Tak Mahal, Ini Cara Perawatan Luka di Wajah di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
cara Perawatan Luka di Wajah

Halodoc, Jakarta - Adanya luka pada tubuh dinilai dapat mengganggu penampilan, apalagi jika membekas pada wajah. Hal ini tentu membuat kamu menjadi enggak percaya diri. Luka pada wajah biasanya disebabkan oleh jerawat, peradangan, infeksi, kecelakaan, terbakar, atau efek pembedahan yang dilakukan pada area wajah. Luka ini akan menjadi bekas luka dan akan hilang dengan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Perawatan Luka yang Tepat

Bekas luka merupakan jaringan parut dari proses alami tubuh dalam menyembuhkan luka. Luka memang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Meski demikian,  ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menjalani prosedur medis untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas luka yang dialaminya. Untuk wajah, jangan sampai salah pilih, karena justru dapat merusak kulit wajah kamu.

Oleh sebab itu, lebih baik lakukan perawatan alami guna mendapatkan kulit mulus dan cerah. Nah, bahan-bahan alami di bawah ini bisa dengan mudah kamu temukan guna merawat bekas luka pada wajah:

  • Mengkudu dan Timun

Timun dan mengkudu dikenal ampuh untuk mengobati bekas luka pada wajah atau area tubuh lainnya. Kamu bisa melakukannya dengan menghaluskan kedua bahan ini dan balutkan pada bekas luka selama 20 menit, kemudian bilas dengan air. Cara ini bisa kamu lakukan saat hendak tidur, lalu bilas pada waktu pagi hari. Agar hasil maksimal, lakukan dengan rutin, ya!

  • Cuka Apel

Belakangan ini perawatan dengan cuka apel memang sedang naik daun. Ternyata, bahan alami yang satu ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada wajah. Caranya dengan mencampurkan cuka apel dengan air, dengan perbandingan 1:1. Kemudian cuci wajah dengan campuran ini, lalu keringkan dengan handuk bersih.

Atau kamu juga bisa mengambil kapas dan membasahinya dengan cuka apel. Kapas ini bisa kamu gunakan untuk membasuh kulit yang bermasalah, lalu biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan kedua cara ini setiap satu hari sekali.

Baca juga: Begini Cara yang Tepat untuk Merawat Luka pada Kulit Bayi

  • Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun dan madu juga sering sekali digunakan untuk mengobati bekas. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan minyak zaitun dan madu yaitu dengan mengoleskan madu atau minyak zaitun pada area luka, lalu diamkan selama 20 menit. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa melakukan pemijatan pada area wajah agar minyak zaitun dan madu bisa cepat meresap ke dalam kulit.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu memperkuat struktur dalam jaringan parut. Jika lidah buaya digunakan pada luka untuk penyembuhan, gel dalam lidah buaya akan membantu meningkatkan proses penyembuhan dan mencegah timbulnya bekas luka. Kandungan glikoprotein dalam lidah buaya juga dapat membantu menghentikan peradangan, serta membantu perbaikan dan pertumbuhan kulit.

Kamu bisa menggunakannya dengan memotong lidah buaya dan mengambil gelnya. Kemudian, blender sampai teksturnya menjadi halus. Setelah itu, cuci muka dan keringkan dengan handuk. Lalu, oleskan gel ini ke bekas luka dan biarkan meresap ke dalam kulit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan olesan lidah buaya ini selama 2-3 kali sehari.

Baca juga: Begini Perawatan yang Tepat ketika Alami Luka Bakar

Jika cara alami yang kamu tempuh tidak membuahkan hasil dan ingin menempuh prosedur medis, Halodoc bisa jadi solusinya! Melalui Chat atau Voice/Video Call kamu bisa menyampaikan pertanyaan kamu kepada dokter ahli. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!