• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Syarat Mudik, Pentingnya Segera Melakukan Vaksin Booster
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Syarat Mudik, Pentingnya Segera Melakukan Vaksin Booster

Syarat Mudik, Pentingnya Segera Melakukan Vaksin Booster

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 April 2022

“Vaksin booster jadi syarat utama mudik Lebaran pada 2022. Namun sebenarnya, selain untuk memenuhi syarat mudik, vaksin booster juga penting untuk meningkatkan perlindungan terhadap COVID-19.”

Syarat Mudik, Pentingnya Segera Melakukan Vaksin Booster

Halodoc, Jakarta – Pada 2022 Pemerintah memberi “angin segar” bagi masyarakat Indonesia yang ingin mudik Lebaran. Namun, tetap ada syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Salah satu syarat utamanya adalah sudah mendapatkan vaksin booster atau vaksin coronavirus (COVID-19) dosis ketiga.

Baca juga: Catat, Ini Panduan untuk Mendapatkan Vaksin Booster

Vaksin Booster sebagai Syarat Mudik

Melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Pemerintah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022, tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Surat yang dikeluarkan pada 2 April 2022 ini memuat berbagai ketentuan untuk melakukan mudik Lebaran bagi masyarakat. Dalam SE tersebut, disebutkan bahwa  Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN), termasuk pemudik, yang sudah mendapatkan vaksin booster tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Bagi yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT PCR dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Sementara itu, bagi yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama saja, atau yang memiliki kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk divaksin, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Bagi pengidap kondisi kesehatan khusus, harus melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Namun, dengan mendapatkan vaksin booster, kamu tidak perlu menjalani tes diagnostik COVID-19. Sehingga, kamu bisa mudik dengan tenang.

Baca juga: Kriteria Pemberian Vaksin Booster COVID-19 untuk Umum

Dari Segi Kesehatan Juga Penting

Vaksin booster COVID-19 adalah dosis tambahan vaksin yang diberikan setelah perlindungan yang diberikan oleh suntikan asli mulai berkurang seiring waktu. 

Pemberian vaksin dosis ketiga ini dapat membantu tubuh mempertahankan perlindungan yang kuat dari infeksi COVID-19 yang parah. Mendapatkan vaksin booster dapat memperluas perlindungan, bahkan terhadap varian delta dan omicron.

Dua penelitian yang dirilis oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan, bahwa divaksinasi lengkap (2 dosis) dan ditambah booster dapat memberikan perlindungan yang lebih besar dari penyakit berat, rawat inap di rumah sakit, dan kematian akibat COVID-19. Hal ini jika dibandingkan dengan vaksinasi dua dosis saja. Penelitian pertama dilakukan CDC pada April–Desember 2021, dan yang kedua pada Agustus 2021–Januari 2022.  

Selain itu, studi lainnya yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada Januari 2022 juga menunjukkan hasil yang serupa. Para peneliti juga menunjukkan bahwa vaksin booster menawarkan perlindungan yang lebih besar terhadap varian delta dan omicron, daripada divaksinasi lengkap (2 dosis) atau tidak divaksinasi sama sekali.

Bertepatan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri, di mana tradisi mudik mulai bisa dilaksanakan lagi, yuk segera dapatkan vaksin booster! selain sebagai syarat mudik, mendapatkan vaksin booster sangat penting agar kamu bisa terlindungi dari infeksi COVID-19.

Baca juga: Ini Alasan Tak Perlu Pilih-Pilih Vaksin Booster

Saat ini ada cukup banyak lokasi vaksin booster yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Sentra Vaksinasi COVID-19 Wings Peduli, di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sentra Vaksinasi COVID-19 Wings Peduli – Kemayoran merupakan layanan spesial dari Halodoc dan Yayasan Wings Peduli yang resmi bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat untuk pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta. 

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan cara Drive Thru atau lantatur (layanan tanpa turun), untuk kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Jadi, tentunya aman dan nyaman.

Sentra Vaksinasi COVID-19 Wings Peduli – Kemayoran berlokasi di Area Parkir C3, Kawasan PPK Kemayoran, Jl. Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara.

Untuk mendapatkan layanan vaksin booster ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu download Halodoc dan buat janji online di Sentra Vaksinasi COVID-19 Wings Peduli – Kemayoran. Lalu, pilih hari dan jam kedatangan yang diinginkan, dan baca petunjuk selanjutnya yang tertera di aplikasi Halodoc. Mudah dan praktis, bukan?

Referensi:

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Diakses pada 2022. Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
CDC. Diakses pada 2022. COVID-19 Incidence and Death Rates Among Unvaccinated and Fully Vaccinated Adults with and Without Booster Doses During Periods of Delta and Omicron Variant Emergence — 25 U.S. Jurisdictions, April 4–December 25, 2021.
CDC. Diakses pada 2022. Effectiveness of a Third Dose of mRNA Vaccines Against COVID-19–Associated Emergency Department and Urgent Care Encounters and Hospitalizations Among Adults During Periods of Delta and Omicron Variant Predominance — VISION Network, 10 States, August 2021–January 2022.
Journal of American Medical Association (JAMA). Diakses pada 2022. Association Between 3 Doses of mRNA COVID-19 Vaccine and Symptomatic Infection Caused by the SARS-CoV-2 Omicron and Delta Variants.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Booster Shots, Third Doses and Additional Doses for COVID-19 Vaccines — What You Need to Know.