• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sumber Karbohidrat untuk Menurunkan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sumber Karbohidrat untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber Karbohidrat untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Desember 2021
Sumber Karbohidrat untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber karbohidrat dari makanan bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat. Namun, bagi kamu yang tengah menjaga berat badan, mungkin tidak semua jenis makanan berkarbohidrat bisa dikonsumsi. Biar diet sukses, pilih asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.” 

Halodoc, Jakarta – Sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh adalah makanan sehat. Seperti diketahui, ada beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan sehari-hari. Namun, hal ini mungkin sedikit berbeda bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. 

Asupan karbohidrat menjadi satu perhatian penting. Orang yang tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badan mungkin harus membatasi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Namun penting untuk diingat, membatasi bukan berarti tidak mengonsumsi sama sekali. Bagaimanapun tubuh membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi. 

Memilih Sumber Karbohidrat Terbaik 

Selama ini, nasi dikenal sebagai makanan sumber karbohidrat. Namun, sejumlah metode diet mungkin mengharuskan seseorang untuk membatasi asupan nasi. Kabar baiknya, ada jenis makanan lain yang bisa menjadi sumber karbohidrat pilihan. Beberapa di antaranya bahkan bisa membantu memaksimalkan program penurunan berat badan yang sedang dilakukan. 

Salah satu kunci sukses diet adalah memilih makanan sumber karbohidrat yang tepat. Saat sedang berusaha menurunkan berat badan, kamu bisa coba mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini bisa memberi rasa kenyang lebih lama karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencernanya. 

Dengan begitu, keinginan untuk makan berlebih bisa dihindari. Ada beberapa jenis makanan sumber karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi saat diet, di antaranya: 

  1. Ubi Jalar 

Dalam satu buah ubi jalar berukuran sedang, terkandung 27 gram karbohidrat. Kabar baiknya, jenis makanan ini bisa dikonsumsi saat sedang diet, karena bisa membantu mengatur gula darah dan mendorong metabolisme tubuh menjadi lebih cepat. Kandungan kalori dan natrium dalam makanan ini juga disebut lebih rendah. 

  1. Gandum Utuh 

Sereal gandum utuh (whole grain) juga bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat saat sedang diet. Gandum utuh yang alami diketahui memiliki kandungan lemak yang rendah, tetapi mengandung serat yang tinggi. 

  1. Kacang Hitam 

Jenis makanan sumber karbohidrat selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat diet adalah kacang hitam. Makanan ini juga kaya akan kandungan protein dan serat. Mengonsumsi makanan ini disebut bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap normal serta memberi energi yang cukup untuk membangun otot tubuh.

  1. Barley 

Barley adalah jenis biji-bijian yang kaya akan kandungan karbohidrat. Jenis makanan ini bisa menjadi pilihan pengganti nasi, sebab barley disebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar hormon yang berkaitan dengan rasa kenyang. Jika rasa kenyang bisa dipertahankan dalam jangka waktu yang lama, tentu keinginan makan berlebih bisa dihindari dan penurunan berat badan bisa didapatkan dengan maksimal. 

Pentingnya Mengatur Asupan Makanan 

Saat menurunkan berat badan, mengatur pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi adalah hal yang sangat penting. Sebab, salah satu prinsip dasar dalam penurunan berat badan adalah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh lebih besar dari jumlah kalori yang keluar. Selain membatasi asupan makanan tertentu, rutin berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara agar program diet berhasil. 

Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat juga baik untuk kebugaran tubuh. Namun, kamu bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan. Cek kebutuhan vitamin di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. How Many Carbs Should You Eat per Day to Lose Weight?
Eat This Not That. Diakses pada 2021. 24 Best Healthy Carbs To Eat For Weight Loss.