Supaya Tetap Menyenangkan, Ini Tips Traveling Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Supaya Tetap Menyenangkan, Ini Tips Traveling Selama Puasa

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian orang puasa bukan halangan bagi mereka untuk tidak melakukan traveling. Mereka berpikir bahwa destinasi wisata di Indonesia akan lebih sepi pengunjung sehingga puasa adalah waktu yang tepat untuk traveling. Namun bukan berarti traveling selama puasa bisa sembarang dilakukan.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Selain itu, jika dilakukan dengan benar, kamu bisa tetap fit saat traveling selama puasa. Nah, buat kamu yang hendak melakukan traveling saat puasa, berikut hal-hal yang wajib diperhatikan dan dipersiapkan!

  • Hindari Melakukan Aktivitas Berat

Saat memilih destinasi wisata untuk traveling di bulan puasa, sebaiknya hindari area yang mewajibkan melakukan aktivitas berat. Olahraga dianjurkan ketika berpuasa tapi pilih olahraga ringan. Jadi hindari naik gunung, trekking, atau main arung jeram selama puasa. Fokuskan pada aktivitas ringan seperti berjalan santai menikmati museum, mengunjungi tempat ibadah, berfoto di galeri seni, belanja di pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Baca Juga: Coba 5 Jenis Aktivitas Seru Ini Selama Bulan Puasa

  • Datangi Destinasi Wisata yang Ramah Muslim

Penting juga untuk mengunjungi area wisata yang ramah muslim, seperti banyak tersedia masjid untuk memudahkanmu beribadah atau pedagang yang baru buka di sore hari untuk menjajakan makanan khas untuk berbuka puasa. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah mencari makanan dan minuman untuk buka puasa dan sahur sekaligus menyicipi keragaman budaya kuliner di daerah tujuan wisata tersebut.

  • Buat Perencanaan Matang

Sebelum berangkat ke destinasi wisata, disarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya soal akses tempat ibadah, atau perhitungkan jarak antara masjid dengan destinasi wisata.

Pastikan juga kamu dapat dengan mudah menemukan pedagang yang menjual makanan halal apabila kamu bepergian ke luar negeri. Hal yang paling penting adalah mencari tahu soal waktu ibadah di daerah tersebut.

Penting untuk memperhitungkan dengan baik soal durasi waktu ketika mengunjungi destinasi wisata tersebut dengan waktu beribadah, jangan sampai kamu terlambat untuk berbuka puasa. Sementara itu, kamu disarankan untuk tidak berambisi ingin mengunjungi semua objek wisata karena hanya membuatmu lemas dan mengganggu puasamu. Buatlah prioritas mana tempat-tempat yang disesuaikan dengan kondisimu. Kunjungi tempat-tempat yang mudah dijangkau dan dekat dengan akses fasilitas tempat ibadah.

Baca Juga: Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa, Ini Caranya

  • Hindari Membawa Barang Terlalu Banyak

Penting untuk tidak membawa terlalu banyak barang saat traveling selama puasa. Apalagi jika kamu memutuskan untuk travelling ala backpacker, sebab barang yang terlalu banyak hanya akan membuat kamu mudah kelelahan. Bawa barang seperlunya dan tidak menghabiskan ruang banyak. Jangan lupa untuk selalu membawa peralatan ibadah seperti mukenah, sajadah atau sarung untuk menjalankan ibadah sholat.

  • Siapkan Kondisi Fisik dan Kesehatan

Setelah mempersiapkan kebutuhan selama traveling dan rencana perjalanan, saatnya kamu menyiapkan kondisi fisik yang baik. Pastikan konsumsi makanan bergizi saat sahur yang membuatmu tidak gampang lelah dan lapar.

Berbukalah secukupnya, jangan terlalu kalap untuk mencegah gangguan kesehatan. Pastikan untuk minum banyak air putih di waktu berbuka sampai saat sahur, untuk memastikan tubuhmu mendapat cukup cairan dan tidak dehidrasi di waktu puasa. Penting untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar stamina terjaga selama melakukan traveling.

Baca Juga: 4 Cara Usir Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Jangan lupa untuk lengkapi traveling selama puasa dengan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk bicara dengan dokter dan menyampaikan masalah kesehatan selama traveling. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga kesehatan selama mudik dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!