ngopi? Coba Cicip Manfaat Green Coffee

manfaat green coffee, green coffee, kopi hijau

Halodoc, Jakarta - Bagi penduduk Jakarta, tren es kopi kini telah melanda berbagai kalangan, baik itu anak muda maupun para pekerja kantoran. Mengutamakan kualitas dari biji kopi lokal dan campuran gula alami, para penggemar kopi mana yang tidak tertarik untuk mencoba beragam jenis es kopi kekinian yang memanjakan lidah tersebut.

Selain membuat tubuh merasa segar saat hendak menjalani hari, ternyata kopi baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sementara, untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan hanya minum kopi, green coffee mungkin bisa jadi pilihan tepat untukmu.

Green coffee yang dimaksud adalah biji kopi yang tidak masuk proses pemanggangan atau proses lain yang membuat warnanya berubah hitam. Menurut beberapa penelitian, green coffee ini masih memiliki kadar asam klorogenat yang tinggi, sehingga mampu memengaruhi metabolisme dan mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan kata lain, konsumsi green coffee akan menghindarkanmu dari risiko obesitas yang merupakan penyebab utama munculnya berbagai macam penyakit.

Baca juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat green coffee yang kamu perlu tahu:

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asam klorogenat pada green coffee memang terbukti lebih tinggi dibandingkan biji kopi yang sudah dipanggang. Nah, asam klorogenat ini berfungsi untuk membakar lemak yang menumpuk dalam tempo yang lebih cepat. Zat ini pun ampuh membakar lemak yang tertimbun dalam organ hati, sehingga mampu memperbaiki hormon yang bertugas membakar lemak. Konsumsilah dengan takaran 60 - 185 miligram per hari sebelum kamu makan.

  1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Clinical and Experimental Hypertension pada 2006 silam menunjukkan bahwa kopi hijau ampuh menurunkan tekanan darah tinggi pada 117 respondennya. Para responden tersebut disuguhi kopi hijau dengan takaran tertentu selama 28 hari. Hasilnya tekanan darah mereka menjadi berkurang.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Sama seperti kopi pada umumnya, green coffee juga memberikan efek yang sangat baik bagi suasana hati dan kinerja otak. Selain itu, kafein juga ampuh meningkatkan kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor yang memengaruhi kinerja kognitif. Jadi intinya, tidak hanya mencegahmu dari rasa kantuk, tapi green coffee juga baik untuk para pekerja kantoran yang ingin tetap fokus saat kerja serta menghindari stres dan depresi.

  1. Mengurangi Efek Radikal Bebas

Radikal bebas bisa kita dapatkan dari paparan sinar matahari, radiasi, asap rokok, asap kendaraan, bahkan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila radikal bebas ini terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan berbagai kerusakan sel dalam tubuh.

Kerusakan sel dalam tubuh mampu menyebabkan berbagai penyakit seperti kardiovaskuler, kanker, hipertensi, penuaan dini, dan lain-lain. Nah, kandungan antioksidan yang tinggi dalam green coffee ampuh melawan radikal bebas dan menjaga sel-sel dalam tubuhmu dari kerusakan.

Baca juga: Waspadai Penyakit Kronis Akibat Radikal Bebas

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat green coffee lain adalah mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan asam klorogenat juga ampuh mengurangi penyerapan karbohidrat dalam usus besar. Dengan begini, kadar gula darah menjadi terkontrol, sehingga kamu tidak mudah terserang diabetes.

Setelah mengetahui manfaat green coffee di atas, kini kamu pasti jadi ingin minum green coffee lebih sering. Eittss, meski bermanfaat, pastikan agar konsumsinya sesuai batas takaran yang direkomendasikan, ya! Jika kamu ingin membicarakan mengenai menu diet sehat lainnya, kini kamu bisa juga bicara dengan dokter di Halodoc melalui Chat dan Voice/Video Call lewat fitur Contact Doctor. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!