• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Imunisasi, Ini 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Posyandu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Imunisasi, Ini 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Posyandu

Tak Hanya Imunisasi, Ini 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Posyandu

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Agustus 2022

“Posyandu memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat. Fasilitasnya berfokus menangani kesehatan ibu maupun anak-anak”

Tak Hanya Imunisasi, Ini 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di PosyanduTak Hanya Imunisasi, Ini 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Posyandu

Halodoc, Jakarta – Posyandu merupakan sebuah fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan khusus untuk ibu dan anak. Biasanya, fasilitas ini ditemukan di desa atau kelurahan dan lokasinya dekat dengan puskesmas.

Fasilitas kesehatan ini identik dengan kegiatan imunisasi dan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak. Namun, tidak menutup kemungkinan kegiatan lain dilakukan di posyandu. 

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Posyandu

1. Program Keluarga Berencana (KB)

Posyandu melayani program keluarga berencana (KB) untuk mengendalikan jumlah kelahiran Program KB mencakup pemberian kondom dan pil KB. Beberapa fasilitas bahkan sudah melayani pemasangan IUD dan implan.

2. Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Program ini meliputi pemeriksaan kehamilan dan monitor asupan gizi pada ibu hamil. Selain itu, bumil juga dapat melakukan konsultasi sebagai persiapan persalinan dan mendapatkan informasi seputar ASI.

Di sejumlah posyandu bahkan menyediakan kelas yang diperuntukkan untuk ibu hamil. Misalnya, kelas senam, konseling, penyuluhan, dan pelatihan seperti teknik merawat bayi, pemberian ASI, dan lain sebagainya.

3. Program Kesehatan Anak

Posyandu juga memberikan layanan yang menunjang kesehatan balita hingga remaja. Hal ini dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak serta mengetahui gangguan yang rentan menyasar anak.

Beberapa layanannya antara lain adalah penimbangan berat, ukur tinggi badan, konseling, dan pengecekan rutin tumbuh kembang anak

4. Pemantauan Gizi

Posyandu saat ini gencar menggalakkan pencegahan stunting pada anak. Pelayanan ini mencakup penimbangan berat badan anak, pengukuran gizi, serta pemberian suplemen dan vitamin.

Stunting sendiri merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan nutrisi jangka panjang. Akibatnya, anak terlalu pendek untuk usianya. Hal ini dapat dideteksi setelah anak memasuki usia 2 tahun.

5. Pencegahan dan Pengobatan Diare

Melalui penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), posyandu berusaha untuk mengurangi diare. Beberapa metodenya adalah pemberian oralit, suplemen zinc, dan jika dalam keadaan kronis maka akan diberikan penanganan lebih lanjut

Mengapa Harus ke Posyandu?

Pelayanan di posyandu bisa diperoleh tanpa harus mengeluarkan biaya sehingga menjadi pilihan ekonomis untuk fasilitas kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari posyandu antara lain:

  • Memantau secara rutin terkait tumbuh kembang anak agar terhindar dari resiko kekurangan gizi
  • Memberikan rangkaian imunisasi lengkap seperti hepatitis dan tetanus untuk anak
  • Memantau dan mendeteksi jika adanya gangguan atau kelainan yang dialami oleh anak, ibu hamil, dan ibu menyusui sehingga dapat segera mencari solusi untuk menangani permasalahan ini
  • Menyediakan jasa konsultasi dan penjelasan serta edukasi untuk ibu hamil tentang  kesehatan ibu dan anak, cara-cara yang harus dilakukan untuk menyambut kelahiran anak, penyediaan MPASI, dan lain sebagainya.

Walaupun posyandu menyediakan segala kebutuhan dan pelayanan kesehatan, sebaiknya tetap kunjungi rumah sakit jika mengidap penyakit jangka panjang. Sebagai fasilitas kesehatan, posyandu juga bisa memberikan surat rujukan ke rumah sakit yang terafiliasi.

Anak juga butuh vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc sekarang juga. Jangan tunggu anak sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Kemenkes. Diakses pada 2022 (Kegiatan Posyandu di Masa Pandemi)
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Diakses pada 2022 (Pengertian Posyandu, Kegiatan, Definisi, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Pelaksanaan Posyandu)