• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

“Kehamilan meningkatkan hormon esterogen sehingga memicu peningkatan produksi melanin. Inilah penyebab wanita yang sedang hamil rentan mengalami hiperpigmentasi pada wajah. Kondisi ini dikenal sebagai pregnancy mask atau bercak kehamilan, melasma, atau chloasma. Meski dapat hilang usai melahirkan, pregnancy mask dapat diringkankan dengan penggunaan tabir surya.”

Halodoc, Jakarta – Kehamilan bisa menyebabkan perubahan hormonal yang merangsang produksi pigmen di kulit. Alhasil, ini membuat wanita hamil mengalami kondisi seperti bercak cokelat di dahi, pipi, dan di bagian atas bibir. Paparan sinar matahari setiap hari juga dapat memicu masalah pigmentasi ini. Jadi, sangat penting untuk selalu menggunakan tabir surya setiap hari.

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

Fakta tentang Pregnancy Mask

Kehamilan meningkatkan hormon esterogen sehingga memicu peningkatan produksi melanin. Artinya, selama bulan-bulan pertama kehamilan khususnya, wanita rentan mengalami hiperpigmentasi pada wajah. Ini dikenal sebagai pregnancy mask atau bercak kehamilan, melasma, atau chloasma. Pada prinsipnya, kondisi ini bisa hilang enam bulan setelah melahirkan. Namun, risiko kambuh pada kehamilan berikutnya tetap ada.

Pregnancy mask memengaruhi banyak wanita, dimulai pada bulan keempat kehamilan. Hiperpigmentasi muncul sebagai perubahan warna, bercak gelap terutama di dahi, pipi, dan di atas bibir atas. Bercak berpigmen ini cenderung berwarna kecokelatan hingga cokelat tua.

Paparan sinar matahari juga meningkatkan risiko pregnancy mask. Ini karena paparan sinar matahari setiap hari dapat menyebabkan produksi melanin berlebih pada kulit.

Baca juga: Cara Tepat Mengembalikan Kelembapan Kulit Kering

Perlunya Mewaspadai Paparan Sinar Matahari saat Hamil

Paparan sinar matahari tidak hanya kamu dapatkan ketika beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa mendapatkan papawan sinar matahari ketika berada di dalam ruangan sekali pun. Jadi, penggunaan tabir surya ketika berada di dalam ruangan juga diperlukan. Berikut adalah tempat-tempat yang memungkinkan kamu terpapar sinar matahari:

1. Tempat Kerja

Jika kamu bekerja di dekat jendela, kemungkinan kulit akan terkena sinar UV setiap hari. Hal ini karena sinar UVA dapat menembus kaca. UVA dapat memicu bercak kehamilan, jadi ingat untuk selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

2. Dalam Kendaraan

Sebagian besar kaca depan kendaraan menyaring sinar UVA dan UVB, tetapi jendela samping biasanya membiarkan sinar UVA masuk. Karena sinar UV ini dapat menyebabkan bercak kehamilan, penting untuk melindungi kulit saat berada di dalam kendaraan.

3. Dalam Pesawat

Menurut statistik dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, untuk setiap peningkatan ketinggian 1.000 kaki atau 305 meter, ada sekitar 2 persen peningkatan radiasi UV. Meskipun jendela pesawat akan melindungi penumpang dari sinar UVB, sinar UVA tidak akan sepenuhnya terhalangi. Sekali lagi, ini adalah situasi yang “tidak terduga” di mana sinar matahari dapat mendominasi dan kamu berisiko terkena bercak kehamilan dan masalah pigmentasi lainnya.

Baca juga: Intip Cara Tepat Eksfoliasi Kulit yang Mudah Berjerawat

Pentingnya Melakukan Pencegahan

Pencegahan jauh lebih mudah dan lebih baik dilakukan daripada perawatan untuk mengatasi bercak kehamilan dan masalah pigmentasi. Yuk, cari tahu caranya berikut:

  • Untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari, kenakan topi dan kacamata hitam.
  • Lindungi kulit dengan tabir surya perlindungan penuh yang berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30 dan idealnya SPF 50, serta cocok untuk digunakan selama kehamilan.
  • Oleskan kembali perlindungan matahari secara menyeluruh setiap dua jam.

Baca juga: Awas, Ini 3 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

la-roche-posay-halodoc

Cara Tepat Memilih Tabir Surya saat Hamil

Saat memilih tabir surya, pastikan kandungannya aman ketika diserap kulit. Banyak tabir surya memblokir sinar UV menggunakan bahan yang mengandung oxybenzone. Beberapa penelitian telah meragukan toleransi bahan kimia ini jika terserap di kulit dan aliran darah, sehingga sebaiknya dihindari. Untuk itu, kamu bisa memilih tabir surya yang aman digunakan kulit terutama saat hamil. Kamu bisa memilih tabir surya dari rangkaian perawatan ANTHELIOS La Roche-Posay. Sebaiknya kamu berskonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik dalam memilih tabir surya yang tepat.

Kamu bisa memilih tabir surya Anthelios Fluid SPF 50+ PA++++ yang dapat melindungi kulit sensitif dari risiko hiperpigmentasi akibat sinar UV, serta mencegah penuaan dini. Anthelios Fluid SPF 50+ PA++++ juga diperkaya dengan Thermal Spring Water yang menenangkan dan antioksidan untuk lebih melemahkan efek paparan sinar matahari.

Baca juga: Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

Kamu juga bisa menggunakan produk-produk yang disebutkan sebelumnya dari La Roche Posay untuk mengatasi masalah kulit. Kamu pun bisa beli produk perawatan kulit dan wajah dari La Roche Posay ini di Halodoc supaya lebih mudah. Ini karena Halodoc menggunakan layanan antar, sehingga pesanan kamu akan dikirimkan dalam waktu kurang dari satu jam. Tunggu apa lagi, lindungi kulitmu dengan produk dari La Roche Posay yang bisa kamu dapatkan di Halodoc!

banner-halodoc
Referensi:
Centre Thermal de La Roche-Posay. Diakses pada 2021. Pregnancy, Pigmentation and Sunscreen: Everything You Need to Know.
Healthline. Diakses pada 2021. Melasma in Pregnancy: Treatment and Causes.
Web MD. Diakses pada 2021. Pregnancy Mask.