• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Menopang Tubuh, Ini 4 Fungsi Tulang Paha Manusia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Menopang Tubuh, Ini 4 Fungsi Tulang Paha Manusia

Tak Hanya Menopang Tubuh, Ini 4 Fungsi Tulang Paha Manusia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Agustus 2022

“Tulang paha merupakan tulang yang penting untuk menopang tubuh dan menahan berat badan saat berdiri dan beraktivitas. Bukan hanya itu saja, tulang paha juga berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh hingga memproduksi sel darah.”

Tak Hanya Menopang Tubuh, Ini 4 Fungsi Tulang Paha ManusiaTak Hanya Menopang Tubuh, Ini 4 Fungsi Tulang Paha Manusia

Halodoc, Jakarta – Tulang paha atau femur adalah tulang terpanjang dan terkuat di tubuh manusia. Tulang ini merentang sepanjang dari pinggul hingga lutut.

Tulang paha juga sangat kuat dan tidak mudah patah. Biasanya, dibutuhkan trauma berat, seperti jatuh atau kecelakaan mobil untuk mematahkan tulang paha. Hati-hati, patah tulang paha bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan perdarahan internal yang signifikan. 

Lantas, apa fungsi tulang paha? Yuk, cari tahu di sini.

Fungsi Tulang Paha

Tulang paha memiliki fungsi penting bagi tubuh, mulai dari menahan beban tubuh hingga terlibat dalam proses memproduksi sel darah. 

1. Menahan Beban Tubuh

Salah satu fungsi utama tulang paha adalah untuk menopang berat tubuh pada kaki, sementara semua tulang kaki lainnya melekat di bagian bawah tulang paha. Tulang ini sangat kuat, sehingga bisa menahan beban tubuhmu saat berdiri dan bergerak.

2. Menstabilkan Tubuh Saat Bergerak

Bukan hanya menopang berat tubuh, tulang paha juga yang memungkinkan tubuh untuk berdiri dengan mantap dan seimbang. Tanpa tulang paha, kamu tidak bisa berdiri dengan tegap. Tulang ini juga menjadi penyeimbang tubuh saat bergerak.

3. Menjadi Penghubung Pinggul dengan Lutut

Fungsi penting tulang paha lainnya adalah menghubungkan pinggul dan lutut. Tulang ini juga  menghubungkan otot, tendon, dan ligamen di pinggul dan lutut ke seluruh tubuh.

4. Memproduksi Sel Darah dan Menyimpan Lemak

Tidak hanya membantu menopang dan menstabilkan tubuh, tulang paha juga berperan penting dalam memproduksi sel darah dan menyimpan lemak. Hal itu karena terdapat sumsum tulang kuning dan merah di batang tulang paha.

Anatomi Tulang Paha

Ada empat jenis tulang di tubuh, yaitu tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, dan tulang tidak beraturan. Nah, tulang paha termasuk jenis tulang panjang. Tulang ini memiliki jaringan tulang spons di kedua ujungnya dan rongga berisi sumsum tulang di batangnya.

Ujung tulang paha yang paling dekat dengan jantung (ujung proksimal) disebut caput femoralis. Ini adalah bagian bola dari sendi pinggul ball-and-socket.

Di bawah caput femur adalah leher dan trokanter mayor. Trokanter mayor melekat pada tendon yang terhubung ke gluteus minimus dan otot gluteus medius. Otot-otot ini menarik kaki untuk membantu berjalan dan berlari.

Di bawah trokanter mayor adalah trokanter minor, terletak di dasar leher femur. Lesser trochanter adalah bagian tulang paha yang menempel pada sepasang otot yang membantu melenturkan paha untuk mengangkat kaki ke depan. Di bawah trokanter minor adalah tuberositas gluteal, di mana gluteus maximus melekat.

Batang utama tulang paha dikenal sebagai tubuh. Ujung distal tulang paha (ujung terjauh dari jantung) adalah di mana ia terhubung dengan patela (tutup lutut), dan tulang kaki bagian bawah (tibia dan fibula).

Ujung tulang paha ini memiliki pelana yang bertumpu di atas tibia. Ini memiliki tepi bulat di kedua sisi sendi lutut, yang dikenal sebagai kondilus. Depresi antara kondilus disebut alur patela.

Di dalam tubuh tulang paha adalah rongga meduler, yang berisi sumsum tulang. Di ujung tulang paha adalah area tulang kompak, yang padat dan tidak mengandung sumsum. Sekitar tulang kompak adalah tulang spons, yang memiliki banyak rongga kecil tersebar di seluruh itu. Leher dan kepala femur terdiri dari tulang spons.

Nah, itulah anatomi dan fungsi penting dari tulang paha. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang paha dengan berolahraga secara rutin, dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tulang. 

Selain itu, periksakan juga kondisi tulang secara berkala dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Terutama bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit tulang, seperti orang tua. 

Dengan memeriksakan diri, masalah kesehatan bisa diketahui lebih awal, sehingga bisa ditangani sebelum terlambat. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi
Verywell Health. Diakses pada 2022. The Anatomy of the Femur
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Femur.