Suka Takoyaki? Ini Manfaat Daging Gurita untuk Kesehatan

daging gurita, manfaat daging gurita,manfaat gurita,gurita,takoyaki

Halodoc, Jakarta - Takoyaki adalah salah satu makanan asal Jepang yang biasanya menggunakan daging gurita sebagai isiannya. Biota laut yang mirip dengan cumi-cumi ini memiliki rasa dan tekstur yang sangat berbeda ketimbang boga bahari lainnya. Daging gurita memiliki rasa manis gurih yang sangat khas dengan tekstur yang kenyal tapi padat. Hal ini karena tubuh gurita hanya terdiri dari otot dan sel-sel saraf organ tubuh dan tidak memiliki struktur tulang.

Tak hanya sekedar nikmat disantap, gurita juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Di antaranya adalah protein, karbohidrat, zat besi, omega 3, omega 6, kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, selenium, vitamin A, vitamin E, dan niasin. Selain itu, daging gurita juga memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang berguna untuk menangkal serangan-serangan radikal bebas pemicu berbagai penyakit kronis.

Sebelum menyantap lezatnya daging gurita, simak dulu manfaat daging gurita yang wajib kamu ketahui berikut ini:

  1. Baik untuk Jantung

Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada boga bahari jenis moluska seperti gurita dan cumi-cumi diyakini baik untuk dikonsumsi, karena mampu memenuhi kebutuhan DHA sebanyak 500 miligram. Selain itu, kandungan omega 6-nya juga mampu memberikan pertahanan bagi tubuh dan menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, serta sel-sel saraf otak.

Baca juga: Konsumsi 7 Makanan ini untuk Jantung Sehat

  1. Mengatasi Anemia

Seperti jenis boga bahari lainnya, daging gurita juga mampu merangsang produksi dan produktivitas sel-sel darah merah. Ini terjadi karena kandungan vitamin B12-nya cukup tinggi dibanding boga bahari jenis lain. Vitamin B12 sendiri adalah zat yang aktif dalam proses pembentukan sel-sel darah merah serta menjaga sistem saraf. Dengan sel-sel darah merah yang cukup, tubuh akan selalu terjaga dan terhindar dari anemia yang menyebabkan kamu merasa lemas.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi seperti flavonoid, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, dan thiamin adalah zat penting yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut pun dapat ditemukan dalam daging gurita. Nutrisi tersebut mampu mengoptimalkan kinerja sel darah putih, sehingga tubuhmu terlindungi dari radikal bebas seperti virus, bakteri, kuman, dan mikroba berbahaya lain.

  1. Menutrisi Kulit

Kombinasi antara omega 3, magnesium, fosfor, dan protein dalam daging gurita menurut penelitian mampu mencegah risiko penuaan dini. Selain itu, kombinasi zat tadi juga mampu menjaga tingkat keasaman kulit menjadi lebih sehat dan mengendalikan produksi minyak yang berlebih. Kulit pun tampak sehat dan mendapat nutrisi dari dalam.

  1. Mencerdaskan Otak

Daging gurita juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, sebab kandungan omega 3 dan zat besi sangat baik untuk merawat kesehatan saraf otak anak. Dengan mengonsumsi daging gurita pun anak akan lebih mudah menyerap informasi selama ia dalam proses belajar. Tidak hanya itu, untuk orang dewasa, kombinasi nutrisi tadi juga efektif mencegah gangguan mental dan mengurangi risiko Alzheimer.

  1. Meningkatkan Stamina

Bagi pria yang ingin meningkatkan stamina, khususnya saat melakukan hubungan intim bersama pasangan, kamu dapat mencoba mengkonsumsi gurita yang kaya akan kandungan zat besi, kalsium, magnesium, potasium, serta fosfor. Dengan nutrisi tersebut, stamina akan maksimal dan meningkat, sehingga hubungan rumah tangga berjalan harmonis.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Tingkatkan Stamina Seksual Pria

Meski manfaat daging gurita sangat banyak, pengolahan daging gurita juga harus dilakukan dengan tepat. Terutama gurita yang memiliki tentakel, sebab besar kemungkinan jenis gurita tersebut telah terkontaminasi parasit dan bakteri berbahaya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya alergi atau keracunan, sehingga manfaat daging gurita terasa maksimal.

Untuk mengetahui makanan lain yang juga baik untuk kesehatan, kamu bisa menanyakan langsung pada dokter kapan pun kamu mau melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini akan memberikan kamu kemudahan dalam berkomunikasi mengenai segala hal tentang kesehatan dengan dokter 24/7 setiap harinya. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!