• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Juli 2022

“Kondisi hidung tersumbat pada anak membuat mereka jadi lebih rewel dan tidak nyaman. Oleh karena itu, segera lakukan perawatan sederhana dan pengobatan tepat untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak.”

Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada AnakTak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Halodoc, Jakarta – Tentunya orang tua akan merasa khawatir ketika anak mengalami gangguan kesehatan, seperti flu. Penyakit flu atau influenza adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus dan rentan dialami oleh anak-anak yang berada di kelompok usia 2 hingga 5 tahun. 

Selain dapat memicu komplikasi, penyakit ini juga menyebabkan anak mengalami gejala yang tidak nyaman, misalnya hidung tersumbat. Untuk itu, ibu perlu melakukan pemeriksaan agar anak mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mengatasi hidung tersumbat. Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Anak-anak rentan mengalami infeksi virus influenza akibat imun tubuhnya yang belum optimal. Penularan juga bisa terjadi ketika anak tidak sengaja menghirup percikan udara yang terkontaminasi dengan virus atau menyentuh barang-barang yang telah terpapar virus.

Ada beberapa gejala yang dialami anak saat mengalami penyakit flu, seperti demam, batuk, sakit kepala, hingga hidung tersumbat. Sebaiknya ibu jangan menganggap sepele gejala flu yang dialami oleh anak, khususnya hidung tersumbat.

Selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, hidung tersumbat dapat menyebabkan anak mengalami gangguan pernapasan akibat saluran napas yang menyempit. Kondisi ini bisa memicu gangguan tidur pada anak, baik malam hari maupun siang hari. 

Ada beberapa perawatan yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat di rumah, seperti:

  • Memenuhi kebutuhan cairan anak.
  • Memastikan anak istirahat dengan cukup.
  • Berikan anak makanan yang bernutrisi.
  • Menggunakan pelembap udara di dalam ruangan.
  • Memandikan anak dengan air hangat.
  • Menghindarkan anak dari polusi udara, paparan asap rokok, hingga debu.

Baca juga: 5 Tips Tepat Memilih Obat Flu dan Batuk untuk Anak 

Namun, jika cara tersebut tidak membuat kondisi anak membaik, segera lakukan pengobatan secara medis agar anak bisa mendapatkan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter, salah satunya dengan pemberian pseudoephedrine oral.

Pseudoephedrine adalah kandungan yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat pada anak. Selain itu, kandungan ini juga bisa meredakan tekanan nyeri sinus yang disebabkan oleh infeksi flu atau penyakit pernapasan lainnya. 

Untuk itu, pastikan ibu memberikan obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan anak dalam mengatasi hidung tersumbat, salah satunya Disudrin-Ped Care & Comfort.

Obat sirup anak ini memiliki rasa jeruk yang akan disukai oleh anak-anak sehingga memudahkan ibu saat memberikan obat pada anak. Disudrin-ped Care & Comfort mengandung zat aktif Pseudoephedrine HCl yang bisa membantu meringankan gejala flu dan hidung tersumbat pada anak. 

Pseudoephedrine bekerja dengan cara meredakan pembengkakan yang terjadi dalam hidung, sehingga saluran napas terbuka dan napas menjadi lebih lega. Ibu bisa memberikan Disudrin-ped Care & Comfort setelah anak makan dengan dosis yang sesuai dalam petunjuk kemasan.

Untuk anak usia 2 hingga 5 tahun, berikan 0,8 mililiter sebanyak tiga kali sehari. Sedangkan anak-anak dibawah usia dua tahun, mereka harus mengonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dan saran dokter anak.

Disudrin-ped Care & Comfort juga merupakan obat yang telah mendapatkan sertifikasi halal dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, obat sirup anak ini bisa digunakan oleh siapa saja dan mudah didapatkan pada apotek terdekat.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pemberian Vaksin Influenza pada Anak

Tunggu apa lagi? Segera cek kebutuhan medis yang diperlukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Kebutuhan medis yang dibutuhkan akan langsung diantarkan dari apotek terdekat ke lokasi kamu. Praktiskan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!