• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Mampu Kelola Stres Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Tak Mampu Kelola Stres Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental pun nyatanya menjadi hal yang sama pentingnya agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya kondisi stres. Stres merupakan salah satu reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang mendapatkan ancaman, tekanan, hingga suatu perubahan.

Baca juga: Waspada, Depresi Bisa Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Kondisi stres yang tidak dikelola dengan baik nyatanya dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh, seperti kondisi depresi, kesulitan berkonsentrasi, bahkan kamu dapat mengalami kondisi gangguan penyalahgunaan zat atau yang dikenal juga dengan substance abuse disorder. Yuk, simak ulasan mengenai kondisi gangguan penyalahgunaan zat agar kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan baik.

Apa Itu Gangguan Penyalahgunaan Zat?

Situasi yang dihadapi oleh seseorang nyatanya dapat membuat tubuh melakukan respon terhadap kondisi yang terjadi. Berbagai jenis respon tubuh dapat muncul, salah satunya adalah kondisi stres. Sebaiknya kenali tanda-tanda stres agar kamu dapat mengelola kondisi stres dengan baik dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mental lainnya, seperti gangguan penyalahgunaan zat.

Gangguan penyalahgunaan zat dapat diartikan sebagai penggunaan obat maupun zat-zat lainnya yang tidak legal, tidak sesuai anjuran dengan dokter, bahkan obat atau zat yang didapat dibeli secara ilegal atau dijual bebas di pasaran. Dengan begitu, penggunaan zat-zat tersebut tidak sesuai dosis sehingga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Kondisi ini nyatanya berbeda dengan ketergantungan obat. Seseorang yang melakukan penyalahgunaan zat nyatanya dapat dihentikan, sedangkan seseorang yang mengalami ketergantungan obat memiliki kesulitan untuk berhenti dari penggunaan satu jenis obat.

Seseorang dikatakan mengalami kondisi gangguan penyalahgunaan zat ketika, ikut mengonsumsi atau menggunakan obat yang diresepkan untuk orang lain, mengonsumsi obat melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter, hingga mengonsumsi obat untuk alasan nonmedis.

Baca juga: Bagaimana Prosedur Cek Ketergantungan Obat Dilakukan?

Stres Picu Gangguan Penyalahgunaan Zat

Penyebab gangguan penyalahgunaan zat nyatanya belum diketahui hingga saat ini. Namun, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu kondisi ini, seperti faktor genetik hingga adanya gangguan kesehatan mental. Kondisi stres yang tidak dikelola dengan baik nyatanya rentan tingkatkan kondisi gangguan kesehatan mental yang lebih buruk, seperti depresi.

Melansir dari Help Guide, ada beberapa gangguan kesehatan mental yang sangat rentan dengan kondisi gangguan penyalahgunaan zat, seperti depresi, gangguan kecemasan, maupun gangguan bipolar. Untuk itulah sangat penting mengelola stres dengan baik, agar kamu terhindar dari gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Kenali tanda stres dan gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung dengan psikolog mengenai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola kondisi stres yang kamu alami dengan baik.

Inilah Gejala Gangguan Penyalahgunaan Zat

Sebaiknya hindari penyalahgunaan zat pada obat yang kamu gunakan. Gangguan penyalahgunaan zat yang tidak diatasi dengan cepat nyatanya dapat menyebabkan kamu mengalami gangguan ketergantungan obat yang dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan lebih besar.

Kenali beberapa gejala pada kondisi penyalahgunaan zat yang dilansir dari WebMD:

  1. Kehilangan minat terhadap sesuatu yang disukai.
  2. Mengalami perubahan pada lingkungan sosial dan pertemanan.
  3. Berhenti untuk menyayangi diri sendiri.
  4. Lebih sering menghabiskan waktu sendiri.
  5. Perubahan pola makan menjadi lebih banyak atau sedikit.
  6. Mengalami gangguan tidur.
  7. Perubahan suasana hati yang begitu cepat.

Baca juga: 3 Faktor yang Tingkatkan Risiko Alami Kecanduan Obat

Itulah beberapa gejala yang perlu kamu perhatikan terkait dengan gangguan penyalahgunaan zat. Kondisi ini merupakan salah satu gangguan yang cukup sulit untuk diatasi. Untuk itu, peran keluarga dan kerabat dekat sangat diperlukan untuk memastikan pengidap gangguan ini tidak kembali melakukan penyalahgunaan zat.

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2020. Substance Abuse and Mental Health Issues.
Web MD. Diakses pada 2020. Substance Abuse: Know the Signs.