• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Cukup Air Hangat dan Istirahat, Ini Cara Atasi Flu yang Tepat

Tak Cukup Air Hangat dan Istirahat, Ini Cara Atasi Flu yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Disebabkan oleh virus influenza, flu adalah penyakit pada saluran pernapasan yang sangat menular. Gejala flu yang parah umumnya terasa dua hingga tiga hari, tetapi butuh sekitar satu minggu hingga benar-benar pulih. 

Cara meredakan gejala flu dengan minum air hangat mungkin solusi termudah yang banyak dilakukan. Air hangat membantu mengurangi iritasi tenggorokan, serta mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Namun, apakah minum air hangat saja cukup untuk mengatasi flu?

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan dari Pilek dan Flu? Cari Tahu Di sini!

Tips Mengatasi Flu dengan Tepat

Merasakan gejala flu tentu tidak enak. Sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, tenggorokan terasa tidak nyaman, dan berbagai gejala lainnya dapat mengganggu aktivitas. 

Meski minum air hangat dapat membantu meredakan tenggorokan tak nyaman dan hidung tersumbat, itu saja tidak cukup untuk mengatasi flu. Berikut ini perawatan rumahan lain yang bisa dicoba:

1. Istirahat yang Cukup

Tubuh membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus flu, yang berarti kamu perlu istirahat yang cukup. Tetaplah di rumah dan batasi aktivitas harian yang melelahkan. Selain membantu tubuh cepat pulih, tetap di rumah juga membantu mencegah penularan flu ke orang lain. 

2. Banyak Minum Air Putih

Salah satu gejala flu adalah demam tinggi, yang bisa membuat tubuh kehilangan cairan. Oleh karena itu, minumlah air putih yang banyak, agar tubuh terhidrasi dengan baik, sekaligus membantu tubuh melawan infeksi virus. 

Baca juga: Alami Flu, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengobatinya

3. Konsumsi Makanan Sehat

Flu dapat membuat selera makan berkurang, sehingga kamu mungkin mengidamkan berbagai makanan enak yang tak sehat. Padahal, keinginan tersebut sebaiknya dilawan, karena jika ingin cepat pulih dari flu, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi. 

Misalnya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, yang menyediakan vitamin, mineral, serta antioksidan penting yang bisa memperkuat kekebalan tubuh saat melawan virus flu. Jangan lupa juga untuk makan secara teratur, ya!

4. Gunakan Humidifier

Udara yang kering bisa memperburuk gejala flu. Humidifier menambahkan kelembapan ke udara dan membantu meredakan gejala flu, seperti hidung tersumbat dan tenggorokan tak nyaman. Jadi, coba untuk menyalakan humidifier di ruangan agar gejala flu dapat mereda. 

5. Kelola Stres

Kamu mungkin sering lupa betapa emosi dan mental bisa berpengaruh pada kondisi fisik. Meski tidak bisa mengatasi flu secara langsung, mengelola stres dengan baik dan terus berpikiran positif selama sakit membantu pemulihan secara keseluruhan.

Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Awal Flu

6. Minum Obat OTC

Terkadang, sudah minum air hangat, istirahat yang cukup, dan mencoba berbagai cara meredakan gejala flu, tak cukup. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi obat bebas atau dikenal dengan sebutan obat OTC (over the counter).

Ada banyak obat flu yang bisa dibeli tanpa resep dokter melalui aplikasi Halodoc atau di apotek terdekat. Beberapa obat digunakan untuk mengatasi gejala tertentu, seperti hidung tersumbat, sementara yang lain mengobati banyak gejala flu sekaligus.

Salah satu obat flu yang Halodoc sangat rekomendasikan adalah NEOZEP FORTE. Dengan kandungan paracetamol, salicylamide, phenylpropanolamine, dan chlorpheniramine, NEOZEP FORTE diformulasikan khusus untuk meredakan flu dengan efektif, cepat, dan menyeluruh. 

Jadi, saat mengalami gejala flu, jangan lupa istirahat yang cukup, banyak minum air putih, konsumsi makanan yang bergizi, dan juga minum NEOZEP FORTE. Jika gejala flu tak kunjung mereda atau semakin memburuk, segera hubungi dokter. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. 12 Natural Treatment Tips for Colds and Flu.
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to Get Rid of The Flu Fast: Remedies and Tips.
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Tips for a Speedy Flu Recovery.