• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Susu Rendah Lemak Turunkan Risiko Depresi

Susu Rendah Lemak Turunkan Risiko Depresi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Susu Rendah Lemak Turunkan Risiko Depresi

“Susu rendah lemak banyak dikonsumsi untuk menjaga berat badan ideal seseorang. Ternyata, manfaatnya tidak berhenti sampai di situ saja, lho. Susu rendah lemak dinilai memiliki manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya menurunkan risiko depresi pada anak milenial generasi Z. Lantas, bagaimana cara kerja susu rendah lemak dalam menurunkan risiko depresi?”

Halodoc, Jakarta – Anak milenial zaman sekarang, atau yang sering disebut dengan generasi Z dinilai memiliki risiko depresi yang sangat tinggi. Hal tersebut bisa saja dialami, mengingat mereka memiliki peranan penting dalam menghadapi persaingan global, memenuhi kompetensi dari bidang pekerjaan yang diambil, serta harus meng-upgrade kemampuan agar dapat mengikuti perkembangan teknologi.

Tekanan sedemikian rupa membuat anak milenial cenderung lebih mudah stres, bahkan depresi. Belum lagi budaya hedonisme di media sosial terpampang nyata. Membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain seusianya. Stres yang menjadi-jadi dan tidak ditangani bisa saja berubah menjadi depresi. Namun, tahukah kamu jika risiko depresi dapat diturunkan dengan rutin mengonsumsi susu rendah lemak?

Baca juga: 4 Jenis Terapi yang Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Cegah Depresi dengan Konsumsi Susu Rendah Lemak

Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian telah dilakukan kepada lebih dari 1.000 orang dewasa di Jepang. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak dan yogurt dalam jumlah tinggi, cenderung tidak mengalami gejala depresi. Hasil penelitian tersebut dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi produk susu biasa.

Pertanyaannya, mengapa susu biasa berisiko meningkatkan munculnya gejala depresi pada seseorang? Faktanya, para peneliti mengungkapkan bahwa mungkin saja gejala depresi muncul akibat asam lemak trans pada susu biasa, yang diimbangi dengan asam amino dalam susu, yaitu triptofan. Para peneliti juga menyarankan untuk mengonsumsi susu rendah lemak 1-4 kali seminggu untuk menurunkan risiko depresi.

Baca juga: Cek Fakta: Kunyit Mampu Mengurangi Depresi

Manfaat Lain Susu Rendah Lemak

Mengingat banyak sekali manfaat penting dari mengonsumsi susu rendah lemak, kamu disarankan untuk rutin mengonsumsinya. Nah, salah satu susu rendah lemak yang direkomendasikan adalah Ultra Milk Low Fat Source of Calcium. Sebagai pelopor susu UHT di Indonesia, susu ini memiliki berbagai nutrisi lengkap dan seimbang di dalamnya.Dengan kemasan higienis, praktis, dan diolah tanpa pengawet, membuat susu ini mudah dikonsumsi dan praktis dibawa ke mana saja saat kamu pergi.

Kualitasnya sudah tidak diragukan lagi karena terbuat dari susu sapi segar berkualitas. Cara penyimpanannya pun tidak merepotkan, karena Ultra Milk Low Fat dapat disimpan selama 10 bulan dalam suhu kamar, tanpa kulkas.

Nah, menariknya lagi, manfaat susu rendah lemak bukan hanya mampu menurunkan risiko depresi saja.  Berikut ini manfaat susu rendah lemak lainnya:

1. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu adalah peserta diet sehat, mengonsumsi susu rendah lemak bisa jadi pilihan untuk menurunkan berat badan. Susu ini baik dikonsumsi karena hanya mengandung sedikit kalori.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi susu rendah lemak yang dikombinasikan dengan buah dan sayuran dapat menurunkan tekanan dara secara signifikan. Selain dari makanan dan minuman, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya, ya. 

3. Menurunkan Risiko Stroke

Jika tekanan darah dapat dikontrol dan dijaga dengan mengonsumsi susu rendah lemak, otomatis risiko stroke pun menurun. 

Baca juga: Dampak Psikologis Jangka Panjang pada Korban Kekerasan Seksual

Itulah penjelasan bagaimana cara kerja susu rendah lemak dalam menurunkan risiko depresi. Bukan hanya mampu menurunkan risiko depresi saja, berbagai manfaat lainnya bisa kamu nikmati jika rutin mengonsumsinya.

Ultra Milk Low Fat Source of Calcium, Performance by you body by Ultra. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fitur “toko kesehatan” melalui aplikasi atau website Halodoc. Download aplikasinya di sini, ya.

Reference: 
Ultra Jaya. Diakses pada 2021. Ultra Milk Low Fat Source of Calcium.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Low-fat milk, yogurt may reduce depression risk.
Eurekalert. Diakses pada 2021. A glass of milk a day could benefit your brain.
Psychology Today. Diakses pada 2021. Got to Drink Milk? Learn Your A1’s and A2’s.
Healthline. Diakses pada 2021. Is Whole Milk Better Than Low Fat and Skim Milk?
Everyday Health. Diakses pada 2021. Low-Fat vs. Full-Fat: The Great Dairy Debate.