• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Sumber Omega-3 yang Penting untuk Kesehatan Bumil

4 Sumber Omega-3 yang Penting untuk Kesehatan Bumil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Tubuh ibu hamil sudah barang pasti membutuhkan lebih banyak energi, apalagi bila memasuki trimester akhir. Alasannya di masa ini, kebutuhan nutrisi Si Kecil di dalam kandungan akan mencapai titik puncaknya. Oleh sebab itu, di masa ini ibu perlu mengonsumsi makanan bergizi demi kesehatan ibu dan janin. 

Lalu, apa saja sih makanan saat yang perlu ibu konsumsi? Sebenarnya ada banyak nutrisi yang perlu ibu asup selama kehamilan, salah satunya omega-3. Omega ini memiliki beragam keistimewaan bagi bumil. Menurut beberapa penelitian, omega-3 bisa memperkecil risiko kelahiran prematur, mengurangi risiko bayi memiliki alergi, hingga mengurangi risiko penyakit jantung, baik bagi ibu maupun bayi.

Nah, pertanyaannya, makanan apa saja sih yang banyak mengandung omega-3 dan baik dikonsumsi oleh bumil? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: 4 Mitos Kehamilan dari Seluruh Dunia, Ada Benarnya Nggak Sih? 

1. Ikan dan Seafood Lainnya

Daging ikan merupakan salah satu sumber omega-3 yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu, ikan apa saja yang bisa ibu konsumsi? Banyak kok, mulai dari salmon, sarden, ikan air tawar, dan tuna.Selain ikan, omega-3 juga banyak terkandung dalam udang, kepiting, dan kerang. Namun, hal yang perlu dicatat, jangan mengonsumsi seafood yang berpotensi mengandung merkuri. 

Menurut sebuah penelitian ibu hamil yang mengonsumsi lebih banyak ikan, memiliki risiko yang lebih kecil untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir yang rendah. Tak cuma itu, nutrisi dalam ikan juga bisa meminimalkan risiko persalinan prematur maupun preeklamsia. 

2. Sayur dan Buah

Selain seafood, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan omega-3 melalui sayur-sayuran dan buah-buahan. Nah, beberapa sayur dan buah yang kaya omega-3, contohnya alpukat, bayam, kubis Brussel, hingga brokoli. 

Baca juga: 4 Tanda Kurang Gizi selama Kehamilan

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Omega-3 juga banyak terkandung dalam biji rami, biji chia, kacang kenari, kedelai, kacang hazelnut, hingga kacang almond. Agar lebih lezat, ibu bisa kok menambahkan kacang atau biji-bijian tersebut ke dalam oatmeal untuk sarapan di pagi hari.

4. Sumber Lainnya

Omega 3 tak hanya banyak terkandung dalam tiga kelompok makanan di atas. Masih banyak sumber omega-3 lainnya yang bisa ibu konsumsi. Mulai dari telur, susu, yoghurt, hingga minyak-minyak tertentu, seperti minyak kanola, minyak walnut, hingga minyak kedelai.

Ingat, Bukan Cuma Omega-3

Omega-3 memang amat penting bagi ibu dan janin, tetapi bukan berarti ibu tak memerlukan asupan nutrisi lainnya. Ingat, ibu hamil perlu mengasup berbagai makanan dengan gizi seimbang. Tujuannya jelas, demi kesehatan tubuh ibu dan janin. 

Nah, selain omega-3, asam folat merupakan salah satu nutrisi yang tak boleh dilupakan. Asam folat termasuk nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasan Si Kecil meski dalam kandungan. 

Temuan ahli dalam Journal of American Medical Association mengatakan,  Ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. Nah, kamu bisa menemukan makanan yang kaya akan asam folat pada sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kubis.

Singkat kata, makanan ibu hamil harus bergizi seimbang, yaitu kaya protein, vitamin, zat besi, asam folat, hingga kalsium. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Folic Acid and Pregnancy.  
WebMD. Diakses pada 2020. Your Omega-3 Family Shopping List.
National Institute of Health. Diakses pada 2020. Omega-3 Fatty Acids. 
Baby Center. Diakses pada 2020. Is it safe to take fish oil or other omega-3 supplements during pregnancy?