• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Mengobati Amandel
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Mengobati Amandel

Tak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Mengobati Amandel

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Juli 2022

“Ada banyak cara untuk mengobati gangguan pada amandel. Salah satunya dengan metode alami dan sederhana seperti berkumur air garam dan mengonsumsi teh hangat dicampur madu.”

Tak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Mengobati AmandelTak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Mengobati Amandel

Halodoc, Jakarta – Amandel adalah kelenjar kecil pada tenggorokan yang berguna untuk mencegah infeksi yang menyerang tubuh. Namun, bagian tubuh ini dapat mengalami gangguan sehingga tidak menjalankan fungsinya secara maksimal. Salah satunya adalah peradangan.

Mengutip jurnal dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, tonsilitis atau radang amandel adalah gangguan peradangan pada tonsil yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus atau infeksi virus. Gangguan ini perlu mendapatkan penanganan tepat agar tidak menimbulkan komplikasi.

Cara Mengobati Amandel dengan Metode Alami

1. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam dapat membantu membuat tonsilitis lebih baik. Metode ini mampu meredakan sakit tenggorokan dan rasa nyeri akibat peradangan pada amandel. Bahkan, air garam dapat membantu dalam mengobati infeksi.

Cara membuatnya, campurkan garam sebanyak satu sendok teh pada segelas air hangat. Aduk garam hingga larut dengan air. Gunakan air tersebut untuk berkumur selama beberapa detik, lalu muntahkan. Bilas mulut dengan air biasa setelahnya.

2. Minum Teh Hangat dengan Madu

Campuran teh hangat dan madu dapat membantu dalam mengurangi perasaan tidak nyaman saat mengalami radang amandel. Madu mengandung sifat antibakteri yang ampuh dalam mengatasi infeksi penyebab tonsilitis.

Pastikan untuk mengaduk madu hingga larut dan konsumsi teh selagi masih panas. Agar manfaatnya lebih terasa, coba untuk menggunakan teh jahe yang mengandung anti-inflamasi yang kuat.

3. Konsumsi Makanan Dingin

Mengonsumsi makanan dingin dan lembut mampu membuat tenggorokan mati rasa, sehingga rasa nyeri bisa menghilang sementara. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Mengisap es loli.
  • Meminum air es dingin.
  • Mengonsumsi permen yang memiliki kandungan mentol.

Semua cara tersebut dapat memberikan sensasi dingin dan mati rasa pada tenggorokan. Sehingga, peradangan yang dirasakan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

4. Permen Pelega Tenggorokan

Peradangan pada amandel juga bisa terasa lebih baik dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan. Tablet hisap ini mengandung bahan-bahan dengan sifat anti-inflamasi alami yang mampu meredakan rasa sakit.

Kandungan licorice sebagai bahan dasar dapat memberikan manfaat anti-inflamasi sehingga ketidaknyamanan dan pembengkakan pada amandel terasa lebih baik. Ada baiknya tidak memberikan permen ini pada anak kecil, sebab berisiko menyebabkan tersedak.

Jika mengalami peradangan pada amandel, coba lakukan salah satu atau bahkan lebih dari cara yang disebutkan. Diharapkan, masalah yang terjadi dapat teratasi dengan baik tanpa perlu mengonsumsi obat.

Apabila memiliki pertanyaan lainnya terkait cara mengobati radang amandel, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja, dengan penggunaan smartphone!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to treat tonsillitis symptoms at home.
Healthline. Diakses pada 2022. Home Remedies for Tonsillitis.
Universitas Muhammadiyah Surakarta. ISSN: 2721-2882. Diakses pada 2022. Tonsilitis. Hal 11.