Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Atasi Perut Kembung saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Atasi Perut Kembung saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Sering mengalami perut kembung dan begah saat puasa? Hal ini tentu sangat mengganggu, ya. Perut kembung saat puasa biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat. Gejala yang dialami adalah sendawa, buang air terus-menerus, dan rasa bergejolak perut.

Ketika sedang puasa, tubuh akan mengalami berbagai perubahan kondisi yang dikarenakan berubahnya pola makan dan pola tidur. Salah satu kondisi yang sering terjadi saat puasa adalah perut kembung. Perut kembung adalah sebuah kondisi yang membuat perut seakan penuh dan sesak, sehingga membuat rasa tak nyaman.

Baca juga: 5 Makanan Penyebab Perut Kembung

Perut kembung saat berpuasa tidak boleh disepelekan, sebab kondisi tersebut bisa menjadi sebuah pertanda bahwa tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat. Oleh karena itu, jika merasa kembung pada perut, lakukan beberapa tips berikut untuk mengatasinya:

1. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Gas

Cara mengatasi perut kembung saat puasa yang pertama adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gas tinggi saat sahur dan berbuka, seperti kacangan-kacangan, kubis, cumi, soda, dan kopi. Makanan dan minuman tersebut akan membuat gas berlebih pada perut di siang hari.

2. Kelola Stres

Selain makanan dan minuman, perut kembung saat puasa juga bisa disebabkan oleh stres. Hal ini terjadi karena ketika sedang stres, proses pernapasan menjadi kacau, sehingga terjadi penumpukan gas dalam perut. Nah, jika kamu sering mengalami perut kembung saat puasa, cobalah untuk mengelola stres dan emosi dengan baik, karena saat puasa emosi cenderung menjadi kurang stabil.

3. Batasi Makanan Cepat Saji

Utamakanlah mengonsumsi makanan segar saat sahur dan berbuka puasa. Meski mudah dan cepat untuk dimasak, makanan cepat saji seperti sosis memiliki kandungan garam yang lebih tinggi. Sodium yang terdapat pada garam bisa mengikat garam yang ada di perut dan memicu terjadinya perut kembung.

Baca juga: Inilah Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Perut Kembung

4. Hindari Susu dan Produk Olahannya

Cara mengatasi perut kembung saat puasa lainnya adalah dengan tidak mengonsumsi susu dan produk olahannya, terutama jika memiliki intoleransi laktosa.

5. Kurangi Makanan atau Minuman Manis

Makanan dan minuman manis, baik yang menggunakan pemanis buatan seperti fruktosa, sorbitol, ataupun pemanis alami, adalah bahan yang sulit dicerna oleh tubuh. Jika kamu kerap mengalami perut kembung saat puasa dan gemar mengonsumsi makanan manis saat berbuka, sebaiknya mulai kurangi, ya.

6. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Perut kembung saat puasa juga bisa terjadi karena terbatasnya asupan air yang masuk ke tubuh. Oleh karena itu, pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi, dengan membiasakan diri minum dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari, dan dua gelas air putih saat sahur. Selain mengatasi perut kembung, minum air putih yang cukup juga akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

7. Biasakan Makan Perlahan

Sering disepelekan, tetapi makan secara perlahan merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi perut kembung, lho. Sebab, jika kamu makan dengan tergesa-gesa, makanan yang masuk tidak akan halus, sehingga kerja lambung menjadi semakin berat. Akibatnya, produksi gas pun akan meningkat, dan terjadilah perut kembung.

Baca juga: Ketahui 7 Makanan yang Ampuh Usir Perut Kembung

Itulah sedikit penjelasan tentang cara mengatasi perut kembung saat puasa. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!