• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Supaya Kualitas Hubungan Sehat, Ini 5 Kriteria Pasangan Hidup
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Supaya Kualitas Hubungan Sehat, Ini 5 Kriteria Pasangan Hidup

Supaya Kualitas Hubungan Sehat, Ini 5 Kriteria Pasangan Hidup

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 Juni 2022

“Komitmen, kematangan emosional, keterbukaan satu sama lain, saling menghormati, dan memiliki empati adalah kriteria pasangan hidup yang baik demi mendapatkan kualitas hubungan yang sehat.”

Supaya Kualitas Hubungan Sehat, Ini 5 Kriteria Pasangan Hidup

Halodoc, Jakarta – Memilih pasangan hidup bukan hanya soal kesamaan selera, penampilan fisik, dan punya finansial yang mapan saja. Ada hal-hal penting lainnya yang perlu jadi pertimbangan supaya kamu kelak mendapatkan kualitas hubungan sehat

Saling menghormati satu sama lain dan  memiliki tujuan hidup yang sama adalah kriteria yang perlu diperhatikan saat memilih pasangan hidup. Tidak hanya saling mencintai, tapi saling melengkapi juga dibutuhkan dalam suatu hubungan. Simak selengkapnya kriteria pasangan hidup untuk mendapatkan kualitas hubungan sehat di sini!

Komitmen dan Kematangan Emosi Demi Hubungan yang Sehat

Kamu butuh alasan lebih dari cinta sebelum memutuskan akan menghabiskan seumur hidup dengan seseorang. Pasangan hidup adalah seseorang yang dengannya kamu akan berbagi nilai-nilai kehidupan, harapan, baik suka maupun duka. Jadi, salah memilih pasangan bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental. 

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Psychology Science, disebutkan bahwa pasangan menikah yang sering cemas tentang hubungan mereka kerap bertanya-tanya akan suatu hal. Misalnya, apakah pasangan mereka benar-benar mencintai mereka atau tidak. Pasangan ini pun dinilai memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih tinggi, dan tingkat sel T yang lebih rendah sehingga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. 

Kekhawatiran mengenai tentang penolakan dan apakah pasangan peduli dan berkomitmen denganmu bisa memengaruhi kesehatan dalam jangka panjang. Itulah sebabnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kriteria pasangan supaya mendapatkan kualitas hidup yang sehat. Apa sajakah itu?

1. Pentingnya Komitmen

Cinta tidak hanya tentang perasaan, melainkan juga komitmen. Ketika kamu dan pasangan benar-benar saling mencintai dan berkomitmen, maka kalian akan mengupayakan segala sesuatunya demi tetap bersama. Komitmen biasanya juga diiringi dengan memiliki prinsip dan tujuan hidup yang jelas. Jadi, temukan kualitas yang demikian dari calon pasanganmu.

2. Kematangan Emosional

Setiap orang dilengkapi dengan kekurangan dan beban emosional. Jadi, mencari kesempurnaan adalah pencarian yang sia-sia. Sebaliknya, yang semestinya kamu temukan dalam diri pasangan adalah kedewasaan emosional. 

Ini berarti seseorang yang mau berpikir dan belajar tentang diri mereka sendiri, terbuka untuk merenungkan masa lalu, dan mau berkembang di masa sekarang. Seseorang juga harus berpikir sebelum bertindak akan suatu hal. 

Dia juga tidak membiarkan emosi sesaat mengatur tindakannya. Mereka juga harus mandiri dan percaya diri, yang berarti tidak meminta kamu untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalahnya.

3. Keterbukaan Satu Sama Lain

Seiring dengan kematangan emosi, salah satu hal yang harus dicari dalam diri pasangan adalah keterbukaan. Komunikasi yang terbuka dan jujur ​​sangat penting untuk mempertahankan hubungan yang sehat. 

Ketika pasangan bersedia untuk secara terbuka berkomunikasi tentang dirinya sendiri, perasaan serta reaksi satu sama lain, itu artinya kamu dan pasangan sedang membangun fondasi kuat untuk hubungan yang berkelanjutan di masa depan. 

4. Menghormati Pasangannya 

Salah satu kualitas paling berharga yang harus dicari dalam diri pasangan adalah rasa hormat. Ketika kamu menemukan seseorang yang mendorong kamu untuk menjadi diri sendiri, kamu tidak hanya dapat merasa aman dalam hubungan tersebut, namun mengembangkan kemandirian. 

Memiliki hubungan saling menghormati dan mengembangkan kemampuan diri dapat membuat kamu dan pasangan tidak kehilangan jati diri dan bergantung pada pasangannya. 

5. Pentingnya Memiliki Empati

Empati adalah tentang mendengarkan dan memahami serta merasakan apa yang kamu rasakan.  Memiliki pasangan dengan rasa empati tidak hanya penting untuk kualitas hubungan kalian berdua, tetapi juga orang-orang di sekeliling. Hubungan yang sehat semestinya tidak hanya memberikan manfaat kepada orang yang menjalin relasi, melainkan juga teman-teman, keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

Tentunya ini hanya beberapa dari kriteria memilih pasangan untuk mendapatkan kualitas hubungan yang sehat. Kalau kamu merasa hubungan yang sedang kamu jalani terasa toxic, dan kamu ingin segera lepas darinya, kamu bisa buat janji medis ke psikolog lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. The Importance of Being … Married.
WebMD. Diakses pada 2022. Relationship Worries Can Make You Sick.
Psychalive.org. Diakses pada 2022. What to Look For in a Partner.