Tak Hanya Radang, Ini 5 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Mei 2024

“Selain radang ada berbagai penyebab lain yang membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Misalnya seperti luka pada tenggorokan, penyakit asam lambung, hingga adanya infeksi jamur.”

Tak Hanya Radang, Ini 5 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat MenelanTak Hanya Radang, Ini 5 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

DAFTAR ISI

Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit

Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan


Halodoc, Jakarta – Rasa sakit pada tenggorokan saat menelan makanan atau minuman mungkin menjadi salah satu masalah kesehatan umum. Adapun istilah medis untuk rasa sakit tenggorokan ketika menelan adalah odynophagia.

Kondisi ini dapat menghambat pengidapnya dalam beraktivitas karena menimbulkan ketidaknyamanan. 

Kebanyakan orang berpikiran bahwa kondisi ini terjadi akibat peradangan. Namun, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh hal tersebut. Karena itu, kamu harus tahu apa saja penyebab tenggorokan sakit saat menelan. 

Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan

Memang secara umum esofagitis atau peradangan pada kerongkongan menjadi salah satu penyebab umum kondisi ini.

Namun, tak hanya peradangan, kondisi ini juga dapat terjadi akibat kondisi tertentu. Berikut adalah kondisi yang menjadi penyebabnya: 

1. Infeksi Bakteri

Penyebab sakit menelan yang pertama adalah disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini menyebabkan kamu mengalami tenggorokan yang sakit. Ketika terjadi, amandel mengalami bengkak.

Seseorang yang mengalami infeksi bakteri pada tenggorokannya harus mendapat pengobatan antibiotik. Jika tidak segera terobati, kamu bisa mengalami komplikasi serius, seperti kerusakan jantung atau ginjal.

2. Luka pada Tenggorokan

Penyebab lain dari kondisi ini adalah terjadinya luka pada bagian tersebut. Salah satu penyebab sakit menelan ini disebabkan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu tajam sehingga menimbulkan luka.

Maka dari itu, kamu dapat mencegah gangguan ini terjadi dengan memastikan makanan telah halus saat akan melewati tenggorokan agar tidak menyebabkan luka.

Untuk Catat, Ini Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Tenggorokan Sakit.

3. Penyakit Asam Lambung

Kamu juga bisa mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit asam lambung. Hal ini umumnya disebabkan gangguan asam lambung yang kronis.

Namun, mengapa kondisi ini bisa terjadi? Yuk cari tahu alasannya melalui artikel: Naiknya Asam Lambung Picu Tenggorokan Sakit saat Menelan

4. Tenggorokan Terlalu Kering

Tenggorokan yang terlalu kering juga dapat membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Sebab, udara yang kering membuat tenggorokan kamu akan terasa kasar dan gatal sehingga tidak nyaman ketika menelan.

Selain itu, bernapas melalui mulut karena hidung tersumbat saat pilek juga bisa menyebabkan tenggorokan kering dan sakit.

5. Infeksi Jamur 

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan selanjutnya adalah infeksi jamur pada mulut, tenggorokan. Nah, Jamur bisa tumbuh di luar kendali jika kondisi sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Kondisi ini umumnya terjadi akibat infeksi jamur Candida. 

Selain menyebabkan rasa sakit saat menelan, infeksi jamur pada tenggorokan juga dapat menyebabkan gejala lainnya. Contohnya seperti bercak putih pada lidah, kemerahan pada sudut mulut, hingga penurunan indera pengecap. 

Salah satu penyakit yang sering muncul pada tenggorokan adalah tonsilitis. Jika kamu mengalami gejala Tonsilitis Bikin Sulit Menelan, Hubungi Dokter Ini Segera.

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit

Tak Hanya Radang, Ini 5 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Cara mengobati kondisi ini akan tergantung penyebabnya. Berikut adalah contoh pilihan pengobatan berdasarkan penyebabnya: 

1. Perawatan Rumahan

Sementara itu, jika penyebabnya ringan, maka kondisi ini dapat melakukan perawatan rumahan, seperti: 

  • Mengonsumsi obat antiradang. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Terutama pada mulut dan tenggorokan, sehingga lebih mudah untuk menelan dan tidak terlalu menyakitkan.
  • Konsumsi obat antasida. Antasida yang tersedia bebas (OTC) efektif untuk mengurangi rasa sakit akibat refluks asam.
  • Menggunakan semprotan tenggorokan. Semprotan tenggorokan dapat membuat tenggorokan mati rasa dan membuat menelan lebih mudah dan tidak terlalu menyakitkan.
  • Berkumur dengan air garam. Air garam dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit saat menelan. Campurkan 236 mililiter (8 oz) air hangat dengan satu sendok teh garam dan berkumurlah dengan larutan ini beberapa kali sehari.
  • Konsumsi minuman hangat. Minuman hangat, seperti teh herbal, dapat membantu mengurangi nyeri. Hindari membuat cairan terlalu panas, atau bisa membakar tenggorokan.  Nah, ada sejumlah rekomendasi minuman hangat yang baik untuk kondisi ini. Kamu dapat mengetahui informasinya lebih lanjut melalui artikel: Minuman Ini Bisa Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Tenggorokan
  • Mandi air panas. Uap dari mandi air panas dapat membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan rasa sakit saat menelan.
  • Menghindari alkohol dan tembakau. Zat dalam alkohol dan tembakau dapat mengiritasi jaringan lunak mulut, tenggorokan, dan pipa makanan.

Namun, jika perawatan tak kunjung membuahkan hasil, penting untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan. 

2. Obat Antijamur

Jika rasa sakit saat menelan terjadi akibat infeksi jamur, dokter THT akan meresepkan obat antijamur. 

3. Penggunaan Obat Antibiotik

Apabila sakit kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan obat-obatan antibiotik. 

4. Obat Kumur

Jenis obat ini dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit saat menelan dan membasmi kuman seperti virus yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

5. Prosedur Pembedahan

Jika penyebabnya adalah tonsilitis berulang, dokter dapat merekomendasikan pengangkatan amandel dalam prosedur tonsilektomi.

Rekomendasi Obat Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat kamu atasi dengan mencoba menggunakan beberapa rekomendasi obat berikut ini:

1. Cooling 5 Mouth Spray Cherry 15 ml

Untuk mengatasi radang tenggorokan, kamu dapat mencoba menggunakan Cooling 5 Mouth Spray Cherry 15 ml.

Obat ini merupakan obat semprot dengan rasa cherry pada rongga mulut. Secara efektif, obat ini bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, nyeri akibat sariawan, serta iritasi pada mulut dan tenggorokan.

Untuk setiap kali pemakaian, kamu dapat menyemprotkan obat ini ke arah tenggorokan 2-3 kali. Kamu dapat mengulangi semprotan ini setiap 3 jam sampai gejala reda. Hindari bagian lidah saat menyemprotkan obat. 

Rentang harga: Rp33.300 – Rp50.100 per botol.

Dapatkan Cooling 5 Mouth Spray Cherry 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Degirol Hisap 0.25 mg 10 Tablet

Obat sakit tenggorokan lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Degirol Hisap 0.25 mg 10 Tablet.

Degirol Hisap merupakan tablet hisap yang mengandung Dequalinium Chloride. Obat ini bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan, radang atau infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan, serta pencegahan flu dan batuk.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini dengan membiarkan tablet larut perlahan-lahan di dalam mulut. Dosis penggunaan untuk orang dewasa adalah 1 tablet hisap, tiap 3 – 4 jam. Maksimal penggunaan obat ini adalah 8 tablet per hari.

Rentang harga: Rp15.700 per strip

Dapatkan Degirol Hisap 0.25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan obat sakit tenggorokan Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet.

Obat ini bermanfaat untuk mengatasi gejala alergi dan mengurangi peradangan, termasuk radang tenggorokan. Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan dengan dosis awal untuk orang dewasa 4 – 80 mg/hari dan dosis awal untuk anak 0.8 – 1.1 mg/kg BB.

Sementara itu, dosis pemeliharaan bagi orang dewasa adalah 4 – 8 mg/hari dosis yang dapat ditingkatkan menjadi 16 mg/hari. Untuk anak-anak, dosis pemeliharaan adalah 2 – 4 mg/hari, dapat ditingkatkan sampai 8 mg/hari.

Terakhir, dosis substitusi adalah 4 – 8 mg/hari dan apabila dalam keadaan stres, kamu dapat meningkatkannya menjadi 16 mg/hari. Karena termasuk obat keras, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Rentang harga: Rp8.600 per strip.

Dapatkan Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

4. Lameson 8 mg 10 Tablet

Opsi obat sakit tenggorokan berikutnya yang bisa kamu konsumsi adalah Lameson 8 mg 10 Tablet.

Dengan kandungan methylprednisolon, obat ini bermanfaat untuk mengatasi alergi dan peradangan, termasuk radang pada tenggorokan. Kamu dapat mengkonsumsi obat tablet ini sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dosis awal
    • Dewasa : 4 – 80 mg/hari.
    • Anak : 0.8 – 1.1 mg/kg BB.
  • Dosis pemeliharaan
    • Dewasa :  4 – 8 mg/hari, dapat ditingkatkan menjadi 16 mg/hari. 
    • Anak : 2 – 4 mg/hari, dapat ditingkatkan sampai 8 mg/hari.
  • Dosis substitusi : 4 – 8 mg/hari, dalam keadaan stres ditingkatkan menjadi 16 mg/hari

Termasuk obat keras, kamu memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Rentang harga: Rp96.000 per strip.

Dapatkan Lameson 8 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

5. Tantum Verde Oral Rinse 120 ml

Terakhir, kamu dapat menggunakan obat Tantum Verde Oral Rinse 120 ml untuk mengatasi gejala radang tenggorokan.

Obat ini mengandung Bezydamine HCl dan Alcohol dalam bentuk obat kumur. Secara efektif, obat ini bermanfaat meringankan rasa sakit pada mulut dan tenggorokan, seperti tonsilitis, sakit tenggorokan, post ekstraksi gigi dan kelainan periodontal.

Kamu dapat menggunakan obat ini dengan cara dikumur-kumur sebanyak 2-3 kali sehari 15 mL selama 60 detik

Rentang harga: Rp47.600 per botol

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Jika sakit tenggorokan muncul bersamaan dengan beberapa gejala yang menganggu, kamu bisa menghubungi dokter spesialis THT secara online melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa konsultasi online dengan dokter THT di Halodoc dengan biaya yang lebih hemat menggunakan kode kupon, klik gambar berikut ini.

chat dokter tht halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023.Sore throat.
WebMD. Diakses pada 2023.Why Does It Hurt to Swallow?
WebMD. Diakses pada 2023. Understanding Sore Throat — Prevention. 
Healthline. Diakses pada 2023. Painful Swallowing: Possible Causes and How to Treat It. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan